STAN

Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai PKN STAN (Part 1)

Halo sahabat Edura! Kali ini admin akan membagikan beberapa info menarik lagi mengenai PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).  Kali ini, admin akan membahas apa yang harus sahabat edura ketahui mengenai PKN STAN (Part 1).

Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai PKN STAN (Part 1)

pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Saat memasuki bangku akhir SMA/SMK/MA , kesibukan sahabat edura akan semakin bertambah dengan adanya banyak tugas, ikut les kesana kesini, dan dipusingkannya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Untuk sahabat edura yang berencana melanjutkan studinya ke bangku perkuliahan, pastinya akan dipusingkan dengan banyak pilihan tempat kuliah yang ingin dituju. Tentunya sahabat edura akan mencari informasi kampus yang ingin dituju agar masa-masa perkuliahan  semakin menyenangkan kedepannya. Karena itu, admin akan memberikan sedikit informasi khusus untuk sahabat edura yang ingin berencana kuliah di PKN STAN. Kalau gitu kita langsung bahas saja yuk…!

Apa itu PKN STAN?

pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah Perguruan Tinggi Vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara.  Politeknik Keuangan Negara STAN diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Berdirinya STAN telah dimulai jauh sebelum Indonesia merdeka sebagai respon terhadap kebutuhan SDM berkeahlian khusus bidang keuangan negara yang belum dapat dipenuhi oleh lembaga pendidikan tinggi lain yang ada saat itu.

Perkembangan program reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan menuntut Kementerian Keuangan untuk melakukan penataan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Penataan ini dimaksudkan agar STAN dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam menyediakan SDM berkompeten dan berintegritas di bidang keuangan negara sejalan dengan arah dan tujuan transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan. Hingga pada tanggal 15 Juli 2015 keluarlah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN yang menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN.

Visi Misi PKN STAN

pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Visi yang diusung oleh PKN STAN juga tidak main-main sahabat edura, yaitu “menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pengelola keuangan negara bereputasi internasional”. Dengan adanya visi untuk mencapai pengelolaan keuangan negara bereputasi internasional, PKN STAN memiliki beberapa Misi yaitu

  1. menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara;
  2. menyelenggarakan penelitian berkualitas tinggi dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara; dan
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara.

Program Studi Diploma

pkn stan
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Di Indonesia, pendidikan tinggi dibedakan menjadi dua. Pertama, pendidikan akademik yang memiliki fokus penguasaan ilmu pengetahuan. Kedua, pendidikan vokasi yang menitikberatkan pada persiapan lulusan untuk mengaplikasikan keahlian. PKN STAN menerapkan pendidikan tinggi yang menitikberatkan pada perispaan lulsan untuk mengaplikasikan keahlian yang akan mendapatkan gelar Diploma.

Program Diploma menawarkan studi yang menitik beratkan aspek aplikatif ( 60% praktik 40% teori ). Menitik beratkan pada pelatihan keterampilan tertentu dan atau mempersiapkan mahasiswa untuk melanjutkan ke Program Sarjana. Gelar Diploma sendiri dibagi menjadi 4, yaitu

  1. Diploma satu (D1). Untuk sahabat Edura yang ingin mengambil D1 diwajibkan menempuh masa kuliah 2 semester dan menyelesaikan sekitar 32 SKS. Lulusan untuk program D1 akan mendapatkan gelar A.P. (Ahli Pratama)
  2. Diploma dua (D2). Untuk sahabat Edura yang ingin mengambil D2 mewajibkan menempuh masa kuliah 4 semester dan menyelesaiakn sekitar 64 SKS. Lulusan program D2 akan mendapatkan gelar A.Ma. (Ahli Muda)
  3. Diploma tiga (D3). Untuk sahabat Edura yang ingin mengambil D3 mewajibkan menempuh masa kuliah 6 semester dan menyelesaikan sekitar 112 SKS. Lulusan program D3 akan mendapatkan gelar A.Md. (Ahli Madya)
  4. Diploma empat (D4). Untuk sahabat Edura yang ingin mengambil D4 mewajibkan menempuh masa kuliah 8 semester dan menyelesaikan sekita 144 SKS. Lulusan program D4 akan mendapatkan gelar S.Tr. (Sarjana Terapan)

PKN STAN membuka program studi untuk D1, D3, dan D4 pada beberapa jurusannya. Penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat disini

Info Lengkap

Official Website: http://www.pknstan.ac.id/
Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Penutup

Sekian Informasi yang dapat admin sampaikan mengenai apa saja yang akan sahabat edura ketahui mengenai PKN STAN (Part 1). Tunggu postingan admin selanjutnya di Part 2 nantinya ya. Kalian dapat mengajukan pertanyaan kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan. Salam Sukses!!!

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker