SaintekSBMPTNSoshum

Khawatir tidak lolos SBMPTN ? Atasi Dengan Ini

Khawatir tidak lolos SBMPTN

“Ketetapannya adalah yang terbaik.” – Kita

Semua manusia pernah dalam posisi khawatir. Dalam berbagai topik dan kondisi mereka masing-masing. Rasa tersebut seringkali muncul begitu saja tanpa ada niatan pada awalnya. Keadaan yang belum pasti selalu membuat kita bisa berpikiran negatif. Mulai dari yang sederhana hingga yang bentuknya luar biasa.

Namun tak selamanya kekhawatiran itu buruk. Adakalanya dengan inilah kita dapat menyadari bahwa kita perlu memperbaiki diri. Khawatir akan membawa kita ke posisi yang mana membuat kita menemukan apa-apa yang kurang dari kita. Dari khawatir ini lah kita belajar meningkatkan kualitas diri.

Pada akhirnya khawatir terhadap suatu hal akan bermuara pada ketetapan-Nya. Bukankah kita sama-sama sepaham dengan hal itu ?. Dari-Nya semua kejadian ditetapkan, diputuskan dan terjadi. Dari-Nya juga kita akan belajar menerima dan mencari arti dari setiap kejadian. maka kita sepakat bahwa ketetapan-Nya adalah yang terbaik.


Halloo sobat-sobat edura !!! Gimana nih kabar kalian di masa-masa UTBK ini ? Pasti deg-degan gitu kan hehe. Yaiyalah kalau ga deg-degan kan malah bahaya guys. Tentu kalian juga lagi ngerasa ada rasa nano-nano juga di hati, dibilang bingung bukan, dibilang yakin ngga juga, dibilang takut juga bukan. Apa ya ? NAH mungkin itu arena kamu khawatir tidak lolos sbmptn guys.

Admin juga pernah ngerasain si di posisi itu kok guys. Ngga enak banget kan ya. Kaya ada aja yang dipikirin. Gimana kalau a ? Gimana kalau b ? Tapi bisa jga c ? Aduhhh gimana  ya ?

Maka dari itu sobat, admin yang pernah ngalamin jadi pengin nih sharing tentang hal yang sama. Apalagi kan ngajak kalian gitu biar bisa lebih kalem, selow kalau kata Wahyu kann ya, haha. Skuy aih langsung aja !

Khawatir tidak lolos SBMPTN ? Atasi Dengan Ini

 

picture by unsplash.com

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Terdengar klise ? Tunggu, lakuin aja dulu dan percayalah kalian bakal nemuin banyak sekali cara untuk mengatasi kekhawatiran kalian. Apalagi kan ya dalam kepercayaan yang kita anut pasti ada nasihat-nasihat yang bijak, yang bisa banget memengaruhi kita agar dapat menjaga kondisi hati. pasti ilang tuh rasa khawatir tidak lolos sbmptn nya.

Bukankah kita percaya bahwa Tuhan adalah yang paling berkuasa di alam semesta ini ?. Bukankah kita juga percaya bahwa apa yang ada pada kita, di bawah kita, kanan, kiri, atas kita, lingkungan kita, keluarga kita, teman kita, sekolah kita bahkan bumi, matahari, planet lain, sistem tata surya dan segala macam galaksi adalah milik Tuhan ? Maka mudah baginya untuk membuat sesuatu terjadi.

Apalah arti SBMPTN jika kita melibatkan Tuhan guys. Ada nilai-nilai lain yang ternya lebih besar. Bukan berarti SBMPTN ngga pentinng guys, hanya saja jika kita mau menghadapinya dengan teori ini maka tidaklah kita akan khawatir berlebihan.

picture by unsplash.com

 

Berpikir Positif

Guys, ini penting banget. Berpikir positif adalah cara yang sangat ampuh dalam mengatasi kekhawatiran. Dari mulai yang kecil hingga besar. Contohnya nih misal mau nembak gebetan *eh. hehe. Nah kalau kita berpikir positif, pasti bisa banget kita dalam menyampaikannya dengan baik, tapikalau khawatir ditolak, yah bisa gagap tuh ngomongnya, bahkan ga bakal diungkapin ehehe. Sorri nih mblo contohnya gini, maaf aja kalau kalian belum pernah ngrasin hahaa. Lha admin gimana ? Ngga usah dijawab lah ya

Sobat edura admin yang tercinta. Perna denger kalimat “you’re what you think, you’re what you believe” kan, nah sabi banget tuh diterapkan dalam kasus ini. Dengan hal itu bakal membuat kalian bisa lebih baik lagi dalam menyikapi apa-apa yang terjadi dalam hidup.

picture by unsplash.com

Datangi Orang yang Banyak Pengalaman

Guru terbaik adalah pengalaman.Kita sepakat kan ya sobat edura. Maka jika kita ingin menemukan solusi dari permasalah kita, carilah orang berpengalaman yang tak sungkan untuk berbagi dengan kita. Banyak pasti kok mereka yang sudah berpengalaman di sekitar. Tinggal kita mau aktif nyari dan bertanya atau engga.

Sudah pasti guys, biasanya si orang berpengalaman bakal seneng buat bantu gitu. Kalau misal perkaranya di kasus ini adalah SBMPTN, coba deh kalian hubungin kaka kelas kalian yang udah pada di kampus. Tanya-tanya mas/mba gimana si cara ngatasin kekhawatiran ? Apa si yang harus aku lakukan ? Kasih aku cerita yang memotivasi dong mas/mba.

Coba deh, ini ampuh banget. Apalagi guys, kalau kita dengar dari orang yang dekat dengan kita, biasanya akan lebih mudah untuk diterima sama diri kita.

picture by unsplash.com

Sibukkan Diri

Kenapa harus sibuk ? Guys, ini adalah cara ampuh untuk mengatasi kekhawatiran juga loh. Dengan sibuk kita akan membuat diri kita tidak punya waktu untuk berkhawatir. Ya walau seminim-minimnya sibuk main game, daripada khawatir kan ya hahaha. Tapi, ya kalau bisa si sibuk yang bermanfaat. Baca buku, bantu ibu, ngaji, nonton film dan hal-hal lainnya yang bermanfaat deh.

Apabila sibuk ini dimanfaatkan dengan baik guys, bahkan bisa buat kita nyiapin skill kita di udnia perkuliahan nanti loh. Inget guys, di perkuliahan bukan cuma tentang ipk-ipk aja, namun ada kegiatan-kegiatan yang banyak juga butuh soft skill. Nah soft skill ini ngga bisa tiba-tiba jadi, ada masa pembentukan yang butuh banget waktu. Proses yang lama inilah yang bisa kita taruh di momen kekhawatiran kita.


Hayoloo gimana ? Masih khawatir ? Engga kan hehe. Iyadah hadapi aja momen ini dengan percaya diri guys. Jangan khawatir tidak lolos sbmptn sobat, secara kan kalian orang-orang berkualitas yang pernah admin tahu. Kalian yang terbaik deh pokoknya hehe.

Semoga bermanfaat ya guys, selamat berjuang dan semangat !!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close