Uncategorized

12 Tips Lolos SBMPTN di PTN Favorit!

Setiap tahun banyak siswa dan siswi berjuang untuk bisa mengecap pendidikan di Universitas favorite mereka. Pemerintah menyediakan beberapa jalur untuk mempermudah para pelajar mengejar impiannya. Walau tak mudah untuk mendapatkan kuota masuk PTN, namun bukan berarti hal ini menjadi mustahil diwujudkan. Dengan mengikuti tips lolos SBMPTN dan belajar lebih giat serta efektif. Berkuliah di kampus favorite tak lagi hanya angan belaka.

Jadi, kalau Anda mau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka Anda harus menyiapkan diri bersaing dengan peserta lainnya yang jumlahnya tak sedikit. SBMPTN merupakan tahapan seleksi yang dilakukan bersama dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi yang mereka pilih menggunakan sisten ujian tertulis sekala nasional. Pola seleksi ini memberi banyak  keuntungan, baik untuk PTN maupun para calom mahasiswa itu sendiri.

Tips Lolos SBMPTN Agar Masuk PTN Favorite

Tingginya minat peserta SBMPTN yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan. Seperti pemerintah, PTN seluruh negeri, dan terutama lembaga-lembaga bimbingan belajar di seluruh penjuru Indonesia. Kesemua lapisan itu berupaya memberikan kemudahan bagi para pelajar memperoleh pendidikan lanjutan ke jenjang lebih tinggi. Karena itu, artikel ini akan membahas tips yang dapat meloloskan Anda ke PTN favorite yang diinginkan.

1. Mengurutkan Program Studi dari Peminat maupun Peringkat

Untuk memilih prodi, Anda semestinya mempunyai rencana yang cermat. Jangan karena salah memilih prodi yang diinginkan justru membuat Anda mengalami kegagalan. Pertama-tama, carilah peminat dari prodi yang Anda pilih. Kemudian urutkan peminat dari prodi yang dipilih, dari peminat paling besar sampai yang terkecil. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah persentase kelulusan dan peringkat dari Universitas tersebut.

2. Ketiga Prodi yang Dipilih Merupakan Jurusan yang Sama

Usahakan ketiga pilihan prodi yang diminati tersebut ada dalam jurusan yang sama. Meskipun jurusannya dari PTN yang berbeda. Dengan begitu, Peluang Anda lolos SBMPTN akan terbuka lebar. Sebab, tips lolos SBMPTN ini perhitungannya sangat masuk akal. Namun demikian, tentunya harus ada keseriusan ketika memilih jurusan ini.

3. Sesuaikan Prodi yang Dipilih dengan Minat Serta Bakat Anda

Ketika Anda memilih program studi di PTN, baiknya jurusan tersebut disesuaikan dengan minat pada jurasan itu dan tentunya bakat Anda dari prodi yang dipilih. Jangan mudah tergiur hanya persoalan gaji besar ataupun prospek kerja saat lulus nanti. Tak perlu takut apalagi menyerah karena dirundungi kesulitan pada jurusan tersebut. Hal ini dapat diatasi kalau saja Anda mau berusaha, dan tidak mudah menyerah.

4. Manfaatkan Keuntungan dari Sistem Penilaian yang Baru

Penilaian SBMPTN baru tahun 2019 memberi angin segar untuk para peserta. Sebab bila Anda salah menjawab soal, tak perlu lagi mengkhawatirkan nilai minus. Alur seperti itu tentu menguntungkan para peserta. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengerjakan banyak ujian. Tetapi, hal ini terjadi karena penilaian ini diukur dari tingkat kesulitan soal yang ada. Karenanya, jika Anda ingin memperoleh poin tinggi maka Anda harus bisa mengerjakan soal tersebut.

5. Melatih Kemampuan dengan Mengikuti Try Out SBMPTN

Tips lolos SBMPTN berikutnya yakni, dengan mengikuti try out SBMPTN yang banyak disediakan oleh media baik untuk para pelajar maupun bagi alumni. Hal ini diberlakukan supaya semua peserta SBMPTN dapat mengasah kemampuan dalam mengerjakan soal, dan untuk memastikan seberapa besar kelolosan Anda dengan mengerjakan try out.

6. Menyiapkan Diri dengan Menjaga Kesehatan

Mengerjakan tugas sekolah yang melibatkan laptop pengerjaannya, atau Anda tengah mengikuti ujian UTBK pastinya membuat Anda lelah berjam-jam berada di depan laptop dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, fisik dan kesehatan Anda harus dalam keadaan prima, agar bisa mengerjakan soal dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Jadi, Cobalah tidur tepat waktu dan tidak terlalu memaksakan diri ketika belajar.

Jika Anda akan melaksanakan ujian, menjaga kesehatan menjadi hal utama dilakukan. Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi vitamin maupun suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Oleh sebab itu, kurangi aktivitas yang membuat Anda menguras banyak tenaga serta mengganggu kesehatan, terlebih pada kesehatan mata Anda.

7. Belajar dengan Sepenuh Hati

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan dari tips lolos SBMPTN ialah dengan meniatkan diri untuk belajar sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Mengawali sesuatu hal dengan niat baik akan memudahkan Anda mengerjakan berbagai pekerjaan dan hasilnya baik pula. Jadi, kalau Anda berniat masuk PTN favorit maka Anda akan belajar dengan serius dan sepenuh hati. Apalagi jika Anda kuliah dengan jurusan yang impian pasti ada banyak pesaingnya.

9. Berlatih dengan Soal Soal

Memplajari dengan mencoba mengerjakan soal dari ujian SBMPTN sebelumnya.. Pola soal ujian SBMPTN tidak mengalami perubahan signifikan dari tahun ke tahunnya. Jika Anda telah akrab dengan soal-soal itu, maka ketika Anda mengerjakan soal tersebut tidak mengalami kesulitan. Pelajari dengan seksama baik itu soal paling mudah sampai yang tersulit sekalipun. Pastikan semua tipe soal telah Anda kuasai, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan baik dan benar.

10. Membentuk Kelompok Belajar

Bila Anda merasa kesulitan saat Anda belajar sendiri, buatlah komunitas kecil bersama teman sekolah terutama yang memiliki minat jurusan yang sama agar cepat membaur saat diskusi. Akan lebih baik lagi jika ada teman yang pintar. Di akhir pekan belajar di rumah secara bergilir, atau di tempat lainnya yang suasananya nyaman.

11. Belajar Menggunakan Video di Internet

Persiapkan diri Anda untuk menjalankan tips lolos SBMPTN dengan lancar. menghadapi tes UTBK SBMPTN tidaklah mudah. Anda perlu belajar bersama di komunitas-komunitas belajar online tepercaya via media internet. Dengan begitu, akan mudah diajarkan materi-materi yang terkait dan mungkin akan keluar dalam soal UTBK SBMPTN. Lagi pula, penjelasan materinya mudah dipahami sebab dijelaskan oleh tutor yang ahli dibidangnya. Sehingga penangkapan pembelajaran Anda jadi lebih cepat dan maksimal.

12. Jangan Terburu Buru Ketika Mengerjakan Soal

Walaupun ada batas waktu pada saat pengerjaan soal, bukan berarti Anda harus cepat-cepat menyelesaikannya. Sebelumnya, pastikan semua jawaban sudah tepat dan tak banyak kesalahannya. Sebab, tipe-tipe soal tersebut memerlukan ketelitian dalam menjawab semua tipe soal. Untuk itu, biasakan diri Anda untuk mengatur waktu saat menjawab soal tersebut, walau dalam tempo lambat namun bisa mengerjakan semua soal selesai tepat waktu..

Selain itu, perllu Anda ketahui nila UTBK adalah salah satu syarat untuk bisa melenggang ke ujian SBMPTN. Jadi, berikan jawaban yang tepat saat mengerjakan soal di layar komputer, minimalisir kesalahan dengan tidak terburu-buru atau panik saat mengerjakan soal.

Sebetulnya tips lolos SBMPTN ini sangat sederhana dilakukan, karena tak afa rumus rumit untuk mengerjakannya, namun sangat efektif dan hasilnya pun memuaskan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close