SaintekSBMPTNSoshum

Setelah Pengumuman Nilai UTBK, Harus Apa ?

Setelah pengumuman nilai utbk.

“Pemenang adalah mereka yang terus berusaha.” – unknown

Seringkali kita melihat sebuah kemenangan adalah suatu hasil, padahal kenyataannya kemenangan itu ada dalam proses. Banyak pihak yang beranggapan salah tentang konsep ini, namun proses memang hal yang inti. Apalagi jika mengenai berusaha. Berusaha adalah bentuk nyata dari kesiapan hati manusia dan tujuannya.

Semakin baik seseorang dalam berusaha akan membuatnya semakin dekat dengan kesusesan. Tidak ada jaminan memang keberhasilan akan datang ketika kita mau berusaha, namun tidak ada usaha yang sia-sia. Keberhasilan yang seringkali dijadikan tujuan utama sebenarnya bukanlah yang paling utama, sebab berjuanglah yang menjadii pokok dalam perjalanan tersebut.

Pernah suatu waktu ada seseorang yang gagal mendapatkan keinginannya setelah ia berjuang habis-habisan. Ia sudah memberikan segala yang ia punya, kalau orang bilang ia sudah totalitas. Namun apa daya, kegagalan di akhir tidak dapat dihindari. Tapi apakah dia benar-benar gagal ? Tidak

Ketika ia memutuskan untuk berjuang sepenuhnya, di situlah dia sudah menjadi seorang pemenang. Kenapa ? Karena manusia tidak diukur dari seberapa banyak dia mendapatkan, tapi dilihat dari seberapa banyak dia memberi. Mungkin orang ini tidak mendapatkan keinginanya, namun ia memberikan usahanya. Dari perjuangannya inilah sebenarnya dia juga mendapatkan hal penting lain seperti perkembangan diri, perbaikan diri, dan sebagainya.


Halloooooo sobat edura !!!! Cieee ketemu lagi sama admin yang keren ini, hehe. Seneng kan kalian bisa ngobrol sama admin lagi. (iya baca kok bukan ngobrol, tapi anggap aja admin lagi cerita sama kamu hehe.) Kalian masih sehat-sehat kan. pasti dong ah sobat-sobat edura mah yang terbaik.

Kali ini tahu ngga guys admin mau nge-share tentang apa ? Wah kok tahu si, eh ternyata udah baca judul. Pasti tau lah. Bener banget si, kali ini admin bakal berbagi mengenai apa yang harus dilakukan setelah pengumuman nilai utbk.

Kalian bingung ga ? Atau masih ragu ? Nah skuy langsung baca aja artikel ini.

Setelah Pengumuman Nilai UTBK, Harus Apa ?

Sobat edura, sudah lihat berpaa nilai yang sobat dapatkan dari tes yang telah kalian ikuti ? Gimana ? Memuaskan ? Atau masih ada yang perlu diperjuangkan ? Hehe. Bagaimanapun hasilnya semoga itu yang terbaik ya sobat-sobat.

Terhitung dari 23 April 2019 pengumuman nilai utbk sbmptn 2019 sudah dapat dilihat oleh para peserta, khususnya yang melaksanakan ujian di jadwal awal. Nilai utbk ini sangat penting nih guys, sebab nilai ini menjadi syarat wajib untuk mendaftar ke PTN impian kalian nantinya.

Lalu apa yang harus kita lakukan setelah mendapatkan nilai utbk ini ?. Hal wajib yang harus kamu lakukan adalah mematangkan strategi perang, hehe. Maksudnya adalah kita harus menyiapkan rencana kita sebaik mungkin. Apa aja sih yang perlu kita perhatikan dalam menyiapkan rencana ini ? Nah skuy liat selengkapnya di bawah ini,

foto by unsplas.com

Ketahui Kekuatan Pribadi

Sebelum memulai hal-hal lain, yang perlu kita lakukan pertama adalah mengetahui diri sendiri. Maksudnya adalah kita benar-benar mengerti apa yang kita inginkan dan seberapa mampu kita mewujudkannya di dunia nyata. Wait, bukan berarti admin menghentikan mimpi kalian hanya saja admin mengajak kalian untuk mernecanakan strategi yang paling realistis.

Dalam hal ini, kita harus mulai mengkorek diri kita dan memantapkan hati pada pilihan, utamanya adalah pilihan jurusan dan kampus. Setelah teman-teman mendapatkan nilai utbk tersebut, kalian haruslah menganalisanya. Analisa ini cukup sederhana sebenarnya, kita hanya harus mengerti apakah nilai tersebut cukup untuk mewujudkan rencana-rencana kita, khususnya pada pilihan jurusan dan kampus.

Pemiliha jurusan dan kampus juga tidak boleh hanya melibatkan otak ya, harus ada hatinya, (lho kok gitu ?) ya mungkin sobat-sobat edura pernah mendengarkan nasihat sebaliknya tapi admin yakin juga dengan nasihat ini. Kenapa demikian ? Karena admin pikir jurusan dan kampus yang normalnya akan kiita tempuh selama  4 tahun ini bukanlah hal yang bisa kita jalani hanya dengan penyesuaian pikitan namun juga tentang kenyamanan hati. Masa mau si kalian kuliah dengan hati yang tidak ikhlas ? hehe.

foto by unsplash.com

Ketahui Medan Perang

Pernah ngga dengar ada perang yang isinya orang-orang tidak mengerti mengenai medannya ? Jika ada, pasti mereka pihak-pihak yang kalah. Mengapa ? Karena pengetahuan kita tentang medan perang ini akan membuat kita mengerti apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang tidak. Mungkin pasukan kita ada ratusan ribu orang yang berkuda, namun jika perang ternyata terjadi di tanah berlumpur bukankah kuda-kuda itu hanya akan menghambat laju pasukan ?. Maksudnya adalah pemanfaatan sumber daya yang kita miliki harus sesuai dengan kondisi yang ada.

SBMPTN pun begitu, ketika kita mendapatkan sebuah nilai dari utbk yang bisa kita sebut sumber daya kita, selanjutnya adalah mengetahui medan perang yaitu kampus dan jurusan tujuan. Sedikit sudah disinggung di paragraf sebelumnya, namun selengkapnya akan ada di sini.

Mengapa mengetahui kondisi jurusan dan kampus tujuan menjadi penting ? Karena pada beberapa aspek hal-hal sederhana di sini bisa berarti besar. Contohnya adalah setelah pengumuman nilai utbk kita bisa jadi hanya mendapatkan angka 60/100, yang notabene sering dianggap kecil. Namun, ternyata untuk masuk ke jurusan dan kampus yang kita ingin sebenarnya hanya butuh 50/100. Jadi lolos dong harusnya. Nah nilai 60//100 ini coba sobat cocokan dengan jurusan dan kampus yang diinginkan ya.

Akan berbeda ceritanya jika nilai kita yang 60/1000 itu kita paksakan untuk masuk ke kampus dan jurusan yang membutuhkan nilai 70/100. Maka penting sekali untuk menyesuaikan kekuatan pribadi dengan medan. Nah bagaimana si cara mengetahui medan itu ? Yuk lihat lagi

foto by unsplash.com

Ketahui Kelebihan Lawan

Sedikit berbeda dengan perang, jika medan perang bisa kita lihat tanpa memerhatikan lawan, namun di sbmptn ini kita harus memerhatikan lawan. Mengapa ? Karena medan-medan yang ada bukanlah dibentuk oleh sebuah pihak, namun oleh banyak pihak yang di dalamnya termasuk para pejuang lainnya.

Nilai-nilai yang didapatkan oleh para teman seperjuangan kalianlah yang kemudian menjadi pondasi dan membentuk medan perjuangan. Setelah pengumuman nilai utbk kiat-kiatnya adalah sobat edura harus mengetahui nilai orang-orang di sekitar kalian yang sekiranya akan mendaftar di jususan dan kampus yang sama. Merekalah yang bisa jadi perbandingan kita dalam berspekulasi.

Dari pengetahuan itu kita akan diharuskan untuk berspekulasi terhadap medan tadi. Variabel yang menjadi pokok adalah nilai peserta lain dan seberapa banyak peserta yang biasanya mendaftar setiap tahunnya. (angka ini dapat dilihat dari catatan-catatan tahun sebelumnya.)


Nah bagaimana nih sobat edura, apakah artikel ini sudah membantu memecahkan kebingungan kalian ? Admin harap ini berpengaruh buat kalian ya. Oiiya, walau admin sedang mengajak kalian untuk ber-realistis admin harap kalian juga masih idealis yah. Kenapa ? Karena dari idealis ini juga kadang kita mendapatkan hasil-hasil yang tak terduga.

Setelah pengumuman nilai utbk, perjuangan belum berakhir sobat. Kenyataannya bahkan baru dimulai. Untuk kalian yang sedang berjuang, terus berikan yang terbaik dan semangat !!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close