KampusSaintekSBMPTNSoshum

Fakta SBMPTN 2019 : Mengetahui Program Studi, Memilih Jurusan, dan Sistem Tes

Hallo sahabat Edura! Kali ini admin akan membahas Fakta SBMPTN 2019, agar kalian se langkah lebih tahu dibanding yang lain dan agar kalian tidak menyesal karena telah menganggap remeh SBMPTN.

Fakta SBMPTN

Setiap tahun pasti terdapat kesulitan masing-masing, entah itu dari jenis soal atau dari sistematis penilaian. Nah setiap tahunnya pemerintah lewat KEMENRISTEKDIKTI selaku penyelenggara SBMPTN ini, terus berbenah dan melakukan evaluasi, agar mendapatkan mahasiswa yang tentunya berkualitas. Apa saja sih fakta SBMPTN 2019 yang membedakan dengan tahun sebelumnya? mari simak penjelasan berikut :

Mengetahui Kelompok Program Studi

  • Share
  • Tweet
  • Pin

 

Mungkin kalian masih ada yang bingung bagaimana sistem tes tahun ini, berikut informasi resmi dari SBMPTN 2019 agar kalian mendapat gambaran dan tidak ragu untuk mengikuti SBMPTN ini. Berikut kelompok program studi di SBMPTN 2019 :

  1. Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    • Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  5. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat disini

Setelah kalian melihat, apakah Jurusan yang kamu inginkan ada di rumpun Saintek atau Soshum? Masih bingung menentukan jurusan? Mari liat tips dari admin

Memilih Jurusan

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Memilih jurusan mungkin hal yang sulit bagi beberapa orang. Tidak ingin salah pilih, apalagi nanti sudah masuk menyerah karena tidak suka dengan pelajarannya. Untuk mencegah hal tersebut, admin berikan saran untuk mencari informasi dan referensi. Bisa dari Internet atau kalian sering-sering mengunjungi guru BK (Bimbingan Konseling) karena menurut admin saran orang lain itu perlu agar membuat kita lebih yakin bahkan kalian bisa mencari informasi dari alumni loh! jadi jangan di sia-siakan apabila ada alumni yang sosialisasi tentang Universitas dan Fakultasnya ya teman-teman!

Sistem Tes

  • Share
  • Tweet
  • Pin

Untuk tahun iniUjian tulis berbasis cetak (UTBC) resmi dihapuskan, hanya akan ada satu metode tes yaitu Ujian tulis berbasis koputer (UTBK) test di lakukan 24 kali, dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu dari tanggal 13 April-26 Mei 2019. Hanya diberi kesempatan 2 kali tes dengan ketentuan kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau kelompok Soshum dua kali dengan membayar 1 kali tes sebesar Rp 200.000 (kecuali bidikmisi Gratis).

Tetapi admin sarankan untuk tidak memilih program studi Campuran ( Saintek dan Soshum) Karena apabila kalian mengikuti 2 tes tersebut kalian tidak bisa membandingkan nilai kalian. Jika kalian memilih Saintek atau Soshum saja kalian dapat membandingkan nilai dan tentunya kesulitan soal di test 1 dan memperbaiki di test 2, dan nilai terbesar yang akan di ambil. Namun, apabila kalian sudah siap dengan tes campuran dan telah belajar sungguh-sungguh maka masih banyak peluang kalian untuk diterima.

Pendaftaran

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Fakta SBMPTN 2019. Masih banyak pembahasan tentang Fakta SBMPTN 2019 jadi terus pantengin ya! Untuk konsultasi mengenai kuliah atau lebih spesifiknya SBMPTN ini, Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kami untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close