SBMPTNSoshum

SBMPTN ? Coba soal Pemahaman Baca & Menulis ini

Soal Pemahaman Baca & Menulis

“Janganlah kau letih dengan berlatih, sebab dari sanalah dirimu jadi pribadi yang lebih baik.” -unknown

Berlatih hal-hal yang sudah sering kita temui kadang membuat kita terserang malas dengan mudah. Hal ini sudah menjadi masalah bagi semua orang. Padahal kita dituntut untuk menguasai kompetensi itu. Maka yang membuat seseorang bisa bertahan hanyalah keteguhan hatinya.

Siapapun orang-orang yang memiliki keteguhan hati untuk setia pada pelatihannya, maka dia orang yang termasuk mau menata dan memperbaiki masa depannya. Setiap orang memang punya jalan mereka masing-masing, namun manusia yang terus berlatih dan mencoba adalah individu yang usahanya lebih baik. Bukankah hasil tidak akan mengkhianati usaha ??. Bukankah Tuhan tidak akan membiarkan hamba-Nya yang selalu berikhtiar ? Hehe jangan lupa selalu doa ya.


Hallloooo sobat-sobat edura !!!

Ngga kerasa yah udah bulan April aja, bahkan udah di tanggal-tanggal akhir gini. Admin masih ingat betul deh saat kalian pertama mampir ke website ini. Mata kalian menampilkan bara semangat yang sangat menakjubkan, tentu untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Khususnya ya masuk PTN impian, ya ga ?

Atas dasar itu, admin ngga ada cape-capenya nih ngehadirin buat kalian bahan-bahan belajar agar lebih mampu lagi mengerjakan ujian masuk PTNnya. Khususnya pada soal pemahaman baca & menulis  yaaa.

Kepo ngga sih kaya apa contoh-contoh soalnya ? Yuk ah langsung baca

SBMPTN ? Coba soal Pemahaman Baca & Menulis ini

Soal pemahamah baca & menulis sering banget loh guys diremehin para pejuang SBMPTN. Padahal nilai-nilai yang dihasilkan oleh soal ini ya sama dengan yang lain. Maka dari itu kalian ngga boleh terkecoh dengan meremehkan yaa. Sombong tuh ngga baik guys, apalagi ditambah tinggi hari, beuh bukan sifat sobat edura itu. Pokoknya kalian yang terbaik harus punya pribadi yang baik juga yaa.

Langsung kuy liat soalnya !!

Contoh Soal

(1) Penelitian terbaru menyatakan bahwa larva nyamuk yang menelan mikroplastik dapat menyebarkan mikroplastik ke rantai makanan manusia. (2) Diketahui mikroplastik, potongan kecil plastik yang terpecah dari produk buatan manusia, seperti pakaian sintetis, ban mobil, dan lensa kontak, memenuhi lautan dunia saat ini.
(3) Karena sulit dideteksi, mikroplastik dapat menimbulkan masalah serius bagi hewan laut. (4) Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Reading menemukan bukti yang menunjukan  bagaimana mikroplastik dapat memasuki ekosistem manusia melalui nyamuk dan serangga terbang lainnya. (5) Tim peneliti tersebut mengamati larva nyamuk yang menelan microbeads–jenis mikroplastik yang biasa ditemukan pada produk kosmetik—sebelum mengamati siklus kehidupannya. (6) Mereka menemukan fakta bahwa banyak sekali partikel
plastik yang […] ke tubuh nyamuk dewasa.

  1. Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah ….
    A. Serangga Pemakan Mikroplastik
    B. Bahaya Mikroplastik bagi Tubuh Manusia
    C. Penyebaran Mikroplastik oleh Serangga
    D. Mikroplastik, Serangga, Makhluk Hidup
    E. Cara Baru Penyebaran Mikroplastik
  2.  Kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf 2 adalah ….
    A. menemukan
    B. menunjukan
    C. memasuki
    D. menelan
    E. mengamati
  3. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 6 adalah ….
    A. tergantikan
    B. tertransfer
    C. berpindah
    D. teralihkan
    E. berubah
    Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau  kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).
    Setiap suku memiliki ritual tersendiri, mulai dari ritual yang biasa hingga (4)ekstrem, untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Bagi suku Dani  yang bermukim di (5) papua, kebersamaan sangat penting. Oleh karena itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi itu dikenal sebagai Iki Palek.
  4. A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
    B. aneh
    C. lazim
    D. ganjil
    E. luar biasa
    5.
    A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
    B. Papua
    C. Papua
    D. “Papua”
    E. “Papua”

Kunci Jawaban

  1. C
  2. B
  3. C
  4. A
  5. B

Hayoooloooo bener ngga tuh jawaban kalian dengan soal pemahaman baca & menulis tadi ??? Jujur ya hehe.  Ternyata emang perlu konsentrasi dan keseriusan juga kan buat soal ini, jadi kita emang harus merhatiin bener-bener guys. Jangan kalian males-males lagi yah buat belajar sbmptnnya. Apalagi sekarang lagi musim-musim UTBKnya. Hayu ah kita belajar.

Semangat sobat-sobat edura !!!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close