SBMPTN

9 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Hallo sahabat edura. SBMPTN sebentar lagi. Masih belum menentukkan jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan kuliah bukan perkara yang sederhana. Bisa dibilang, menentukan jurusan kuliah seperti menentukan nanti kedepannya akan memilih pekerjaan di bidang apa. Jadi menentukan jurusan kuliah akan mempengaruhi kehidupan yang akan kamu jalani kelak. Tapi bagaimana kalau masalahnya adalah kamu belum tahu jurusuan paling dibutuhkan didunia kerja?

Penjelasan Prospek Kerja dari Berbagai Jurusan

Berada di jurusan yang salah bisa membuatmu stres dalam menjalani kehidupan perkuliahan, jadi jangan sampai salah memilih Yuk, simak prospek kerja dan jurusan informasi ini!

Pertambangan dan Perminyakan

jurusuan paling dibutuhkan

Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan cukup besar.

Ilmu Komputer/Teknik Informatika/Teknologi Informasi

jurusuan paling dibutuhkan

Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

Imu Hukum/Hukum

jurusuan paling dibutuhkan

Mahasiswa ilmu hukum belajar dan berlatih untuk menjadi ahli hukum. Di prodi ini, mahasiswa akan mendalami ilmu hukum dari berbagai segi seperti pidana, perdata, ekonomi, tata usaha negara, internasional, adat, lingkungan, dan lain-lain. Mahasiswa juga dibekali filsafat hukum, etika profesi dan kriminologi. Selain belajar di ruang kelas, mahasiswa juga melaksanakan berbagai kegiatan praktik. Bahkan, ada kompetisi peradilan semu (mootcourt) yang dapat diikuti semua mahasiswa hukum.

Kenapa harus memilih jurusan hukum? Karena hampir setiap perusahaan besar membutuhkan seorang legal officer, dan di sinilah tempat lulusan hukum bekerja dan menjadi bagian dari segala urusan perusahaan pastinya yang berhubungan dengan hukum. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali perusahaan yang pasti membutukan ahli-ahli dalam bidang hukum di dalamnya. Jadi kamu tak perlu terlalu khawatir akan sulit mencari pekerjaan jika masuk hukum, karena terdapat banyak lapangan kerja di masa mendatang untuk kalian.

Ilmu Komunikasi

jurusuan paling dibutuhkan

Ini adalah prodi paling tepat bagi para pecinta komunikasi yang ingin bekerja dalam berbagai aspek media dalam masyarakat. Mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari perkembangan teori komunikasi dari masa ke masa dan pengaplikasiannya. Mereka juga belajar tentang pers, media massa, film, hubungan masyarakat, komunikasi antarlembaga, periklanan hingga manajemen komunikasi.

Selain di media massa, lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang baik di sektor negeri maupun swasta. Prospek kerjanya yang sangat menjanjikan membuat prodi ini sangat diminati siswa dari tahun ke tahun.

Akuntansi

jurusuan paling dibutuhkan

Meski terkesan rumit, prodi akuntansi selalu menjadi pilihan favorit siswa setiap tahun. Ilmu Akuntansi adalah cabang ilmu ekonomi yang mengkhususkan pembahasan tentang analisis dan komunikasi data-data ekonomis. Fokusnya adalah pada laporan keuangan. Di kampus, mahasiswa akan belajar tentang seluk beluk akuntansi, seperti akuntasi biaya, perpajakan, dan auditing. Ilmu lainnya yang dipelajari adalah manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, matematika bisnis, statistika, sistem administrasi, dan pemeriksaan akuntan.

Lulusannya bisa bekerja sebagai akunting di kantor ataupun membuka jasa Akuntan Publik yang akan berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan surat-surat keuangan dan juga pengurusan pengembalian pajak (tax returns). Bukan cuma ada divisi Finansial atau Akunting saja, Sarjana Ekonomi juga bahkan punya kesempatan untuk bisa bekerja di tim HRD.

Psikologi/Ilmu Psikologi (IPA/IPS)

jurusuan paling dibutuhkan

Seseorang yang suka memperhatikan tingkah laku orang lain bisa mendalami ilmunya di psikologi. Selain mempelajari teori psikologi dan mempraktikkannya, mahasiswa Psikologi juga harus mampu mengendalikan diri dan memegang teguh kode etik profesi.  Ada beberapa bidang utama dalam psikolog yang bisa dipilih yakni Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Pengembangan. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan tenaga di bidang ini, terutama perusahaan-perusahaan berskala besar. Gaji seorang lulusan ilmu psikologi juga besaran tinggi, ditambah lagi bisa membuka layanan konsultasi pribadi sendiri. Untuk menjadi psikolog, sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2.

Pendidikan Dokter

jurusuan paling dibutuhkan

Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja membutuhkan 2000 perawat dari Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi Spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis.

Desain Komunikasi Visual (DKV),

jurusuan paling dibutuhkan

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Diantara prospek kerjanya ialah; desainer grafis, ilustrator, fotografer, animatorweb designer, Biro Konsultan Desain, Stasiun TV, Publik relation.

Desain Produk/Desain Interior

jurusuan paling dibutuhkan

Desain produk merupakan program studi yang mempelajari pembuatan “produk” bagi kebutuhan manusia secara inovatif. Program studi ini memfasilitasi teman-teman untuk membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan ekonomis.

Desain Interior menekankan pada mahasiswa dan calon mahasiswanya untuk dapat berpikir cepat, kritis, akurat dan yang paling utama adalah kreatif. Di Program Studi Desain Interior teman-teman akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan.

Prospek Kerja : Industrial designer, Industrial design entrepreneur,   Industrial design researcher, Interior designer, Architecture and interior design consultant, Contractor dsb

Penutup

Sebenarnya setiap Jurusan memiliki prospek kerja yang tinggi namun admin memberikan penjelasan sesuai dengan kepopuleran dari Profesi bekerja. Sekian Penjelasan Jurusan dan Prospek kerjanya. Jangan lupa juga latihan soalnya ya disini Semoga bermanfaat bagi sahabat edu. Sahabat Edu juga dapat mengajukan pertanyaan ataupun request penjelasan setiap Jurusan  kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami. Silakan klik tautan disini untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi pendidikan.

Sekian dari admin, Terimakasih sudah membacanya. Jangan lupa bahagia 🙂

Tags

Related Articles

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Ini Dia Jurusan Kuliah Untuk Kamu Introvert & Extrovert! - Edura Indonesia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] tentang jurusan kuliah tentu tidak jauh dengan yang namanya kepribadian. Faktor kepribadian seseorang merupakan salah satu […]

Close