STAN

Kelebihan Kuliah di PKN STAN

Halo sahabat edura! Kali ini admin akan membagikan info menarik lagi nih mengenai PKN STAN. Kali ini, admin akan membagikan info seputar kelebihan yang akan sahabat edura rasakan jika kuliah di PKN STAN. Dari pada penasaran, yuk langsung kita bahas saja!!!

Kelebihan Kuliah di PKN STAN

Sahabat edura pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata PKN STAN kan? Yups, PKN STAN adalah pendidikan tinggi kedinasaan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. PKN STAN sendiri telah didirikan sejak tahun 1974 yang dulunya masih bernama STAN. Lalu apa saja sih kelebihan kuliah di PKN STAN? Yuk langsung kita bahas saja

Akreditasi

kelebihan kuliah pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Universitas yang ada di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta tidak akan terlepas dengan yang namanya akreditasi. Akreditasi adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi (BAN-PT) terhadap suatu lembaga atau organisasi. Singkatnya, akreditasi adalah nilai kampus tersebut dalam beberapa kriteria. Begitu juga dengan PKN STAN, akreditasi ini penting untuk didapat dikarenakan sebagai bukti kualitas suatu kampus.

Hampir semua program studi yang ada di PKN STAN memiliki akreditasi B dengan matriks skor 301-360 di semua strata. Dengan tanggal kadaluarsa hingga tahun 2022, BAN-PT akan menilai kembali akreditas suatu program studi, nilai akreditasi dapat saja berubah naik, atau bahkan turun tergantung dari penilaian dari BAN-PT. Dengan adanya akreditasi ini akan memperlihatkan apakah sebuah kampus unggulan atau tidak.

Biaya Kuliah Gratis

kelebihan kuliah pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Berbeda dengan kebanyakan universitas di Indonesia, PKN STAN menggratiskan biaya operasional pendidikannya. Dengan menggratiskannya biaya operasional pendidikan tentu akan meringankan beban hidup kita ya sahabat edura! Namun harus sahabat edura ingat dan garis bawahi bahwa yang gratis adalah biaya operasional pendidikannya, yang artinya masih ada biaya lainnya yang masti dikeluarkan seperti biaya pendaftaran, biaya kelembagaan, biaya kos, biaya seragam dan alat tulis, dan biaya wisuda. Berikut akan admin bahas secara singkat untuk sahabat edura

  • Biaya pendaftaran, adalah biaya yang wajib sahabat edura keluarkan untuk mendaftar ke PKN STAN. Sahabat edura harus dapat membayarkan uang sejumlah Rp.250.000 via transfer lewat ATM.
  • Biaya kelembagaan, atau biasa disebut biaya BEM adalah biaya wajib yang harus sahabat edura keluarkan apabila keterima menjadi mahasiswa PKN STAN. Pembayaran langsung dibayarkan ke pihak BEM sebesar Rp.650.000. Nantinya uang ini akan diperuntukkan untuk biaya non-akademis mahasiswa, seperti kegiatan seminar kemahasiswaan, menyokong anggaran UKM/Elkam, kegiatan sosial, dan salah satunya mencakup pembuatan jas almamater. Jadi buat sahabat edura jangan pernah lewatkan seminar dan mengikuti UKM/Elkam supaya biaya yang  telah dikeluarkan tidak mubazir.
  • Biaya seragam dan alat tulis, adalah biaya yang harus siap dikeluarkan selanjutnya. Mungkin sahabat edura sudah mengetahui bahwa perkuliahan di PKN STAN memerlukan seragam untuk digunakan sehari-hari. Selain biaya seragam, sahabat edura juga harus menyiapkan biaya alat tulis, seperti biaya untuk buku, kalkulator, pulpen, dsb.
  • Biaya uang kos dan uang makan, adalah biaya selanjutnya yang harus sahabat edura keluarkan, khususnya untuk orang rantau. Perlu sahabat edura ketahui, biaya kos disekitar kampus memerlukan biaya berkisar 10-12 juta pertahun untuk kamar yang memiliki AC di ruangannya. Untuk menghemat anggaran, sahabat edura dapat mencari rekan yang dapat diajak buat ngontrak rumah, nantinya biaya kontrak rumah dapat dilakukan dengan cara patungan, dan tentunya lebih banyak rekan yang diajak lebih baik.
  • Biaya wisuda, adalah biaya wajib yang harus dikeluarkan oleh sahabat edura yang telah dinyatakan lulus. Biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp. 850.000. Tentu biaya ini tidak seberapa dari pada berakhir dengan cara ‘DO’.

Biaya diatas memang terlihat cukup besar dikeluarkan. Oleh karena itu, untuk menutupi biaya yang dikeluarkan, sahabat edura dapat melakukan kuliah sambil usaha/kerja. Usaha yang dilakukan dapat bermacam-macam seperti, jualan, mengikuti perlombaan, atau bahkan ngajar dalam sebuah lembaga.

Peluang Pekerjaan

kelebihan kuliah pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Bagi mahasiswa PNK STAN yang telah diwisuda, akan mendapatkan pekerjaan yang sangat menjamin masa depan mahasiswanya. Tidak aneh banyak siswa siswi yang telah menyelesaikan SMA/MA/SMK berlomba-loba untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri ini. Pekerjaan yang dijamin setelah lulus dari PKN STAN adalah dapat menduduki lembaga negara seperti Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan RI, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), dan masih banyak lagi.

Namun harus sahabat edura ingat, bahwa sahabat edura tetap tidak bisa masuk ke lembaga negara yang disebutkan diatas jika sahabat edura tidak bersungguh-sungguh ketika kuliah nanti. Jadi bagi sahabat edura yang ingin kuliah di PKN STAN, banyaklah belajar, berlatih mengerjakan soal-soal, dan tentunya diiringan dengan doa dan restu kedua orang tua. Bagi sahabat edura yang telah berhasil kuliah di PKN STAN, teruslah untuk haus akan ilmu, banyaklah belajar untuk menggapai mimpi yang terbaik.

Info Lengkap

Official Website: http://www.pknstan.ac.id/
Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Penutup

Sekian Informasi yang dapat admin sampaikan mengenai kelebihan yang akan sahabt edura rasakan jika berkuliah di PKN STAN. Kalian dapat mengajukan pertanyaan kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan. Salam Sukses!!!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close