SaintekSBMPTNSoshum

Grogi Saat Tes UTBK SBMPTN ?? Pelajari Tips Ini

Grogi Saat tes UTBK ?? 

“Semalam kita sudah puas bermimpi, sekarang wujudkan mimpi itu.” – Unknown

Semua orang pasti mempunyai mimpi mereka. Iya, bukan hanya tentang mimpi yang ada dalam tidur kita, namun mimpi yang kemudian hadir sebagai cita-cita dan tujuan hidup. Sayangnya kebanyakan orang hanya berhenti sampai memilih mimpi-mimpi mereka, padahal seharusnya mereka tidak berhenti di situ.

Semua orang bisa bermimpi, namun tidak semua orang bisa mewujudkannya. Tahukah kalian siapa yang bisa mewujudkan mimpi-mimpinya ? Selaras dengan quotes di awal artikel, mimpi hanya bisa diwujudkan oleh beberapa orang yang mau berusaha lebih. Tentu berdoa lebih pula.

Kebanyakan individu mau bermimpi namun tak berusaha mewujudkannya. Lucunya, seringkali manusia yang tidak mau berusaha itu malah menyalahkan pihak-pihak lain. Padahal segala kesalahan ada pada dirinya sendiri.


Halloooo sobat-sobat edura !!!! Kembali lagi nih ketemu sama admin yang baik hati, rajin, suka menabung. dan tidak sombonggg. Yeaayyy !!! Hehehe.

Gimana ni kabar kalian ? Baik-baik aja kan ? Iyalah pasti baik kok, orang-orang macam sobat edura memang mantap. Terus gimana nih kabar utbk atau SBMPTN kalian ?? Admin denger udah pada keluar juga yah hasilnya. Gimanaa hasilnyaa ?? Memuaskan pasti, share ceritanya ke admin dong hehe.

Btw guys, udah pada tahu belum sih artikel ini mau bahas apa ? Hayolo tebak. Yang bener berarti ngga salah hehe..Pasti pada bisa si. Yakali ga baca judulnya hahaha.

Bener banget guys, kali ini admin akan memberi kalian tips-tips agar tidak lagi grogi saat tes utbk SBMPTN. Secara kan yah ini ujian yang menentukan buat masa depan kita hehe. Tapi tenang, dengan tips-tips dari admin, kalian pasti bisa mengatasinya hehe.

Yuk ah langsung aja !

Tips Hilangkan Grogi Saat Tes UTBK SBMPTN

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Berdoa

Yah, ini lagi ini lai tipsnya. Ngga ada yang lain?? Loh loh loh, tunggu dulu guys. Tips yang satu ini adalah tips paling ampuh dalam setiap keadaan. Sebab kita yang notabene hanya manusia biasa yang tidak punya kuasa apa-apa, sudah sepatutnya kita memohon bantuan pada Tuhan.

Tahu persis kan bahwa apa yanga ada di bumi, langit dan seisinya itu ciptaan Tuhan, Tuhan yang mengaturnya dan Kuasa Tuhan juga yang bisa merubahnya.

Nah, selama kita masih seorang hamba (ya akan selalu jadi hamba si, hehe) selama itu juga kita harus mau mencari dan memohon bantuan kita. Caranya ? Ya berdoa ini.

Jangan sampai kita jadi sombong dan tinggi hati hanya karena beberapa ilmu yang Tuhan titipkan sama kita ya guys. Tetap rendah hati, tahu diri, dan jaga Tuhan selalu di Hati yaaa !

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Persiapkan Diri dengan Baik

Sering sekali admin dapat curhatan dari teman-teman admin, mereka mengaku menyesal bahwa sebelum ujian SBMPTN merek masih kurang memersiapkan diri.

Terlalu banyak main, menyepelekan bahkan terlalu sombong dengan apa yang ada pada dirinya merupakan alasan utama mereka tidak mau perduli dengan persiapan diri. Padahal guys, memersiapkan diri itu penting. PENTING BANGET.

Lebih dari 80 % guys (ini angka kira-kira aja hehe) teman-teman admin yang ikut SBMPTN dan lolos adalah yang benar-bbenar menyiapkan diri. Ada yang ikut les, belajar bareng teman, begadang demi menguasai materi, beli buku dimana-mana dan masih banyak lagi.

Nah apa sih hubungannya persiapan diri dengan mengatasi grogi ? Jadi guys, orang-orang yang yakin sudah siap, akan membuat dirinya bisa menjalani ujian dengan tenang. Kenapa ? Ya karena mereka tahu bahwa mereka sudah siap. Apalagi yang benar-benar belajar, beuh gampang tuh pasti ngatasin groginya.

Makannyaa guys, dari sekarang terus persiapkan diri ya.

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Belajar Rileks

Belajar materi sudah, lalu bagaimana dengan mentalnya ? Hehe. Tak jarang guys, ada juga loh yang curhat sama admin “Ihh tadi tuh grogi banget akuuu, padahal udah belajar totalitas banget.” gitu-gitu guys.

Admin pikir dan evaluasi sih mereka hanya mentok di belajar materi, belum belajar mengontrol diri. Kontrol diri merupakan hal penting nih guys buat diperhatikan. Dengan kontrol diri kita bisa jadi sepenuhnya kenal sama diri kita. Apa yang biasanya kita takutkan, pikirkan,atau kahwatirkan dengan kontrol diri kita bisa jadi menguasainya.

BTW guys, kontrol diri itu tidak semudah yang dibayangkan juga lohhh. Ada banyak aspek yang biasanya dalam teori kita kuasai tapi pas praktek susah juga. Susah banget malah hehehe. Apalagi ya guys, kita-kita ini kan masih muda makannya mentalnya belum stabil bener. (iya admin muda kok, sumpahh ih kalian mah suka gitu hmm)

Intinya guys, kontrol diri akan membuat kita rileks dalam menghadapi ujian sbmptn itu. Kalau kata lagu yang beberapa waktu lalu trend youtube sih gini

“Karena ku selow, sungguh selow, sangat selow, tetap selow, santaiii, santaaiii ujianku pasti bisaaa, lulusnyaaaa.”

Hahahha, sa ae admin. Intinya guys, RILEKS kek yoga haha. Tapi jangan sampai gegara nyaman jadi ketiduran loh ya, ga luucu juga hehe.

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Fokus

Ketika UTBK datang, kita akan ditempatkan di ruang ujian yang bukan kita pengaturnya. Iya kita bisa mengatur tempatnya tapi kan bukan ruangannya, apalagi tempat duduknya. Sering ga guys kalian dengar istilah “poisisi menentukan prestasi” nahhh ini nih penting hehe.

Kenapa admin bahas itu ? WAIT GUYS, admin bukan lagi mbahas posisi buat nyontek loh ya, ini tuh cara jujur hmm. Maksud admin tentang posisi adalah karena posisi bisa mempengaruhi tingkat fokus kita dalam mengatasi grogi saat tes utbk.

Coba kalau teman-teman ada yang duduk di depan pengawas persis ? Beda ngga sama yang duduk di pojok paling belakang ? Pasti beda. Admin ngga bilang ini lebih bagus yang di depan atau belakang ya guys, tapi mana yang paling cocok sama kalian.

Seperti yang kita tahu bahwa kita sebagai peserta tidak memiliki hak untuk mengatur posisi, tapi kita bisa mengatur hati. Caranya ya dengan fokus.

Guys apapun yang terjadi, dan dimanapun kalian duduk nanti, usahakan selalu fokus sama ujiannya ya. Fokus aja sama soal dan cara penyelesaianya, jika ada suara-suara mengganggu abaikan ya. Tapi biasanya sih bukan suara, melainkan cowo ganteng atau cewe cantik yang bisa dipandang hahaha.

Aduh duh, jangan deh ya. Nanti lagi aja tuh kalau masalah cewe atau cowo. Beneran guys fokus akan membuat kalian bisa mengatasi grogi saat tes utbk.


Nah nah nah, begitu tuh guys tips-tips dari admin. Bermanfaat ngga guys ?Banget kan ya hehehehe pede nih haha. Makannya share juga dong ke teman-teman kalian. Ajakin juga buat mampir ke sini ya. Biar ga ada lagi nih yang grogi saat tes utbk nanti. atau sekarang hehe.

Buat kalian yang lagi berjuang menghadapi tesnya, selamat berjuang yaaa. Doa terbaik dari admin untuk kelancaran dan kelulusannya. Semangaatttt !!!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close