SBMPTNSNMPTN

Ayo Move on dari SNMPTN 2020!

“Satu-satunya tempat di mana success lebih dulu muncul daripada work hanyalah di kamus.” – Vidal Sassoon

Tepat pada tanggal 08 April 2020 adalah pengumuman hasil SNMPTN 2020. Sobat edura pastinya merasakah hal yang tidak karuan, antara ingin melihat hasil dan tidak ingin melihat kenyataan. Selamat untuk kamu yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2020. Gunakan kesempatanmu dengan sungguh sungguh, karena masih banyak orang diluar sana yang kurang beruntung untuk mencapai apa yang telah kamu gapai.

Jadi untuk sobat edura yang belum beruntung mendapat SNMPTN, tenang saja SNMPTN merupakan awal dari segala perlombaan. Pintu SNMPTN telah ditutup rapat rapat, dan akan ada banyak pintu yang akan dibuka kedepannya. Rasa penyesalan memang wajar terbesit dalam hati, namun yang perlu teman teman ketahui bahwa penyesalan datangnya diakhir, kalau diawal namanya pendaftaran.

Terdapat banyak cara untuk yang dapat sobat edura tempuh untuk meneruskan study di Perguruan Tinggi Negeri, berikut merupakan seleksi bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Politeknik.

Sekilas Berita SNMPTN 2020

SNMPTN 2020 menyediakan 101.772 kursi bagi mahasiswa baru dan jumlah siswa yang melakukan pendaftaran SNMPTN tercatat 561.521 orang. Tahun ini pendaftar terbanyak berasal dari provinsi Jawa Barat sebanyak 77.371 siswa, 10.756 merupakan siswa penerima KIP.

Universitas Brawijaya mendapatkan pelamar terbanyak dengan angka pendaftar 30.932. Selain itu masih ada Universitas Dipenogoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjdjaran di urutan berikutnya.

Program studi SAINTEK dengan keketatan tertinggi adalah prodi Teknik Informatika dengan tingkat keketatan 1,20 persen atau sekitar 1 melawan 60 hingga 65 siswa dan diikuti oleh Farmasi dan Kedokteran Gigi . Pada program studi SOSHUM adalah Manajemen dengan keketatan 0,9 persen dan diikuti oleh Ilmu Komunikasi, Pendidikan Guru SD (PGSD), Ilmu Hubungan Internasional dan Akutansi.

Kota Medan berhasil menjadi kota dengan tingkat lolos tertinggi pada SNMPTN 2020 yaitu sebanyak 1.873 siswa. Diikuti oleh Surabaya, Bandung, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah hasil tes diberikan secara individu.

Pendaftaran UTBK 2020 tahap ke-1 dilaksanakan mulai 30 Maret sampai 11 April 2020. Tes UTBK 2020 tahap 1 dilaksanakan pada 20 sampai 25 April 2020.

Pendaftaran UTBK 2020 tahap ke-2 dilaksanakan mulai 30 Maret sampai 11 April 2020. Tes UTBK 2020 tahap 2 dilaksanakan pada 20 sampai 25 April 2020.

Memperhatikan suasana nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, maka pendaftaran UTBK yang sedianya mulai pada tanggal 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020, DITUNDA

Materi tes UTBK 2020 dibagi menjadi dua kategori, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Berikut penjelasannya materi tersebut:

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

  1. Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Penilaian TPS terdiri dari :

Kemampuan penalaran umum. Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. Pengetahuan dan pemahaman umum. Kemampuan memahami bacaan dan menulis. Perlu menjadi perhatian, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan bahasa Inggris.

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Kemampuan akademik sangat diperlukan siswa untuk bisa berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Target utama tes ialah mendapatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dengan kata lain, HOTS akan melihat sejauh mana penguasaan materi pelajaran yang dimiliki siswa.

TKA tak hanya sekedar hapalan materi pelajaran saja, tetapi juga membutuhkan analisis dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah soal.

Jalur Mandiri PTN

Jalur mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh siswa langsung ke Perguruan Tinggi Negeri yang dituju. Setiap PTN memiliki seleksi dan metodenya masing masing, berikut beberapa seleksi jalur mandiri.

SIMAK UI

Bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar jalur prestasi akademik, misalnya tidak masuk pemeringkatan prestasi akademik atau telah lulus tahun sebelumnya, dapat mendaftar di jalur ujian tulis. Pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Sedangkan untuk Program Vokasi dan S1 paralel menerima alumi SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat.

S1 Reguler tahun 2020 membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri SIMAK UI. Seleksi mandiri yang dimaksud disini bukanlah jalur mandiri yang penerimaannya lebih mahal. Biaya pendidikan S1 Reguler melalui SIMAK UI = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SBMPTN = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SNMPTN.

UTUL UGM

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UGM. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
  • Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

Seleksi Mandiri Politeknik

Jalur seleksi mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh siswa langsung ke Politeknik Negeri yang dituju. Setiap Politeknik memiliki seleksi dan metodenya masing masing, berikut beberapa seleksi jalur mandiri.

SIMANDIRI Surabaya

SIMANDIRI PENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dimaksudkan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Pada jalur ini, peserta tidak dapat mengajukan beasiswa BIDIKMISI.

Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan proses seleksi sebagai berikut. Semua peserta SIMANDIRI PENS akan diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilhannya, dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebh dahulu. Jika masih ada tempat di program studi pilihan pertama, ia akan diterima di program studi pilihan pertama.

Jika tempat pada program studi pertama telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan kedua, ia akan diterima di program studi pilihan kedua. Jika tempat pada program studi pilihan kedua telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan ketiga, ia akan diterima di program studi pilihan ketiga, dan seterusnya,. Jika tempat pada program studi pilihan pertama, kedua dan ketiga telah penuh dengan peserta yang lebih baik dari peserta tersebut, maka ia tidak akan diterima walaupun nilainya masih cukup tinggi.

SELEKSI MAHASISWA BARU MANDIRI (SMBM)

Politeknik Negeri Bandung kembali membuka proses Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri untuk Tahun Akademik 2020/2021, melalui Jalur Umum dan Bidik Misi (BM).


Informasi yang kami ambil resmi dari laman Kompas, SIMAK UI, SMBM POLBAN, SIMANDIRI Surabaya, UTUL UGM. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

M Mahardika Rafi ' Setiko

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close