SBMPTN

5 Pertimbangan yang Harus diperhatikan Sebelum Mengikuti SBMPTN

Hai sobat Edura!
Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat dan berkah-Nya selalu bersama kita semua, khususnya untuk sobat yang sedang berjuang untuk mendapatkan satu kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang teman-teman impikan dengan berbagai cara yang baik. Jadi simak dulu yu sebelum mengikuti SBMPTN.

5 Pertimbangan yang Harus diperhatikan Sebelum Mengikuti SBMPTN

Kali ini, kami akan kembali memberikan informasi untuk sobat semua seputar SBMPTN. Sebelum mengikuti SBMPTN, kita harus mempersiapkan diri, entah fisik, mental, dan pikiran. Selain itu, ada persiapan lain yang sobat mungkin suka abaikan, yakni pertimbangan.

Maksudnya pertimbangan itu apa sih?
Sesuai dengan judul, kali ini kami akan berbagi informasi kepada sobat semua tentang 5 pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum mengikuti SBMPTN, adalah:

Sesuai dengan Potensi dan Keinginan

sebelum mengikuti sbmptn

Ketika kita memilih PTN dan jurusan, sesuaikan dengan potensi yang kita miliki dan keinginan diri kita, bukan dipaksa oleh orangtua ataupun sekedar ikut-ikutan teman atau pacar. Kembangkanlah pengetahuan yang kita miliki dengan memilih jurusan yang tepat.

Orangtua Mengizinkan dan Memberikan Restu

sebelum mengikuti sbmptn

Banyak dari kita yang suka memenangkan nafsu kita dan tidak memperhatikan izin dan restu dari orangtua. Restu dari orangtua adalah hal yang paling penting, karena dengan restu orangtua kita dapat menghadapi segala rintangan yang sulit ketika mengikuti SBMPTN.

Mengetahui Peluang dan Kapasitas yang Tersedia

 

sebelum mengikuti sbmptn

Setelah kamu memilih jurusan berdasarkan potensi dan kemudian, juga mendapatkan izin dan restu dari orangtua, ketahuilah peluang dan kapasitas yang tersedia pada jurusan yang kamu inginkan di Perguruan Tinggi Negeri idaman. Peluang dan kapasitas bisa diketahui dan didapatkan dari Guru BK, tempat bimbel, dan website resmi universitas.

Konsultasikan Jurusan dan Universitas

sebelum mengikuti sbmptn

Ketika kita sudah menentukan jurusan dan universitas yang akan kita cantumkan pada SBMPTN, untuk mendapat hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan adalah konsultasikan hal ini kepada Guru BK di sekolah. Bila mengikuti bimbingan belajar, dapat dikonsultasikan pada tenaga pengajar di tempat bimbel.

Bersyukur dan Jalani dengan Penuh Tanggung Jawab

sebelum mengikuti sbmptn

Setelah kita yakin dan memutuskan pilihan jurusan dan universitas pada pendaftaran SBMPTN dan kamu dinyatakan lulus, hal utama yang harus dilakukan adalah bersyukur. Lalu, jalani apa yang telah kamu perjuangkan dengan penuh tanggung jawab, keikhlasan, dan kebahagiaan. Ingat, untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan persaingan yang sengit. Jangan sia-siakan peluang yang telah kamu dapatkan.


Penutup

Inilah sobat yang harus dipertimbangkan sebelum mengikuti SBMPTN. Untuk tercapainya sebuah kesuksesan dan mimpi besar ini, maka jangan lupa iringi dengan usaha dan berdo’a. Tuhan akan memberikan kemudahan dengan cara-Nya. Tinggal kita taat dan melaksanakan apa yang telah diperintahkan dan telah ditetapkan oleh-Nya.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat yah. Bagi sobat yang ingin bertanya seputar artikel ini ataupun tentang dunia pendidikan, bisa langsung hubungi kami dengan cara komentar atau dengan kontak kami disini.

Jangan lupa untuk ikuti akun sosial media kami dan aktifkan notifikasi website ini, agar mendapatkan informasi terbaru yang kami publish.

Terima kasih.

Tags

Related Articles

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2019 - Edura Indonesia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] khususnya untuk sobat yang sedang berjuang untuk mendapatkan satu kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang teman-teman impikan dengan berbagai cara yang baik. Kali ini admin ingin membagikan Panduan […]

Close