SBMPTN

5 Tips Jitu untuk Lolos SBMPTN 2019

Pada SBMPTN 2018 yang lalu, dari 860.001 pendaftar, yang dinyatakan lulus sebayak 165.831 peserta. Artinya persentase peserta yang lulus terhadap jumlah pendaftar hanya sekitar 19,28%. Itu pun merupakan nilai rata-rata. Persentase ini dapat bernilai lebih kecil lagi terutama untuk prodi dan PTN favorit

Dengan persaingan yang superketat dalam SBMPTN, memenangkan persaingan diperlukan kerja keras, konsistensi dan strategi yang tepat, karena tanpa ini semua , bukan kesuksesan yang didapatkan tapi dapat dipastikan kegagalan. Untuk mau bekerja keras mengejar apa yang ingin dicapai, Kamu mesti punya kiatnya :

5 Jurus Jitu untuk Lolos SBMPTN 2019

Berikut ini admin akan berbagi 5 jurus jitu untuk lolos sbmptn 2019 nih. Simak berikut ini ya

Kenali Dirimu Sendiri

tips jitu lolos sbmptn
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Seorang jendral militer dan ahli strategi perang Cina kuno Sun Tzu, menuliskan bagaimana memenangkan peperangannya, “Kenali musuhmu dan dirimu sendiri, dan dalam ratusan peperangan Kamu tidak terkalahkan; kalau Kamu hanya mengenali diri sendiri tanpa mengenal musuh, kemungkinan kalah dan menang seimbang; kalau Kamu tidka mengenal musuh dan juga diri sendiri, Kamu bisa pastikan kalah”. Kamu bisa mengnal diri sendiri dengan cara intropeksi kelebihan dan kekurangan Kamu. Kamu bisa melakukan Psikotest untuk bakat,minat, termasuk kepribadian Kamu. Untuk mengetahui kemampuan akademik, ikuti setiap try-out yang ada sehingga Kamu mengetahui pasti nailaimu yang nantinya digunakan untuk berkonsultasi dalam pemilihan program studi. Untuk membuat semakin yakinnya keputusan tersebut, mintalah dukungan dari orang tuamu, saudara, dan teman dekat/spesial. Terlebih dengan ortu yang akan membiayai Kamu selama kuliah di PTN.

Membuat target

tips jitu lolos sbmptn
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Diantara Kamu ketika ditanya:” Mau milih jurusan apa ntar?’ Umumnya banyak yang menjawab ” masih bingung “. Padahal waktu persiapan SBMPTN semakin mepet, menetapkan jurusan tertentu merupakan keharusan. Oleh karena itu buatlah target dengan membuat keputusan memilih jurusan di PTN sejak dini.

Dengan beban materi yang seabreg dan minimnya waktu, maka dalam proses belajar perlu strategi yang tepat. Banyak diantara kamu bila mengerjakan soal berharap punya cara jitu cepat ( the fastest solustion) . Padahal cara tersebut banyak yang menyesatkan, dan sering terjadi cara tersebut hanya untuk satu jenis soal saja, sehingga ketika Kamu ditemukan dengan soal yang berbeda Kamu akan kesulitan. Mulailah dari sekarang,belajarlah konsep dan perkuat kuda-kuda sehingga Kamu akan siap menghadapi berbagai tipe soal dan seleksi PTN apapun.

Kuasailah kisi-kisi SBMPTN tahun sebelumnya dengan mentargetkan beberapa soal yang akan dikerjakan pada saat seleksi PTN nanti. Hal ini penting untuk menambah semangat belajar

Menjaga kesehatan

tips jitu lolos sbmptn
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Menjaga kesehatan merupakan syarat mutlak memenangkan persaingan. Caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolah raga ringan.

Sebuah penelitian di Kanada yang melibatkan 500 siswa, mempunyai fakta menarik, yakni siswa yang berolah raga setiap harinya mampu mengerjakan ujian lebih baik dari pada siswa yang kurang aktif berolah raga. Penelitian lain oleh Duo Michaud & Wild di Scripps College, Claremount, California, murid yang berolah raga selama 75 menit seminggu bisa beraksi lebih cepat, berpikir lebih baik, dan mengingat lebih cermat.

Kuasai Materi SBMPTN

tips jitu lolos sbmptn
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Tidak ada kesuksesan yang dibangun dengan simsalabim . Semua orang sukses didunia ini selsalu melalui proses yang panjang dan melelahkan. Contohnya bagaimana  Thomas Alafa Edison  dapat menemukan listrik setelah ribuan kali percobaan. Chung Ju-Yung  dengan perusahaan raksasa Hyundai-nya dikerjakan dengan sangat keras. Bill Gates, manusia terkaya di planet bumi setelah bertahun tahun membangun perusahaan Microsoft-nya sehingga menguasai software di seluruh dunia. Demikian halnya orang-orang yang sekarang sudah sukses masuk PTN melalui proses belajar sangat keras. Ya, berarti kunci sukses masuk PTN melalui proses belajar.

Jangan Lupa Berdoa

tips jitu lolos sbmptn
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Tidak jarang peserta seleksi PTN yang telah menguasai materi pelajaran dan tahu hal-hal teknis tentang seleksi PTN menjadi gagal karena tidak adanya kesiapan mental pada diri peserta tersebut. Alasannya klasik, seperti merasa belum menyuasai materi yang diseleksikan, takut berbuat kesalahan, dan masih banyak lagi alasan yang digunakan.

Berusahalah meniru sikap sukses di dunia seperti halnya Michael Jordan. Pebasket legendaris dari AS tersebut setiap harinya berlatih dan ketika bertanding berkonsentrasi dengan apa yang dia lakukan ketika berlatih. Jordan tidak peduli bagaiman ribuan bahkan jutaan mata melihatnya memasukkan bola basket ke keranjang.

Penutup

Demikian halnya ketika Kamu mempersiapkan diri untuk SBMPTN . jangan lagi berpikir tentang hasil. Serahkan semuanya pada Allah SWT . Yang terpenting buat Kamu adalah berusaha maksimal agar mendapatkan hasil yang terbaik. Lebih perbanyak lagi berdoa pada Allah SWT, agar dipermudah ketika mengerjakan soal SBMPTN. Kuncinya JANGAN STRESS, Karena stress akan menurunkan kemampuan otak. Usahakan setenang mungkin sehingga Kamu dapat mempersiapkan Seleksi PTN secara optimal.

Sekian dari admin,  Semoga bermanfaat, Terima Kasih sudah membacanya.

Tags

Related Articles

Pin It on Pinterest

Share This
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker