SBMPTNSNMPTN

Passing Grade SMBPTN, Apa Itu?

Bagi siswa siswi yang tengah berjuang untuk menggapai cita-cita masuk ke PTN impian, pastinya mereka berusaha keras untuk dapat melewati ujian dan mencari informasi sebanyak mungkin seputar pendaftaran, kebijakan SBMPTN, maupun info passing grade SBMPTN suatu PTN. Dengan mengetahui hal tersebut tentu akan sangat membatu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian. Sebut saja passing grade dari berbagai universitas.

Meski tidak ada univesitas di mana pun yang mengeluarkan pernyataan secara resmi perihal passing grade untuk diterima di kampus mereka. Sebab, hal ini akan menciutkan nyali atau mental para pejuang PTN. Walau demikian, tetap saja banyak bertebaran passing grade di internet maupun di bimbel-bimbel khusus PTN. Bicara mengenai passing grade, pasti ada beberapa dari kalian bertanya-tanya apa itu passing grade, fungsi, dan lain-lain? Berikut sedikit penjelasannya.

Apa itu Passing Grade SBMPTN ?

Passing Grade merupakan persentase nilai yang dijadikan referensi pada suatu perguruan tinggi untuk dapat meluluskan seseorang. Passing grade juga bisa diartikan sebuah batas atau nilai minimal yang wajib didapatkan saat ujian peserta di kampus-kampus tertentu. Passing grade umumnya dipakai sebagai tolak ukur jalur SMBPTN.

Kebanyakan persentase prediksi kampus-kampus yang ada berubah tiap tahunnya. Hal ini terjadi karena ada pengaruh peserta pada pilihan program studinya. Di luar itu, hal lainnya yang harus Anda ketahui bahwa prediksi yang tersebar luas ini bukan dari PTN di negeri ini. Melainkan anfka tersebut hanyalah hasil survei semata. 

Cara Menghitung Passing Grade SMBPTN

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi memang memerlukan usaha ekstra. Agar usahamu lebih terarah dan tidak terbuang sia-sia. Dengan mengetahui nilai standar passing grade suatu kampus, Anda jadi tahu seberapa besar peluang di universitas tersebut. Adapun cara mudah untuk membilang nilai passing grade Anda pada program studi universitas tertentu. Ini caranya:

Rumus mudah untuk menghitung passing grade:

Rumus Passing Grade = (B x 4 – S x 1) x 100% / JS x 4

Keterangan:

B = Jumlah yang dijawab Benar

S = Jumlah yang dianggap jawaban Salah

JS = Jumlah dari sebuah Soal

Misalnya:

Misalkan saja ada sebuah kampus di mana soal SBMPTN sebanyak 120 soal. Dari situ perkirakan berapa soal yang Anda kerjakan di soal kemampuan dasar, tes jawab benar sebanyak 25 soal, tidak diisi sekitar 20 soal dan dijawab salah ada 15 soal. Dan untuk soal ujian IPA, benar 40 soal, ada 10  tidak diisi, dan 10 soal salah.

Lalu, berapakah nilai dari passing grade dari soal tersebut?

Jawab:

B = 40 + 25 = 65

S = 10 + 15 = 25

Untuk yang tidak diisi = tidak mempunyai nilai

Maka PG = (65 x 4 – 25 x 1) x 100% / 120 x 4

PG = (260 – 25) x 100% / 480

PG = 23.500% / 480

PG = 48.955%

Apabila kamu telah menetapkan suatu pilihan jurusan dokter atau teknis di kampus Universitas, di mana passing grade pada tahun sebelumnya di bawah 48%. Karena itu adalah peluang untuk Anda agar lulus terdapat relatif besar. Sebaliknya, kalau jurusan tersebut nilai passing grade SMBPTN lebih dari 48,9% pada tahun kemarin, Maka kesempatan Anda lolos SMBTPN jadi kecil.

Angka Passing Grade Bukanlah Angka Akurat atau Valid

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap kampus tak pernah mengeluarkan atau menyatakan nilai passing grade mereka ke khalayak umum. Jadi, passing grade SMBPTN yang diperoleh selama ini dari tempat Bimbingan Belajar atau Bimbel serta media online bukanlah sebuah angka valid, tapi itu hanya sebuah prediksi saja.

Misalkan, Fakultas Sastra di Universitas Indonesia memberikan 200 kuota untuk calon mahasiswa. Setelah itu, ada lembaga Bimbingan belajar yang memprediksikan Fakultas tersebut angka passing grade ialah 50%. Jadi semua peserta harus bisa mendapatkan nilai SMBPTN iti agar masuk ke fakultas sastra UI.

Passing grade hanyalah nilai prediksi yang mendekati akurat, tapi tidak bisa dikatakan sebagai satu-satunya acuab untuk melihat peluang. Sebab seluruh keputusan ada di tangan petinggi kampus. Dan perlu diingat dengan baik-baik, mengetahui passing grade pada suatu program studi PTN yang Anda inginkan.

Hal ini merupakan sebuah upaya yang harus lakukan apabila Anda ingin menjadi seorang siswa yang memiliki pandangan luas dan lebih mendahulukan rasionalitas, juga tak wajib bila Anda memiliki kepercayaan diri dengan nilai yang didapatkan. Jadi, tingkat ketepatan passing grade di media-media mencapai 80 sampai 89%.

Dari sini Anda dapat melihat gambaran kalau passing grade SMBPTN bukanlah angka pasti. Akan lebih baik jika Anda menyiapkan diri untuk bersaing dan tentukan sendiri nilai passing grade Anda. Untuk itu, buatlah nilai yang jauh di atas nilai passing grade yang ada di internet ataupun di tempat lainnya.

Cara Mengetahui Nilai Passing Grade Selain dari Lembaga Bimbel

Jika Anda sedang tidak mengikuti suatu lembaga bimbingan belajar atau Bimbek di mana pun, Anda tetap bisa memprediksi peluang kelulusan Anda pada prodi pilihan Anda dengan sederhana. Di bawah ini, ada beberapa uraian secara singkat untuk Anda yang tidak aktif di Bimbel maupun program lainnya.

  • Pertama Anda perlu ikut try out baik itu online maupun offline, dan try out ini memiliki jangkauan nasional. Jumlah soal sangat banyak, dan rata-rata try out ini gratis.
  • Usahakan untuk nilai dan peringkat ada pada skala nasional, paling tidak upayakan sampai ke tingkat nasional. Ini adalah modal paling utama yang Anda perlukan.
  • Perhatikan nilai mayoritas maupun mendapatkan nilai rata-rata skor untuk semua siswa atau siswi yang mengikuti try out tersebut. Namun, bila nilai Anda masih di bawah itu, maka berusahalah dengan belajar lebih keras lagi pada try out berikutnya sampai nilai Anda ada di atas rata-rata skor passing grade. Anda juga bisa mencatatnya kalau ingin.
  • Perhatikan bagaimana perangkingan di jurusan yang Anda pilih. Lihat dengan seksama nilai teratas di peringkat 1-3 yang ada di situ. Jika nilai Anda masih jauh di bawah peringkat 1-3, berjuanglah lebih keras lagi dari sebelumnya sampai Anda bisa berada diposisi sejajar atau setara dengan mereka di try out selanjutnya.
  • Mengamati informasi yang tengah beredar di banyak social media. Biasanya, ada banyak akun pendidikan di banyak sosial media yang berbasis digital. Dari sini Anda akan mendapatkan hasil survei secara terbuka dari infografis yang dapat memanjakan mata Anda.  
  • Coba terus ke lima tips ini. Ulangi berkali-kali tips ini hingga mendekati waktu pendaftaran di UTBK SBMPTN.

Penting atau tidaknya passing grade SBMPTN untuk diketahui, atau dijadikan tolak ukur ataupun tidak. Hal ini kembali pada diri sendiri. Namun, yang terpenting tetap berusaha keras agar lolos ke universitas impian.

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close