SBMPTNUncategorized

Fakta Menarik 10 Jurusan Kuliah

Hai Sahabat Edura! Apa kabar nih hari ini? Semoga baik ya. Kali ini admin akan Menjelaskan Jurusan Kuliah untuk kamu yang sedang akan menempuh SBMPTN nih. Khususnya untuk kamu yang Ingin masuk PTN. Pada postingan kali ini akan ada beberapa penjelasan yang dapat kamu baca dan share ke teman-teman. Penjelasan Jurusan ini kami dapatkan dari berbagai sumber.

Fakta 10 Jurusan Kuliah

Dikarenakan permintaan yang banyak dari Sahabat Edura. Jadi admin membuat artikel ini dengan Informasi umum, Mata kuliah, Prospek Kerja dan juga Akreditasi. Udah ga sabar kan. Yo Check This Out! 🙂

Psikologi

fakta menarik jurusan

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan pengalaman manusia sebagai individu maupun kelompok. Serta proses mental maupun fisiologis yang menyertainya. Berbagai bidang minatpsikologi,yaitu: Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pendidikan.

Contoh Mata kuliah yang dipelajari; Pendidikan Pancasila,Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Antropologi budaya, Sosiologi, Filsafat Umum, Psikologi umum, Psikologi Perkembangan dll. Dengan prospek kerja; Staf/Manager HRD, Konsultan dll

Psikologi ini tersedia dengan akreditasi “A” di PTN: UNAIR, Uneversitas Surabaya, UIN JKT, UGM, UI, UNPAD(IPA), UNJ

Astronomi

fakta menarik jurusan

Astronomi merupakan ilmu yang mempelajai tentang benda-benda langit. Program Studi Agronomi menerapkan pengetahuan Fisika pada objek di langit dan juga mempelajari struktur, sifat fisik serta evolosi alam semesta beserta isinya dan kosmologi guna menumbuhkan kesadaran luasnya jagat raya. Astronomi sendiri dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu Tata surya, Fisika Bintang serta Galaksi dan kosmologi.

Contoh Mata kuliah yang dipelajari: Matematika, Fisika dasar, kimia dasar, Astrofisika, astronomi komputasi, listrik magnet, fisika galaksi,fisika astronomi, tata surya, fisika termal dll. Dengan prospek kerja: Dosen,Peneliti, Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah (LAPAN), pengisi kolom media.

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di ITB

Ilmu komunikasi

fakta menarik jurusan

Prodi ini akan mempelajari tentang Jurnalisme, Komunikasi Media, hubungan masyarakat, berbicara didepan umum, cara berkumnikasi dengan baik dalam menyampaikan informasidan periklanan.

Contoh mata kuliah yang dipelajari: Psikologi Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Visual & Fotografi, Teori Komunikasi, Komunikasi Perubahan Sosial, Komunikasi Massa & Media dll. Dengan prospek kerja: Public Relation perusahaan staf PSDM, Staf HRD, staf Humas, Biro iklan, Staf Publikasi.

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di UI, UNPAD, USU, UNAIR, UGM, UNILA, UNS, UNDIP

Statistika

fakta menarik jurusan

Statistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempersentasikan data berupa angka atau singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data.

Contoh mata kuliah yang dipelajari : Kalkulus 1, Metode Statistika 1, Aljabar Linear, Algoritma dan Pemograman, Analisis dan perancangan survey, Metode Numeric, Riset operasi, Metode simulasi dll. Dengan prospek kerja, yaitu Peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Lembaga Pemerintahan.

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di ITS, UNPAD, IPB, UGM, UB

Teknik Industri

fakta menarik jurusan

Teknik Industri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusi, mesin, metode, material, lingkungan, dan analisis keuangan serta kajian majerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri.

Contoh mata kuliah yang dipelajari: Statistika Industri, Elektronika Industri, Perancangan & Pengendalian Produksi, Pengendalian & Penjaminan Mutu, Rekayasa Sistem Kerja, Organisasi & Manajemen Perusahaan indstrui, Psikologi Industri. Dengan prospek kerja, yaitu Industri Manufaktur ( Supervisior produksi, Quality Sistem Managemen, Inventory Management), Industri Jasa (Personal management, Project magement)

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di USU, ITS, ITB, UB, UNS, UNAND, UI, UGM, UNDIP.

Teknik Pertambangan

fakta menarik jurusan

Dalam proses penambangan ada tiga hal utama yang dilakukan yatu: eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. Eksplorasi merupakan proses pencarian. Eksploitasi adalah proses penambagan. Sedangkan Pemrosesan adalah kegiatan memisahkan mineral berharga dari partikel-partikel lainnya.

Contoh mata kuliah yang dipelajari: Matematika, Fisika, Kimia, Geologi dasar, Petrologi, mineralogi & bahan galian, geostatistik, mekanika teknik, mekanika fluida, mekanika tanah, termodinamika dll. Dengan prospek kerja, yaitu Industri Pertambangan (Batubara, Tembaga/Emas, Nikel, Timah, Pasir Besi, Mineral Industri) dll

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di ITB, UPN Veteran Yogyakarta

Ekonomi Islam

fakta menarik jurusan

Program Ilmu Ekonomi Islam bertujuan mengembangkan ilmu ekonomi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup manusia secara komprehensif, baik material maupun moral dan spiritual serta menjaga keberlangsungannya dengan pendekatan analisis komparatif antara pendekatan konvensional dengan pendekatan islam.

Contoh mata kuliah yang dipelajari: Kompetensi Dasar Ekonomi Islam, Dasar Fiqih dalam Ekonomi dan Bisnis , Ekonomi Moneter Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, Keuangan Publik Islam dll. Dengan prospek kerja, yaitu Bekerja Di Bank Syariah, Staff akuntan/finance Perusahaan, PNS dll

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di UNAIR dan UB

Hubungan Internasional

fakta menarik jurusan

Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara, organisasi antarpemerintah (IGO), organisasi nonpemerintah internasional (INGO), organisasi non-pemerintah (NGO), dan perusahaan multinasional (MNC). HI merupakan sebuah bidang akademik dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif, karena keduanya berusaha menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.

Contoh mata kuliah yang dipelajari Hukum internasional dan organisai,, International business, Politic international, International political economy, National Security, International environmental issue,Transnational Studies. Lulusan jurusan hubungan internasional bisa berkarir di berbagai lembaga lokal maupun internasional. Karena kecakapannya, mereka berhak bekerja di kedutaan besar, CIA dan bahkan pemerintahan.

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di UNPAD, UNAIR, UGM, UI, UNHAS,UIN JKT

Ilmu Administrasi Bisnis

fakta menarik jurusan

Administrasi Bisnis adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, definisi administrasi bisnis adalah ilmu yang fokus pada perilaku manusia.Di dalam ilmu administrasi bisnis mempunyai objek, subjek, dan metode. Dalam hal ini, objeknya adalah manusia dan perilakuknya, subjek yang dipelajari adalah bentuk, bagian, dan mekanisme kerja sama, sedangkan metode adalah cara atau ide yang dikembangkan dalam upaya mencapai tujuan kerja sama yang dilakukan.

Contoh mata kuliah yang dipelajari Dasar-dasar Akuntansi, Dasar-dasar Pemasaran Bisnis, Organisasi & Manajemen Bisnis, Matematika Bisnis dll. Dengan prospek kerja, yaitu Staf HRD, Konsultan Bisnis, Staf Pemasaran, Pebisnis, Staf Administrasi, Pegawai Bank

Prodi ini tersedia dengan Akreditasi “A” di UI, UNPAD,UB UNLA, UNDIP UPN VETERAN YOGYA, UPN VETERAN JAWA TIMUR

Aktuaria

fakta menarik jurusan

Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang kerap kali disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi, alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Mahasiswa Aktuaria akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Tujuan akhirnya adalah agar mereka bisa menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

Contoh mata kuliah yang dipelajari Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria, Matematika Asuransi Jiwa, Matematika Dana Pensiun, Matematika Keuangan, Operasional Asuransi Jiwa & Kesehatan, Praktik dan Simulasi Aktuaria, Probabilita Statistika, SDM Dalam Industri Asuransi. Dengan prospek kerja, yaitu Aktuaria,Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi, Agen Penjualan Asuransi, Pemeriksa Klaim, Asuransi Properti. Dan bisa juga sebagai Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan, Surveyor Risiko Asuransi

Untuk prodi ini belum ada Akreditasi dikarenakan prodi yang sangat baru Di UI,IPB,UNPAD dll

Penutup

Sebenarnya masih banyak Jurusan yang belum dibahas. Jadi admin akan memposting jurusan yang belum admin upload di next postingan, pantengin aja Web sama IG terus. Sekian Penjelasan mengenai Fakta Menarik Jurusan. Jangan lupa juga latihan soalnya ya disini Semoga bermanfaat bagi sahabat edu. Sahabat Edu juga dapat mengajukan pertanyaan ataupun request penjelasan setiap Jurusan  kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan.

Sekian dari admin, Terimakasih sudah membacanya. Jangan lupa bahagia 🙂

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close