STAN

Udah Tau Perkuliahan di PKN STAN Ngapain Aja? (Part 1)

Hai sahabat Edura! Kali ini admin akan membagikan beberapa info menarik lagi tentang kehidupan perkuliahan di PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Udah Tau Perkuliahan di PKN STAN Ngapain Aja? (Part 1)

Pada tahun ini, jumlah program studi yang dibuka di PKN STAN berjumlah 9 buah program studi. Lalu udah kebayang belum sih apa aja yang akan kalian lakukan kalau kalian diterima di salah satu program studi itu nanti? atau kamu masih bingung mau masuk jurusan apa di STAN?Biar lebih kebayang, baca yuk info yang udah admin siapin buat sahabat Edura 🙂

Kebendaharaan Negara (D1 & D3)

pkn stan

Di program studi ini, kalian akan belajar untuk menjadi orang yang akan mengurusi seluk beluk keuangan negara nantinya, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, serta sampai pada pelaporan penggunaan uang negara tersebut.

Contohnya kalian akan belajar tentang sistem perencanaan anggaran, penyusunan APBN, mekanisme lembaga-lembaga negara mengajukan anggarannya, dan mekanisme anggaran-anggaran tersebut menjadi sebuah APBN dalam hal perencanaan keuangan negara.

Lalu kalian akan belajar tentang Pelaksanaan APBN, Pengelolaan Kas, Pengelolaan Investasi, Pengelolaan Utang, dan lain-lain dalam hal pelaksanaan keuangan negara.

Dan kalian akan belajar tentang akuntansi umum dan akuntansi pemerintah yang sesuai dengan tugas dan fungsi Direktorat Jendral Anggaran, Direktorat Jendral Perbendaharaan, dan Direktorat Jendral Pengelolaan Utang dalam hal pelaporan keuangan negara.

Pajak (D1 & D3)

pkn stan

Di program studi ini kalian akan belajar untuk menjadi orang yang akan mengurusi masalah pajak nantinya. Pajak dalam artian iuran yang diberikan masyarakat kepada kas negara berdasarkan undang-undang, tapi masyarakat ga akan mendapat balas jasanya secara langsung.

Bedanya dengan program studi perpajakan di universitas lain, disini kalian akan belajar tentang Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Akuntansi Dasar sampai Menengah, dan mata kuliah-mata kuliah lain dalam hal administrasi/tata usahanya dari sisi Ditjen Pajak serta hubungannya dalam keuangan negara.

Kepabeanan dan Cukai (D1 & D3)

pkn stan

Kepabeanan adalah hal-hal yang berkaitan dengan ongkos barang yang keluar atau masuk suatu negara, sedangkan cukai adalah pengutan secara tidak langsung yang dilakukan oleh negara kepada konsumen yang menggunakan objek cukai.

Dengan kamu masuk program studi ini, maka secara langsung kamu adalah calon pegawai di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Oleh karena lokasi kerja yang mungkin saja kamu dapatkan berada di pelabuhan atau daerah perbatasan Indonesia, maka sistem perkuliahan yang diterapkan disini adalah semi-militer, menimbang kamu akan menghadapi penyelundup secara langsung. Keren kan?

Ada 3 program studi lagi yang akan admin bahas, kalau ingin tau baca part 2 nya ya.

Info Lengkap

Official Website: http://www.pknstan.ac.id/
Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Penutup

Sekian Info kali ini mengenai apa saja yang akan kalian lakukan di PKN STAN (Part 1). Kalian juga dapat mengajukan pertanyaan kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan.

Tags

Related Articles

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Udah Tau Perkuliahan di PKN STAN Ngapain Aja? (Part 2) - Edura Indonesia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] datang kembali admin ucapkan buat kalian yang barusan udah baca part 1 dari topik ini. Sekarang, admin akan menjelaskan 3 program studi lagi yang ada di PKN STAN. Biar ga […]

Close