STAN

Kegiatan Pelepas Penat PKN STAN

Halo Sahabat Edura! Kali ini admin akan membagikan info menarik lagi nih mengenai PKN STAN. Bagi sahabat edura yang belum mengetahui apa itu PKN STAN dapat membaca info yang telah kami bagikan di link ini.  Kali ini, admin akan membahas mengenai beberapa kegiatan pelepas penat yang ada di PKN STAN.

Kegiatan Pelepas Penat PKN STAN

Sebagai mahasiswa atau mahasiswi sebuah Perguruan Tinggi, sahabat edura akan disibukkan dengan jadwal perkuliahan yang ada. Dengan rutinitas sama yang dilakukan setiap hari tentu akan menyebabkan kita menjadi cepat lelah, bosan, dan penat. Untuk mengatasi hal tersebut, sahabat edura mesti tahu nih beberapa kegiatan apa saja yang ada di PKN STAN yang dapat mengusir rasa penat dan bosan. Kalau begitu yuk langsung kita bahas saja

STAPALA

kegiatan pelepas penat

STAPALA adalah kelompok pecinta alam yang telah ditetapkan sebagai lembaga otonom oleh Senat dengan SK 067/SKP.01/III/85 pada tanggal 4 maret 1985 yang ditandatangani Ketua Senat saat itu Suyatno Harun (STAN 77). STAPALA sendiri didirikan pada tanggal 24 November 1979 dengan ditandai dengan Musyawarah anggota dan pelantikan Badan Pengurus Harian pertama di Gunung Pangrango. Para pendiri Stapala adalah Mahasiswa-mahasiswa STAN angkatan 1977, 1978, dan 1979.

Saat ini anggota STAPALA sudah berjumlah lebih 986 orang. Yang menarik dari organisasi ini adalah sifat keanggotaanya yang berlaku seumur hidup. Hal ini dilakukan untuk mempersatukan dan membangun tali persaudaraan antar mahasiswa dengan alumni. Selain itu, banyak manfaat lain yang didapat jika sahabat edura bergabung dengan STAPALA, yaitu menanamkan rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan tanah air. Menampung, menyalurkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa dan alumni di lingkungan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dalam hal kecintaan terhadap alam.

Kegiatan yang pernah dilakukan oleh STAPALA diantaranya adalah melakukan pendakian Gunung Pangrango, kegiatan perkemahan yang melibatkan seluruh aktivis kampus dalam rangka sosialisasi organisasi di Cinumpang, pendakian Gunung Gede, ekspedisi pendakian Gunung Blanc yang berada di Swiss, pendakian Gunung Kilimanjaro yang berada di New Zeland, pendakian Gunung Elbrus yang berada di Rusia, dan masih banyak kegiatan lainnya yang dapat sahabat edura ketahui dengan mengklik tautan ini.

STAN Music Comunity

kegiatan pelepas penat

STAN Music Comunity, atau biasa disingkat SMC adalah satu-satunya organisasi musik yang ada di PKN STAN. SMC secara resmi berdiri pada tanggal 21 April 2005 oleh komunitas pecinta musik yang ada di Perguruan Tinggi Negeri ini. Dipimpin oleh Sandy Zulfadli, SMC akhirnya berhasil menjadi salah satu Badan Otonom yang setingkat dengan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Lembaga Pers Mahasiswa di kampus STAN.

Dengan motto “Satukan Jiwa Dalam Nada dan Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?”, SMC terus berusaha menjaga dan mengembangkan keberadaan seni musik di STAN pada khususnya. Terbukti, SMC telah memiliki anggota tetap lebih dari 250 orang yang mengindikasikan bahwa organisasi ini cukup populer.  Selain itu, SMC telah cukup banyak mengukir prestasi di dalam dan diluar kampus.  Salah satunya adalah sering diundang untuk menampilkan performance nya di dalam kampus. Bagi sahabat edura yang memiliki kemampuan lebih dalam bermain musik, bisa mengembangkan dan memperluas kreatifitasnya dalam bermain musik dengan mengikuti organisasi ini.

Olahraga Seni Beladiri

kegiatan pelepas penat

Bagi sahabat edura mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga seni beladiri. Olahraga seni beladiri ini diperuntukkan untuk melatih fisik dan mental sahabat edura. Terdapat beberapa olahraga beladiri yang ada di PKN STAN, yaitu Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih,  Persaudaraan Setia Hati Terate, Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara, Taekwondo Indonesia, Kungfu Muslim Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Olahraga Beladiri Thifan Pokhan, dan Institut Karate-Do Indonesia.

Berbagai prestasi telah diraih oleh olahraga beladiri PKN STAN, antara lain yaitu Juara II Kategori Kerapian Teknik Beregu pada Kejuaraan Silat Perisai Diri Antar-Perguruan Tinggi (Piala Ibu Tien Soeharto) di Universitas Airlangga Surabaya tahun 1997, predikat Lulusan Terbaik dalam beberapa kali penyelenggaraan Ujian Kenaikan Tingkat Perisai Diri di Jakarta, penyelenggara Kejuaraan Taekwondo Antar-Perguruan Tinggi se-Jabotabek di Kampus STAN tahun 1999, dsb.

STAN Chess Interest Club

kegiatan pelepas penat

STAN Chees Interest Club atau biasa disingkat SCIC adalah organisasi mahasiswa yang mewadahi bakat dan minat dalam bidang percaturan. Sebelumnya SCIC bernama PSP, yaitu Pion STAN-Prodip. Organisasi ini didirikan pada tanggal 22 September 1998. Walaupun dibutuhkan pemikiran ekstra untuk menyusun strategi dalam memenangkan permainan ini, ternyata catur termasuk kedalam jenis olahraga loh sahabat edura. Hal ini dikarenakan catur merupakan salah satu cabang olahraga pasif.

Prestasi yang pernah diraih oleh SCIC salah satunya adalah Juara 1 dalam Vartemic Fest UPN 2015 dan Juara 2 dalam Open Chess Tournament Tanah Kusir. Dengan bermain catur akan melatih kemampuan berpikir sahabat edura menjadi lebih tajam lagi. Namun, tidak hanya bermain sekali atau dua kali saja nih supaya otak kita menjadi tajam, dibutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkan hal tersebut. Proses yang lama dan kesabaran yang tinggi menjadi kunci dalam melatih otak kita.

STAN English Club

kegiatan pelepas penat

STAN English Club atau biasa disingkat SEC adalah organisasi yang didirikan sejak tahun 1983 dengan tujuan untuk mempraktekan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris khususnya untuk anggota SEC dan umumnya untuk seluruh mahasiswa dan mahasiswi PKN STAN. Kegiatan yang pernah diselenggarakan oleh SEC, yaitu test TOEFL, outing program, a day in English, dan mengadakan seminar dalam Bahasa Ingrris.

Prestasi SEC yang telah diraih yaitu juara I Guessing Word Contest dan juara II Debating yang diselenggarakan LIA-E club 1994 serta juara II Debating Contest antar perguruan tinggi se-Indonesia di ITB Bandung 2000. Selain itu, SEC pernah menduduki sebagai semifinalis BIND 2011 (kompetisi debat bahasa inggris perguruan tinggi level Asia). SEC juga aktif mengikuti kompetisi Scrabble, News Reading dan kompetisi lainya menghasilkan sejumlah trophy, gelar dan medali emas.

Bagi sahabat edura yang berencana melanjutkan studinya keluar negeri setelah lulus, organisasi ini cocok sebagai sarana pelatihan berbahasa Inggris. Selain itu, organisasi ini dapat membantu untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris sahabat edura.

Info Lengkap

Official Website: http://www.pknstan.ac.id/
Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Penutup

Sekian Informasi yang dapat admin sampaikan mengenai beberapa kegiatan pelepas penat yang ada di PKN STAN. Kalian dapat mengajukan pertanyaan kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan. Salam Sukses!!!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close