SaintekSBMPTNSNMPTNSoshum

Bingung Sistem SBMPTN? Ini solusinya

Hallo sahabat Edura! inilah yang kalian tunggu. Setelah kemarin admin membahas tentang Fakta SBMPTN 2019, sekarang admin akan membahas tentang Sistem SBMPTN. Sesuai pengalaman admin, ini yang membuat labil. Kita harus memilih apakah di isi semua atau tidak, sangat sulit sih. Tapi terus cari informasi yang akurat agar tidak menyesal ya Sahabat Edura!

Isi semua atau tidak ya?

Kalian harus mengetahui ketentuan dan peraturan tahun ini ya sahabat Edura! hal ini yang membuat peserta test SBMPTN 2018 kebingungan loh! Nah untuk kalian yang kembali daftar atau baru daftar SBMPTN 2019, admin memberi sedikit gambaran.

Kemungkinan tidak jauh dari tahun kemarin

Untuk tahun kemarin nilai kita tergantung jenis soal yang di kerjakan, semakin sulit jenis soal, semakin besar juga nilai yang didapat. Lalu, tidak ada sistem minus (pengurangan). Jadi apabila kalian tidak bisa mengerjakan soal tersebut, kalian bisa mengisi yang “menurut” kalian benar dan jika salah atau tidak diisi bernilai 0 alias tidak berpengaruh apa-apa . Berbeda dengan SBMPTN 2017 yang ada sistem minus(pengurangan), apabila kalian salah akan di (-1) dan jika tidak diisi 0.

Kemungkinan, peraturan dan ketentuan tidak jauh beda dengan tahun kemarin. Namun sebagai calon mahasiswa, sebaiknya kita selalu up to date, selalu mencari informasi agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Jurusan yang dipilih tergantung nilai

Ini yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun sekarang lebih ketat nih sahabat Edura! Jika kalian ingin masuk jurusan yang kalian pilih kalian juga harus lihai atau jago di dalam bidangnya. Tidak semata-mata diambil dari jumlah total nilai SBMPTN.  Misalnya kalian ingin masuk jurusan Kedokteran namun nilai mata pelajaran Biologi 0. Sekarang, tidak bergantung pada nilai total tetapi di lihat juga nilai subskor(masing-masing mata pelajaran Test). Jadi jangan sampai asal memilih apalagi paksaan dari orang lain. Yang tahu kompetensi diri kalian ya diri kalian sendiri, jadi harus di pilih benar-benar ya sahabat Edura!

Mata Ujian Tambahan di beberapa fakultas dan jurusan

Untuk test ini hanya beberapa fakultas dan jurusan, namun admin sendiri masih mencari infonya. Tetapi test tambahan ini berupa wawancara, tes TOEFL, portofolio, Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) dan tes Praktikum. Mengapa semakin banyak persyaratan untuk masuk PTN? Karena setiap tahun, jumlah peserta semakin banyak dan ini adalah upaya dari KEMENRISTEKDIKTI untuk memperoleh calon mahasiswa lebih tepat berdasarkan kemampuan yang dimilikinya.

Kuota penerimaan mahasiswa

Dibandingkan tahun 2018, tahun 2019 ini kuota penerimaan mahasiswa lewat jalur SBMPTN lebih besar. Karena pada tahun 2018 hanya 30% sedangkan tahun ini 40%. Itu dikarenakan kuota penerimaan lewat jalur SNMPTN di kurangi. Mungkin dengan bertambahnya kuota, kalian memiliki kesempatan lebih untuk diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), Tetapi sangat rugi yang mengikuti SNMPTN karena kuota penerimaan berkurang, yang menjadikan seleksi SNMPTN semakin ketat.

Jadi tahun ini lebih sulit atau lebih mudah? Yang jelas setiap tahun memiliki “kendala” yang berbeda-beda. Oleh karena itu sistem yang digunakan selalu berubah, tetapi itu tidak menjadi masalah apabila kita telah berusaha dan diterima di PTN yang di inginkan.

Pendaftaran

Untuk melihat informasi pendaftaran kalian dapat di buka pada link berikut

Pendaftaran

Penutup

Sekian Info dari kami tentang sistem SBMPTN yang membuat sebagian orang kebingungan. Jika kalian masih bingung tentang Sistem SBMPTN 2019 dapat melihat kembali Fakta SBMPTN 2019. Untuk konsultasi mengenai SBMPTN atau lebih Sistem SBMPTN 2019 ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kami untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close