STAN

5 Peluang Kerja Lulusan PKN STAN

Halo Sahabat Edura! Kali ini, admin akan membagikan info mengenai 5 peluang kerja bagi sahabat edura yang lulus dari PKN STAN. Dari berbagai peluang kerja STAN, sudah admin rangkum menjadi 5 saja. Sudah siap untuk pembahasan mengenai info menarik ini? Yu langsung kita bahas saja

5 Peluang Kerja Lulusan PKN STAN

Sahabat edura mungkin sudah mengetahui bahwa lulusan dari PKN STAN akan diangkat menjadi calon PNS dan bekerja di instansi-instansi pemerintahan. Bagi sahabat edura yang belum mengetahui kabar ini, bisa sahabat edura baca info yang pernah admin bagikan mengenai kelebihan kuliah di PKN STAN di link ini.

Sebelum menjadi PNS, sahabat edura harus mengikuti tes ujian masuknya terlebih dahulu yang bernama TKD (Tes Kemampuan Dasar). Tes calon PNS dari lulusan PKN STAN dengan non-STAN berlangsung di ruangan yang terpisah. Namun itu berlangsung hanya sampai lulusan PKN STAN 2016, saat ini, TKD dijadikan sebagai Ujian Seleksi Masuk STAN (USM STAN). Dengan adanya kebijakan ini, maka sahabat edura akan langsung menjadi calon PNS tanpa harus mengikuti tes TKD.

Sebagian besar lulusan PKN STAN akan ditempatkan sebagai pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Namun, ternyata tidak hanya di tempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, lulusan PKN STAN juga bisa ditempatkan di tempat lainnya, apa itu? Berikut akan admin bahas 5 tempat peluang pekerjaan bagi lulusan PKN STAN

1. Kementerian Koordinator bidang Perekonomian

lima peluang kerja stan

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atau biasa disingkat dengan Kemenko Perekonomian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Sebelumnya, Kemenko Perekonomian ini bernama Menteri Koordiantor Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Nantinya Kemenko Perekonomian akan dipimpin oleh seorang Menteri.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian. Lulusan PKN STAN yang nantinya bekerja di lingkungan Kemenko Perekonomian, salah satunya dapat mengisi bagian Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Sekretariat Kementerian Koordinator, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, dan masih banyak lagi.

2. Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman

lima peluang kerja stan

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman. Nantinya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dipimpin oleh seorang Menteri yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Kementarian Koordiantor bidang Kemaritiman memiliki tugas sebagai menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan sumber daya. Nantinya, lulusan PKN STAN dapat mengsisi bagian Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim, Sekretariat Kementarian Koordinator, dan masih banyak lagi.

3. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional

lima peluang kerja stan

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau biasa disingkat Kementerian PPN/Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugasnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional menggunakan unit organisasi dan sumber daya di lingkungan Badan Perencenaan Pembangunan Nasional.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Nantinya, lulusan PKN STAN dapat mengisisi posisi sebagai Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Deouti Bidang Ekonomi, dan lainnya.

4. Kementerian Pertahanan

lima peluang kerja stan

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan Kemhan RI adalah kementerian dalam Pemerinta Indonesia yang membidangi urusan pertahanan. Sebelumnya, Kemhan RI ini bernama Departemen Pertahanan Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan Dephan RI. Nantinya Kemhan RI akan dipimpin oleh Kementerian Pertahanan atau biasa disingkat dengan Menham. Kedudukan Kemhan RI adalah mutlak, yang artinya tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh Presiden.

Kementerian Pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Nantinya, lulusan PKN STAN dapat mengisisi posisi sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pusat Keuangan (Pusku), dan lainnya.

5. Badan Pemeriksa Keuangan

lima peluang kerja stan

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan BPK RI adalah  lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang bersifat bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh Presiden.

BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat,  Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara. Nantinya, lulusan PKN STAN dapat mengisi posisi sebagai Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Pusat, Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Daerah, Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan, dan masih banyak lagi.

Info Lengkap

Official Website: http://www.pknstan.ac.id/
Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Penutup

Sekian Informasi yang dapat admin sampaikan mengenai 5 peluang kerja bagi sahabat edura yang lulus dari PKN STAN. Kalian dapat mengajukan pertanyaan kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan. Salam Sukses!!!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close