SBMPTN

Seleksi UTBK 2020 Dimajukan? Simak Penjelasan dari LTMPT

Hallo sahabat edura ! hallo para pejuang utbk 2020 baik kamu kelas 12 SMA/SMK ataupun kamu yang gap year . Semoga semangat kalian masi membara untuk meraih impianmu di PTN favorit. Tidak ada waktu yang terbuang, tidak ada kesempatan yang terabaikan bila kamu bersungguh sungguh dalam meraih tujuan yang kamu inginkan. Seleksi UTBK 2020 Dimajukan.

Seleksi UTBK 2020 Dimajukan?

Saat ini para pejuang UTBK 2020 sedang gelisah khusunya untuk pelajar kelas 12 SMA yang baru menginjak semester baru dan ada kabar gembira bagi kamu yang gap year  jadi tidak usah menunggu lama lama lagi untuk mengikuti UTBK 2020.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Sebelumnya kita digemparkan dengan pernyataan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang merencanakan untuk memajukan seleksi UTBK 2020  pada akhir tahun 2019 yang tepatnya pada bulan November atau Desember. Ujian yang semula akan dilaksanakan pada awal tahun 2020, rencananya dimajukan menjadi akhir 2019. Hal ini ditujukan agar siswa fokus dengan Ujian Nasional (UN). 

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berencana memajukan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi pada akhir 2019. Rencana itu bakal diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Memang [akan] dimajukan,” kata Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (14/8).

Meski begitu, Naim mengatakan pihaknya belum menentukan tanggal UTBK 2020 bakal dilaksanakan. Dia hanya mengatakan bahwa tes masuk perguruan tinggi negeri segmen UTBK bakal dihelat saat siswa SMA menginjak semester 5.
“Sehingga siswa SMA yang sudah kelas 3 itu sudah mulai ikut seleksi,” jelasnya.

Ainun mengatakan proses ujian masuk perguruan tinggi sebelum murid SMA lulus telah dilakukan di berbagai negara. Misalnya, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat.

“Ya seperti di Australia itu orang bisa daftar perguruan tinggi pas kelas tiga sebelum lulus. Singapura juga, AS juga, jadi tujuannya untuk memperluas kesempatan,” kata Ainun.

Selain itu, ia juga menyebut akan ada kemungkinan penambahan jumlah gelombang pada tes tersebut. Ainun berharap siswa-siswi bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak agar dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.

Diketahui, dalam pelaksanaan UTBK 2019 lalu, Kemenristekdikti menyediakan 2 gelombang bagi pendaftar perguruan tinggi. Gelombang pertama dilakukan pada 13 April hingga 4 Mei. Sedangkan gelombang kedua diselenggarakan pada 11 Mei hingga 26 Mei.

Terpisah, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan ujian yang dimajukan tidak akan berpengaruh terhadap kompetensi murid meski dilakukan saat murid belum lulus. Ia juga mengatakan rencana tersebut masih dikaji dan akan dilakukan proses penentuan.

“Kalau jadi maju pasti TPA-nya sampai [materi] kelas 2,” ujarnya.

Ujian masuk perguruan tinggi negeri segmen UTBK 2020 yang bakal dimajukan pada 2019 sudah mendapat penolakan beragam pihak. Padahal, itu masih berupa rencana.

Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi di Jakarta, Kamis (15/8/2019) menegaskan bahwa seleksi UTBK 2020 belum pasti diselenggarakan tahun ini

“Belum ada rencana akan menyelenggarakan kembali UTBK. Kemungkinan masih tahun depan,” kata Ravik, sebagaimana diwartakan Antara.

Terkait rencana tersebut, Ravik mengatakan, masih sebatas wacana dan belum diputuskan. Kemungkinan besar UTBK baru akan diselenggarakan tahun depan dengan masa pendaftaran mulai Maret dan pelaksanaan gelombang satu mulai April sebagaimana tahun ini.

UTBK merupakan syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Siswa menggunakan nilai yang dia dapat dari UTBK untuk mendaftar ke perguruan tinggi tujuan.

Model itu diterapkan untuk pertama kalinya tahun ini. Sebelumnya, SBMPTN dilangsungkan serentak dengan ujian tulis maupun komputer.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti, Ismunandar memastikan rencana tersebut belum pasti dilaksanakan dan masih dikaji.

“Akan dievaluasi dan ditentukan dulu,” ujar Ismunandar kepada reporter tirto, Rabu (14/8/2019).

Ismunandar belum menjelaskan kapan rencana memajukan UTBK tersebut selesai dikaji. Dia juga enggan menyebut siapa saja yang terlibat dalam pembahasan rencana itu.

Oleh karena sampai saat ini belum ada kejelasan soal pelaksanaan rencana itu, Ismunandar berharap masyarakat untuk menunggu keputusan akhir dari Kemenristekdikti.

“Tunggu sampai ada berita pastinya saja. Tidak perlu resah,” kata dia.

Sebelumnya, rencana itu diungkapkan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir. Tujuannya, agar pada awal 2020, para siswa sudah dapat mengetahui mereka diterima di perguruan tinggi negeri dan program studi tertentu. Dengan begitu, para siswa kemudian bisa berfokus menyiapkan diri untuk mengikuti ujian nasional.

“Jadi kalau ini kita jalankan, perguruan tinggi akan mendapat Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Contoh jumlah pendaftar UTBK tahun ini menurun. Itu artinya dengan sistem UTBK calon mahasiswa kini lebih rasional dan lebih terbuka,” ujar Nasir di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Intinya Kemenristekdikti ingin memajukan namun LTMPT menyatakan kemungkinan besar UTBK baru akan diselenggarakan tahun depan dengan masa pendaftaran mulai Maret dan pelaksanaan gelombang satu mulai April sebagaimana tahun ini.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Seleksi UTBK 2020 Dimajukan? Simak Penjelasan dari LTMPT.  Informasi yang kami ambil merupakan informasi resmi dari CNN Indonesia dan Tirto.id .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close