SBMPTN

Simak Kisi-Kisi & Tips SBMPTN 2020 Paling Lengkap

Bagi Anda yang sudah lulus SMA dan berniat mengikuti tes SBMPTN. Pertama yang harus dilakukan adalah belajar. Belajar dibagi menjadi beberapa kategori yaitu membaca, menulis dan berlatih soal. ketiganya mempunyai kedudukan yang sangat penting. Apalagi, soal SBMPTN tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Di bawah ini ada kisi-kisi SBMPTN 2019 yang bisa Anda pelajari. 

Kisi-Kisi SBMPTN 2019 Paling Lengkap

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana kisi-kisi SBMPTN 019, Anda harus memahami mata pelajaran apa saja yang akan diujikan. Karena SBMPTN terdiri dari 3 kelompok yaitu soshum, saintek dan campuran. Maka mata pelajaran yang diujikan pun juga berbeda. 

Untuk kelompok soshum (sosial humaniora), yang diujikan adalah seputar matematika dasar soshum, sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah. Kelompok ujian ini dilaksanakan oleh peserta yang memilih program studi soshum. Seperti akuntansi, manajemen, geografi, sosiologi dll. 

Sedangkan kelompok saintek (sains dan teknologi), yang diujikan adalah matematika dasar saintek, biologi, fisika, kimia. Program studi yang diambil seperti kimia murni, matematika, teknologi pertanian dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Soal SBMPTN 2019 terdiri dari tiga jenis. Pertama yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Verbal, Numerik dan Fingural. Kedua, Tes Kompetensi Dasar (TKD) yaitu masing-masing kelompok ujian seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ditambah dengan ujian ketrampilan apabila memilih prodi yang berkaitan dengan seni dan olahraga.

Langsung aja yuk cek kisi-kisinya di bawah ini : 

Kisi- Kisi Tes Bidang Studi Dasar 

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi pragmatik, karya ilmiah, ejaan, wacanda, morfologi, dan sintaksis. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi longer reading passage. Matematika dasar seperti pertidaksamaan, antar ruang lingkup, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, program linier, matriks, statistika trigonometri dan lain-lain. 

Kisi-kisi soal matematika bisa dibilang lebih banyak dibanding yang lainnya. Jadi, jangan lupa belajar ya. 

Kisi-Kisi TKD Soshum 

Mata pelajaran geografi, kisi-kisi soalnya adalah seputar konteks dan interaksi wilayah, lingkup kajian geografi dan peta, pengindraan jauh dan SIG, litosfer, hidrosfer, cuaca dan iklim. Mata pelajaran sosiologi yaitu masyarakat multikultural, interaksi sosial, konflik dan integrasi, kelompok sosial, perubahan dan penyimpangan sosial, struktur sosial. 

Mata pelajaran sejarah adalah sejarah dunia, demokrasi terpimpin, orde baru dan reformasi, zaman kependudukan Jepang di Indonesia, perkembangan kerjaan Hindu Budha, zaman kemerdekaan. Memang lebih banyak dibanding mata pelajaran lainnya. Ekonomi yaitu akuntansi, badan usaha dan koperasi,mekanisme pasar, teori ekonomi, pendapatan nasional.

Kisi-Kisi TKD Saintek 

Mata pelajaran biologi kisi-kisinya yaitu reproduksi, metabolisme, histologi hewan dan tumbuhan, bioteknologi dan genetika. Fisika yaitu bunyi, dualisme gelombang partikel, gravitasi, magnetik, listrik dinamis, implus dan nomentum. 

Sedangkan untuk matematika saintek yaitu limit dan diferensial, trigonometri, statistika, eksponen dan logaritma, barisan dan deret serta matrik. Untuk kimia kisi-kisinya yaitu struktur atom, hukum dasar kimia, hidrolisis garam, PH asam basa, persamaan reaksi dan konsep mol, hitungan kimia, koloid, dan identifikasi senyawa karbon. 

Kisi-Kisi Ujian Ketrampilan 

Ujian ketrampilan memang banyak sekali. Tergantung prodi yang diambil. Untuk program studi bidang olahraga yaitu tes ketrampilan motorik dan kesehatan. Bidang seni rupa yaitu tes pengetahuan umum dan menggambar. 

Bidang musik kisi-kisinya meliputi tes pengetahuan umum, tes musikalitas dan tes praktik instrumen. Bidang fotografi yaitu tes ilmu pengetahuan umum dan tes praktik fotografi. Bidang teater dan seni pertunjukan yaitu tes baca puisi, tes pengetahuan umum dan tes praktik monolog.  

Sekarang, apakah Anda sudah siap untuk mempelajari beberapa kisi-kisi di atas. Usahakan jangan baru mulai belajar ketika tes akan segera dimulai. Belajarlah jauh-jauh hari agar bisa tahu letak kesalahannya dimana. 

Tips Cara Belajar yang Efektif 

Cara belajar juga perlu Anda perbaiki. Agar bisa mencakup semua kisi-kisi yang sudah disebutkan di atas. Belajar selain harus rutin, juga harus efektif dan efisien. Bagaimana caranya? 

Memahami Konsep Secara Lebih Mendalam

Mayoritas siswa di Indonesia cara belajarnya adalah menghafal. Bukan memahami konsep. Memang betul menghafal lebih cepat dan bisa dibilang efektif. Tapi ini efektif yang kurang benar, misal Anda belajar 3 menit, 30 menit kemudian sudah lupa. 

Oleh karena itu, lebih baik paham betul mengenai konsepnya. Bukan dengan cara menghafal. Walaupun memahami konsep membutuhkan waktu yang sedikit lama dibandingkan dengan menghafal. Tapi lebih efektif karena tidak mengulang pelajaran dua kali. 

Fokus Satu Materi Terlebih Dahulu 

Belajarlah satu materi terlebih dahulu hingga tuntas. Kemudian baru beralih ke materi selanjutnya. Jangan setengah-setengah, karena sesuatu yang dikerjakan dengan setengah-setengah justru tidak akan tercapai. 

Belajar dengan Sistem Target 

Ketiga belajarlah dengan sistem target. Yaitu, Anda harus mempunyai deadline harian, mingguan atau bulanan untuk mengukur sudah sampai mana belajar Anda. Selain itu, ketika berlatih soal Anda juga harus menetapkan berapa soal yang harus dijawab dengan benar agar nilai atau skornya mencukupi lolos SBMPTN. 

Catat Poin Penting 

Selanjutnya adalah catat poin yang penting. Survey membuktikan bahwa dengan mencatat seseorang akan lebih memahami suatu pelajaran dibandingkan dengan tidak mencatat. Oleh karena itu, catat poin mana saja yang menurut Anda penting dan bisa dipelajari kembali. 

Belajar Sesuai Kisi-Kisi dari Berbagai Sumber 

Nah, ini yang paling penting. Agar cara belajar Anda efektif dan tidak perlu membuang banyak waktu untuk mempelajari semua materi yang diajarkan ketika di sekolah. Karena bisa jadi materi tersebur yang tidak keluar di soal sama sekali. Tetap mengikuti panduan kisi-kisi ya. 

Istirahat yang Cukup

Terakhir, istirahatlah yang cukup. Karena jika Anda belajar terus-terusan hingga larut malam justru kesehatan Anda yang akan terganggu. Belajar dan istirahatlah secukupnya. Anda bisa melakukan manajemen waktu dengan memberi batas kapan Anda harus belajar dan kapan Anda harus istirahat. 

Sarana yang Mendukung Pembelajaran 

Kalau berbicara mengenai sarana, sebenarnya Indonesia sudah banyak menyediakan soal-soal yang berkaitan dengan SBMPTN. Bisa melalui website, tapi websitenya harus yang terpercaya. Jangan mau jika disuruh memberikan NIK, atau password. 

Kedua melalui aplikasi bimbingan belajar online. Saat ini sudah banyak sekali jasa yang menyediakan bimbingan online melalui video dan soal-soal yang dirangkum dalam satu aplikasi android. Sangat mudah bukan?

Ketiga, belajar di bimbingan konvensional. Bisa mengikuti les khusus SBMPTN dengan guru-guru yang ahli di bidangnya. Jangan lupa juga untuk tetap belajar di rumah, dan rajin untuk sharing-sharing pengalaman dan tips kepada seseorang yang sudah lulus SBMPTN tahun sebelumnya. 

Kisi-Kisi SBMPTN 2019  di atas juga bisa menjadi acuan belajar yang efektif. Belajar yang tepat adalah belajar yang tidak menguras waktu dan tenaga, menyerap pemahaman dan diingat dalam waktu yang lama. Sebuah kesalahan jika Anda belajar ketika h-1 pelaksanaan tes.

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close