SBMPTNSNMPTN

Info SBMPTN 2019 Paling Lengkap

Kira-kira apa sih rencana Anda setelah lulus sekolah? Mau bekerja? Atau mengejar cita-cita dengan cara berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri favorit? Jika Anda bercita-cita untuk masuk PTN. Ada salah satu jalur masuk yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa, yaitu SBMPTN. Berikut ini ada info SBMPTN 2019 paling lengkap untuk Anda.

Apa yang Baru dari SBMPTN 2019 

Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Bapak Muhammad Nashir menyebutkan bahwa pada tes seleksi masuk tahun 2019 ada perbedaan dibanding dengan seleksi sebelumnya. Apa saja perbedaannya?

1. Tes Dulu Baru Daftar 

Bagaimanakah maksudnya? Jadi begini, kalau sistem SBMPTN pada Tahun 2018 menyelenggarakan pendaftaran kemudian melaksanakan tes. Namun sekarang berbalik, tes terlebih dahulu dengan menggunakan basis komputer. Kemudian nilai yang sudah didapatkan baru bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN. 

Hal ini berkaitan dengan salah satu tujuan pemerintah Indonesia yaitu pembangunan SDM. Untuk membangun SDM yang mumpuni, juga diperlukan seleksi yang lebih ketat dibanding sebelumnya. Mengambil para kandidat terbaik dari seluruh pelosok negeri. 

2. Berdirinya Lembaga LTPMT 

Yaitu berdirinya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang berfungsi untuk menyelenggarakan UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Juga untuk mengolah data untuk calon mahasiswa dan kemudian diseleksi oleh Rektor PTN yang bersangkutan, baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN. 

3. Menyelenggarakan 24 Kali UTBK 

UTBK yang dilaksanakan sebelum peserta mendaftar SBMPTN dilaksanakan pemerintah sebanyak 24 kali. Pada Hari Sabtu dan Minggu, selama 12 hari. Gelombang 1 dilaksanakan pada Tanggal 13 April-04 Mei 2019 pada pukul 08.00-13.00 WIB. 

Sedangkan gelombang 2 dilaksanakan pada Tanggal 16 Mei-26 Mei 2019 pada pukul 08.00-13.00 WIB. Sekedar catatan, untuk peserta tuna netra pada gelombang 1 dilaksanakan pada pukul 07.30-11.45 WIB pada Tanggal 04 Mei 2019. Sedangkan untuk peserta tuna netra pada gelombang 2 dilaksanakan pada Tanggal 25 Mei 2019 pukul 07.30-11.45.

4. Peserta Boleh Melaksanakan 2 Kali Tes 

Yang baru dari SBMPTN 2019 adalah peserta boleh melaksanakan dua kali tes. Setiap tes dikenakan biaya Rp. 200.000 pada setiap tes. Peserta bisa menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar SBMPTN 2019. 

Tenang saja, jenis soalnya sama kok hanya saja pertanyaannya yang berbeda. Tujuannya untuk menjaring SDM yang berkualitas dan mampu bersaing dalam era digital. 

5. Satu Model Tes 

Mulai pada Tahun 2019, model tes hanya ada satu yaitu Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk ujian manualnya sudah ditiadakan. Sedangkan untuk sistem Android masih terus dilaksanakan pengkajian secara lebih mendalam. Semakin canggih dan efektif kan?

 6. Ada 2 Jenis Materi Tes 

Hanya akan ada dua jenis tes yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Untuk Tes Kompetensi Akademik tetap akan menyesuaikan pilihan ujian soshum atau saintek. 

Pembaruan yang dilakukan tak lain untuk menyediakan kebutuhan SDM yang semakin kompeten, berdaya saing baik dalam maupun luar negeri. Juga sebagai pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Info SBMPTN 2019 Paling Lengkap 

Antusias calon mahasiswa kian tahun kian meningkat. Tak tanggung-tanggung banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti les yang diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar tes SBMPTN. Bahkan ada yang rela belajar siang dan malam demi lolos tes ini. 

Namun, semua itu akan menjadi sia-sia jika Anda tidak update dengan info terbaru SBMPTN. Jangan sampai, karena ketinggalan info Anda gagal untuk mengikuti tes ini. Oleh karena itu, simak terus perkembangannya. 

1. Tentang Pelaksanaan UTBK 

Sebelumnya memang sudah dijelaskan bahwa akan ada UTBK terlebih dahulu sebelum tes SBMPTN. Syarat untuk mendaftar UTBK adalah siswa SMA/MA/SMK atau paket C  yang lulus pada Tahun 2019. 

Kedua adalah siswa SMA/MA/SMK atau paket C yang lulus pada Tahun 2017 dan 2018. Semuanya berkewajiban membayar uang sebesar Rp. 200.000 untuk satu kali tes. 

2. Tentang Sistem Pembayaran 

Pembayarannya, bisa dilakukan melalui bank yang bekerjasama dengan tim LTPMT. Yaitu bank BNI, BTN atau Mandiri. Sedangkan untuk calon pendaftar yang terdaftar di bidikmisi maka tidak perlu membayar lagi. Semuanya gratis, biaya yang sudah disetorkan tidak boleh ditarik kembali. 

3. Tentang Materi Tes 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa akan ada dua jenis tes yaitu TPS yang digunakan untuk mengukur kemampuan umum dan kemampuan penalaran. Sedangkan untuk TKA digunakan untuk mengukur pemahaman keilmuan atau potensi akademik yang berkaitan langsung dengan mata pelajaran di Sekolah. 

4. Tentang Pengumuman UTBK 

Perlu Anda ketahui bahwa peserta yang mendaftar pada gelombang 2 hanya bisa mengikuti satu kali tes. Berbeda dengan gelombang 1 yang bisa mengikuti tes dua kali. Jadi untuk antisipasi lakukan pendaftaran pada gelombang 1 dan melaksanakan tes selanjutnya pada gelombang kedua. 

Hasil UTBK akan diumumkan selambat-lambatnya 10 hari dari waktu peserta melakukan tes. Cukup cepat kan? Untuk kelompok soshum yang diujikan adalah mata pelajaran geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi dan matematika soshum). 

Sedangkan untuk kelompok saintek yang diujikan adalah fisika, kimia, biologi dan matematika saintek. Persiapkan sedini mungkin ya, agar lolos tes UTBK. 

Tips Lancar SBMPTN 2019 

Agar lancar SBMPTN, Anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini : 

1. Perhatikan Ketentuan Pengerjaan SBMPTN 

Pertama Anda harus memperhatikan ketentuan pengerjaan SBMPTN. Jangan sampai ketika di tempat nanti, Anda salah membaca ketentuan sehingga berdampak pada hasil ujian. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi kan? 

2. Hati-Hati Terhadap Penipuan yang Mengatasnamakan LTPMT

LTPMT tidak bekerjasama dengan lembaga manapun. Jadi jangan percaya jika ada pihak yang menyuruh Anda melakukan pendaftaran di luar waktu yang sudah ditentukan. Atau bersedia untuk membantu kelulusan Anda. Hal ini sama sekali tidak dibenarkan. 

3. Ketentuan Bagi Peserta Bidikmisi 

Bagi para peserta bidikmisi, ada ketentuan lebih lengkap yang harus dipelajari lebih lanjut. Karena jalur bidikmisi bisa dibilang sedikit berbeda dengan jalur pendaftar reguler. 

4. Mempelajari Informasi dari Sumber yang Terpercaya 

Jika ada yang ditanyakan atau yang tidak dimengerti oleh Anda, humas SBMPTN sudah menyediakan helpdesk untuk mendapatkan informasi secara akurat dan tepat. Jadi Anda tidak perlu kebingungan lagi. 

5. Melihat Informasi Daya Tampung, dan Program Studi 

Terakhir, salah satu tips untuk lolos tes ini adalah Anda harus mengerti berapa daya tampung yang ada. Sehingga, Anda bis menentukan strategi program studi apa yang Anda minati tapi daya tampungnya masih sedikit. Hal ini juga perlu Anda pertimbangkan untuk mengukur sejauh mana peluang Anda bisa diterima. 

Dari beberapa info SBMPTN 2019 di atas, sudah berapa jauh persiapan yang Anda lakukan? Sudah siapkah untuk mengikuti kompetisi ini dan bersaing dengan para pendaftar yang kualitasnya juga tidak bisa dianggap remeh. Tetap terus belajar dan jangan lupa untuk berdo’a.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close