SBMPTNSNMPTN

Begini Metode Baru Penilaian SBMPTN 2020

Kabar SBMPTN setiap tahun selalu menjadi bahan yang hangat untuk diperbincangkan. Karena peminatnya yang cukup banyak. Tercatat bahwa pada Tahun 2020 total pendaftar pada jalur reguler adalah sebanyak 682.816 peserta. Sedangkan peserta bidikmisi sekitar 187.185 orang. Jadi, totalnya adalah sebanyak 860.001 peserta. Namun di luar itu, Anda perlu tahu cara penilaian SBMPTN 2020. 

Cara Baru Penilaian SBMPTN 2020

Penilaian SBMPTN Tahun 2020 berbeda dengan penilaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, peserta yang menjawab benar diberikan poin 4, yang tidak menjawab diberikan poin 0 dan yang salah poinnya minus 1. 

Sistem tersebut telah dihapus, digantikan dengan peserta harus menjawab semua soal.  Jawaban yang salah atau tidak dijawab skornya tetap 0. Tidak ada minus 1. Lebih enak atau nggak nih menurut Anda? Lalu bagaimana sistem pada SBMPTN 2020?

Sistem terbaru hanya menghitung skor yang benar. Dikenal dengan sebutan teori response butir. Soalnya terdiri dari tiga tahap  yaitu mudah, sedang dan sulit. Masing-masing tahap mempunyai skor yang berbeda, dilakukan oleh tim yang mempunyai keahlian dalam bidang pengukuran, penilaian dan pengujian. 

Sebagai contoh jumlah soal yang dijawab peserta A adalah 70, dan peserta B 60, tetapi peserta B mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan peserta A yang menjawab lebih banyak. Sistem yang seperti ini adalah sistem yang dipakai oleh Negara Amerika Serikat  dan Eropa. 

Sebelumnya, panitia SBMPTN 2020 bekerjasama dengan Loop dan Gramedia untuk mengadakan simulasi penilaian terbaru ini. Rencananya, akan diselenggarakan pada 22 provinsi mulai dari Jayapura hingga Aceh dengan menggunakan aplikasi android. 

Para peserta bisa memaksimalkan kemampuannya dalam menjawab soal. Karena berdasarkan pengalaman Tahun 2017, peserta tidak menjawab semua soal dikarenakan takut jika jawaban yang salah memengaruhi skor atau nilai mereka. Menurut Anda bagaimana nih sistem penilaian yang baru? Sudah pas atau masih ada yang kurang?

Tips Menjawab Tepat Soal SBMPTN 2020

Agar sukses dalam tes SBMPTN, ada tips-tips yang perlu Anda laksanakan. Karena kesempatan tidak akan datang dua kali kan? Sehingga lakukan beberapa poin di bawah ini agar Anda sukses dan berhasil meraih PTN favorit dengan nilai yang memuaskan. 

1. Fokus Berlatih Soal 

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah fokus belajar. Belajar bisa dimana saja, bisa di rumah, lembaga bimbingan belajar atau dari webiste yang menyediakan latihan soal SBMPTN 2020 disertai dengan kunci jawabannya. 

Apalagi saat ini sudah ada lembaga bimbingan belajar online dengan harga terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar kan? 

2. Mengerjakan Materi yang Paling Dikuasai Terlebih Dahulu 

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa yang perlu Anda lakukan adalah menjawab soal yang mudah terlebih dahulu. Selain untuk  menambah poin juga untuk mempersingkat waktu pengerjaan. 

3. Mengerjakan Soal dengan Sistem Penghitungan Cepat 

Bagaimana maksudnya? Karena sudah mengetahui sistem penilaian SBMPTN 2020,  Anda harus membentuk strategi dan target. Berapa soal yang harus Anda kerjakan untuk mencapai skor yang tertinggi. 

Anda pasti sudah bisa membedakan mana soal yang masuk dalam tahap mudah, sedang dan sulit. Usahakan seimbang diantara ketiganya, dalam artian semuanya harus bisa Anda jawab. Jangan ada tipe soal yang tidak dijawab sama sekali. Se susah apapun itu, harus yakin bahwa jawaban Anda benar.

4. Lakukan Analisis Secara Lebih Mendalam dari Waktu yang Tersisa 

Ketika Anda sudah selesai mengerjakan soal yang sekiranya mudah. Anda harus beralih ke soal yang menurut Anda sulit. Lakukan analisis secara lebih mendalam dari waktu yang tersisa. Tetapi jangan terlalu mepet karena Anda harus memeriksa semua jawaban kembali.  

5. Mengerjakan Soal Kelompok dengan Benar 

Beberapa soal SBMPTN 2020 menyajikan soal kelompok. Dalam artian ada satu pertanyaan untuk beberapa nomor. Nah dari sini Anda juga harus bisa mengambil kesempatan, kerjakan soal tipe tersebut sebaik mungkin, agar memperoleh banyak skor. 

6. Jangan Kosongkan Jawaban 

Karena sudah tidak ada nilai minus lagi, maka usahakan Anda menjawab semua soal. Tetapi tidak boleh sembarangan ya. Pertimbangkan dengan matang dan yakin. 

7. Periksa Kembali Semua Pekerjaan 

Periksa kembali semua pekerjaan. Teliti lagi per soal dan jawabannya. Jangan sampai ada yang terlewat atau jawabannya salah. Manfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin. 

8. Berdo’a

Terakhir, setelah berusaha jangan lupa untuk berdo’a kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran dan memperoleh hasil yang terbaik. Usaha jika tanpa do’a maka akan sia-sia. 

Walaupun masih ada jalur lainnya selain SBMPTN, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Mengapa? Karena jalur selanjutnya bisa jadi SPP atau uang gedung yang Anda bayarkan lebih mahal. Apalagi untuk peserta bidikmisi, ini adalah kesempatan terakhir setelah jalur SNMPTN untuk mendapatkan fasilitas pendidikan gratis. 

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Tes 

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari peserta yang lolos SBMPTN. Pertama, belajarlah konsepnya bukan rumusnya apalagi menghafal. Kedua, berani keluar dari zona nyaman, maksudnya Anda harus berani belajar pelajaran yang tidak Anda sukai. Ketiga, fokus pada apa yang ingin dicapai. 

Misalkan Anda tidak suka sama sekali dengan pelajaran matematika, tetapi di SBMPTN matematika menjadi salah satu pelajaran yang diujikan. Paksa diri Anda agar bisa menguasainya dalam waktu yang singkat. Fokus, boleh bermimpi tetapi ada saatnya untuk diwujudkan, belajarlah dengan sungguh-sungguh. 

Selain ada tips sukses dan meniru para peserta yang sudah lulus ujian, ada juga  hal yang tidak boleh dilakukan. Apa aja? Simak beberapa poin di bawah ini : 

1. Sebelum Ujian 

Hal yang tidak boleh dilakukan sebelum ujian lebih ke persoalan yang menyangkut teknis. Jangan memakai kaos oblong atau celana pendek, periksa terlebih dahulu barang bawaan Anda,  jangan sampai barang yang Anda bawa tergolong ke dalam barang berbahaya. 

Cek nomor bangku sekaligus survei lokasi yang biasanya sudah bisa dilihat pada waktu h-1 pelaksanaan tes. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari keterlambatan karena tidak tahu lokasinya ada dimana. 

2. Pada Saat Ujian 

Pada saat ujian berlangsung, patuhi peraturan yang ada. Jika tidak boleh membunyikan handphone maka Anda harus mendiamkannya. Jangan kerjakan soal terlebih dahulu sebelum ada instruksi dari pengawas. Tetap di tempat sampai waktu ujian berakhir. 

3. Setelah Ujian 

Setelah ujian selesai, akhiri dengan cara yang baik pula. Jangan marah-marah jika tidak bisa mengerjakan soal dan jangan memprotes panitia. Tampilkan etika dan moral yang baik, jangan membuat keributan. Jika ada hal yang tidak beres, Anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwenang. 

Sekarang jika Anda sudah memahami metode penilaian SBMPTN 2020 saatnya menentukan strategi yang sebaik-baiknya. Karena menurut survey, 40% keberhasilan ditentukan dengan strategi dan sasaran yang tepat. Mulailah membuat planing dari sekarang, apa yang ingin Anda capai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close