SBMPTN

10+ Tips Belajar Untuk SBMPTN 2020

Kuliah di salah satu perguruan tinggi merupakan impian semua orang, untuk menempuh pendidikan ini Kamu harus mengikuti tes-tes yang disediakan oleh kampus yang Kamu tuju. Salah satu jenis tes yang bisa Kamu ikuti yaitu SBMPTN. Pada tahap ini tentunya akan disediakan soal-soal yang akan membuat Kamu cukup pusing oleh karena itu Kamu harus mempunyai tips belajar untuk SBMPTN ini.

Selain itu, kesehatan yang baik juga dibutuhkan agar bisa menjawab soal dengan baik. Pentingnya tips  belajar ini yaitu agar Kamu lebih siap dan matang untuk mengikuti tes SBMPTN. Karena, yang mengikuti tes ini tidak hanya Kamu sendiri tetapi Kamu juga akan bersaing dengan ribuan orang lainnya yang tentunya sudah mempunyai strategi sendiri untuk menghadapi ujian ini.

Beberapa Tips Belajar untuk SBMPTN

1. Kerjakanlah soal SBMPTN tahun sebelumnya

Hal pertama yang harus Kamu lakukan ketika ingin belajar untuk mengikuti tes SBMPTN yaitu mengerjakan soal-soal pada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena, ketika Kamu sudah mencoba mengerjakan soal pada tahun sebelumnya maka Kamu akan mengetahui tingkat kesulitan dalam tes SBMPTN. Selain itu, juga dapat mengetahui tingkah kesiapan diri Kamu.

Kamu tidak perlu khawatir dimana bisa menemukan soal-soal SBMPTN karena di google sudah tersedia banyak sekali contoh-contoh soal SBMPTN. Jadi, Kamu hanya membutuhkan paket internet untuk mendapatkan soal tersebut. Pastikan Kamu benar-benar mengerjakan soal tersebut sesuai dengan kemampuan agar Kamu bisa mengetahui sebatas mana kesiapan yang Kamu miliki.

2. Mengevaluasi kesiapan

Evaluasi kesiapan ini dapat Kamu lakukan dengan cara mengerjakan soal-soal SBMPTN sebelumnya. Pentingnya evaluasi kesiapan ini yaitu agar Kamu bisa mengetahui sebatas mana kemampuan yang dimiliki dan sebatas mana pula Kamu harus menambah materi-materi lain.

Jika Kamu sudah melakukan evaluasi kesiapan ini maka Kamu akan menemukan materi mana yang masih belum cukup Kamu pahami. Dan hal ini bisa kamu siasati dengan belajar lebih mendalam dan tekun lagi terhadap materi tersebut. Materi yang sudah benar-benar Kamu pahami tidak perlu lagi menjadi fokus dalam belajar. Akan tetapi, Kamu juga harus tetap mengulangi materi tersebut.

3. Mengelaborasi materi

Setelah Kamu melakukan evaluasi kesiapan maka hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu elaborasi lah seluruh bahan materi SBMPTN. Kupas tuntas lah materi apa saja yang muncul ketika tes SBMPTN agar Kamu mengetahui berapa banyak sebenarnya materi dari setiap mata pelajaran yang timbul ketika Kamu melakukan tes SBMPTN.

Pelajarilah seluruh materi yang ada untuk tes SBMPTN mulai dari dasar teorinya hingga konsep-konsep dari setiap mata pelajaran. Hal ini juga akan membuat Kamu lebih paham apakah benar tes SBMPTN itu mencakup seluruh materi dari Kamu kelas satu SMA hingga kelas 3, atau mungkin ada juga beberapa materi yang dikurangi ketika SBMPTN.

4. Membuat jadwal review materi

Selanjutnya buatlah jadwal review semua materi yang akan masuk ke dalam ujian. Tujuan dibuatnya jadwal ini agar Kamu mempunyai pemetaan waktu hingga hari H ini artinya agar Kamu mempunyai gambaran untuk setiap harinya dan mengetahui sisa waktu yang tersisa. Tujuan selanjutnya yaitu agar Kamu mempunyai patokan untuk mengalokasikan seluruh materi yang harus Kamu review.

Selain itu, dengan adanya jadwal ini juga dapat menjadi sebuah alarm agar Kamu tetap fokus pada hal yang ditargetkan. Jadwal ini juga akan selalu menjadi pengingat Kamu agar selalu disiplin dan konsisten dengan target yang telah Kamu buat, baik itu perbulan maupun mingguan.

5. Membuat paket belajar berdasarkan topik dari materi

Agar memudahkan Kamu dalam belajar sebaiknya kamu membuat paket belajar dengan inovatif. Karena, hal ini akan mempengaruhi semangat belajar agar tidak monoton dan materinya lebih tersusun rapi. Ketika Kamu membuat paket belajar pastikan untuk membuat sekreatif mungkin agar Kamu bisa berkreasi dan enjoy terhadap metode belajar yang Kamu terapkan.

Selain itu, pembuatan paket belajar ini akan lebih bagus jika ditambahkan dengan estimasi waktu. Alasanya yaitu, agar Kamu bisa menyesuaikan dengan kapasitas yang kamu miliki. Untuk itu diperlukan sikap yang proaktif agar Kamu bisa menyusun materi dengan baik dan inovatif.

6. Fokus menyelesaikan targetan yang telah disiapkan

Setelah Kamu menyelesaikan membuat paketan belajar tentunya Kamu juga harus fokus terhadap materi dan targetan yang telah dirancang. Akan tetapi, jangan sampai targetan yang Kamu buat sendiri membuat Kamu terjebak dalam kondisi sistem timetable. Karena hal ini juga akan membuat fokus Kamu menjadi pecah.

7. Jangan terlalu strict terhadap waktu

Maksud dari jangan terlalu strict dengan waktu yang Kamu punya disini misalnya Kamu harus berkomitmen terhadap kegiatan dan bukan terhadap waktu. Jika Kamu benar-benar strict terhadap waktu maka tentunya hal ini akan menjadi beban bagi diri sendiri hingga akhirnya Kamu menjadi stress dan tidak bisa fokus terhadap materi lagi.

Jika Kamu menghindari hal ini maka proses belajar Kamu menjadi lebih nyaman bahkan membuat Kamu menjadi lebih fokus terhadap materi yang sedang direview. Makin fleksibel waktu yang Kamu terapkan maka bisa disesuaikan juga dengan waktu luang yang dimiliki. Sehingga, Kamu tidak merasa terbebani terhadap deadline yang dimiliki.

8. Gantilah sistem kalender kamu menjadi sistem countdown

Mengganti sistem kalender menjadi countdown mempunyai keuntungan yaitu lebih simpel dan juga, bisa menjadi sebuah alarm yang benar-benar ampuh untuk mengevaluasi program yang sudah dilakukan. Jika menggunakan sistem kalender akurasinya juga lebih sering tidak akurat dari pada sistem countdown.

9. Review materi

Hal yang palin penting dari semuanya yaitu bagian mereview materi. Dimana pada bagian ini Kamu harus mendalami setiap topik yang merupakan suatu kelemahan Kamu. Lalu, gali terus materi tersebut dengan cara menjawab soal-soal dan variasi dari topik tersebut. Ketika sudah mencapai tahap ini biasanya seseorang mulai banyak mengalami beberapa kesalahan dalam mereview materi.

Kesalahan yang sering dilakukan seseorang biasanya langsung mengerjakan latihan untuk soal campuran. Karena, sebelum Kamu menjawab soal campuran seharusnya pahami dahulu materinya secara lebih mendalam. Selain itu, seseorang juga melakukan kesalahan dengan hanya mendalami materi saja tanpa melakukan ataupun menjawab latihan-latihan soal.

10. Melakukan Try Out

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengikuti try out baik itu secara mandiri maupun mengikuti kegiatan yang telah disediakan oleh orang luar. Ketika Kamu melakukan try out buatlah seolah-olah sedang benar-benar mengikuti tes SBMPTN. Tujuan mengikuti try out ini yaitu agar Kamu bisa melatih mental dan terbiasa terhadap kondisi ujian ataupun waktu yang diberikan.

Jika mengikuti tes SBMPTN dan lintas jurusan maka tentunya Kamu harus belajar lebih ekstra lagi dibanding sebelumnya. Adanya tips belajar untuk SBMPTN ini agar bisa menjadi motivasi kepada siswa agar lebih semangat untuk menempuh ujian. Agar memperoleh hasil yang bagus tentunya diperlukan usaha yang lebih maksimal pula.

Abid Ra

Writer, Business Enthusiast, and Traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close