SBMPTN

5 Tips Mengerjakan Pemahaman Bacaan TPS

Pernah ga sih sobat edura kehilangan waktu dalam mengerjakan latihan soal Tes Potensi Skolastik?. Kira – kira apa ya penyebabnya? Perlu diketahui Tes Potensi Skolastik  adalah sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan lainnya yang meliputi: Penalaran Umum. Pemahaman Bacaan dan Menulis. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Membaca Soal Terlebih Dahulu

Pada soal Tes Potensial Skolastik peserta akan disajikan dengan suatu contoh kasus. Pada umumnya suatu kasus akan disajikan untuk 2-5 soal. Untuk mempersingkat waktu dalam menjawab kamu bisa membaca soal terlebih dahulu baru mencari jawaban pada paragraf contoh kasus. Dengan cara ini kamu bisa menghemat 1-2 menit.

Membaca Cermat

Membaca secara cermat adalah memaca secara keseluruhan dengan maksud paham apa yang dibaca. Namun perlu diingat membaca soal dan mencari fokus paragraf yang ditanyakan. Misalnya soal menunjuk paragraf satu maka kamu hanya harus membaca pada paragraf satu.

Membaca Cepat

Membaca cepat adalah kecakapan membaca dan memahami teks dalam tingkatan tinggi. Membaca cepat telah sobat pelajari pada bangku SMP. Membaca cepat diperlukan dalam beberapa keadaan. Seperti soal yang menanyakan judul yang tepat.

Perlu diperhatikan bahwa membaca cepat perlu diiringi dengan pemahaman pada konteks. Maka dari itu kelihaian membaca cepat perlu di latih untuk memahami teks dengan cepat pula.

Menambah Wawasan KBBI dan PUEBI

Pada soal akronim, silogisme, sinonim, dan juga EYD kamu perlu menambah kosakatamu dengan rajin membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dengan memperbanyak latihan soal dan membaca akan mempermudah sobat dalam mengerjakan soal TPS.

Perbanyakan Latihan Soal

Kunci keberhasilan kamu terletak pada proses. Latihan merupakan proses menuju berhasilnya menjawab soal TPS. Memperbanyak latihan, sobat edura dapat mengetahui tipe – tipe soal yang biasanya keluar pada Tes Potensial Skolastik. UTBK 2020 hanya akan menguji TPS, maka sobat edura dapat fokus latihan TPS setiap waktu.


Sekian Info dari kami tentang 5 Tips Mengerjakan Pemahaman Bacaan TPS.  Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close