Lomba

Lomba Karya Ilmiah PUPR Berhadiah Total 70 JT

Lomba Karya Ilmiah PUPR

“Don’t talk, act !. Don’t say, show ! Then don’t promise, prove !” – anonymous

Seringkali kita tanpa sadar berkata dan berjanji begitu saja. Bahkan, tanpa memikirkannnya lebih dahulu. Padahal, lebih baiknya jika kita tak perlu banyak omong, tapi langsung membuktikan. Sama sebagaimana kita kemarin, mungkin kita punya banyak janji yang seharusnya dituntaskan hari ini. Tapi, malah tidak berusaha mewujudkan janji tersebut sama sekali.

Menjadi orang yang berprestasi, menang lomba, banyak penghargaan dan banyak lainnya. Hal itu tidak bisa terjadi jika tidak kita usahakan dengan  usaha yang nyata. Di hari ini lah, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik. Kenapa ? Karena mulai hari ini, kita akan menjadikan apa yang selama ini kita inginkan nyata. Bagaimana caranya ? Berusaha.

Ke solo bareng cakra, Hallooo sobat-sobat edura !!! Kembali lagi yah kalian kunjungin tulisan admin. Gimana udah kangen kan sama tulisan admin yang menarik dan tentunya bermanfaat, hehe. Admin si berharap banget, tulisan admin ini beneran menarik dan bermanfaat buat kalian, sebab di benak admin sendiri, admin ngerasa gitu, hehe. Makannya admin terus semangat buat nulis dan berbagi, sebab admin tahu bahwa apa yang admin lakukan ini ya sharing kebaikan, yeay.

Kebaikan bagi admin adalah memberi kalian informasi yang menarik dan bermanfaat kan. Kali ini juga admin bakal melakukan hal yang sama, yaitu sharing informasi selengkapnnya tentang Lomba Karya Ilmiah PUPR. Dijamin deh menarik banget lombanya.

Kalian tahu ngga sih mengenai lomba ini selengkapnya kaya apa ? Atau karya ilmiah yang dimaksud apa ? Hadiah lombanya apa ? Bahkan sampai PUPR itu siapa ? Hehe. Jika kalian belum tahu, maka kalian wajib baca artikel ini sampai selesai. Karena, jawaban-jawaban dari pertanyaan itulah yang bakal kalian dapatkan saat membaca artikel ini sepenuhnya.

Yuk ah langsung aja ! Skuy !

Lomba Karya Ilmiah PUPR Berhadiah Total 70 JT

Lomba Karya Ilmiah PUPR
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Air, adalah salah satu sumberdaya yang sangat penting di Indonesia. Banyak bidang yang menjadikan air sebagai kebutuhan utamanya. Tentu, manusia juga butuh. Ya minum, masak, dan lain sebagainya. Sayangnya di Indonesia sendiri masih saja ada permasalahan air. Padahal Indonesia termasuk wilayah yang bukan kekurangan air atau susah air, tapi sebagian ada saja yang merasakan seperti itu. Maka inilah juga pentingya pengaturan dan sistem untuk air ini.

Dalam rangka mencari dan menemukan potensi pemikiran hebat dan kepekaan yang kritis dari pemuda-pemudai bangsa Indonesia di Bidang Sumber Daya Air serta ikut berperan menyiapkan generasi muda yang berprestasi dan produktif. Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Sumber Daya Air, Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kementerian PUPR menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah (LKI) Bidang Sumber Daya Air. Diharapkan pula dengan adanya lomba ini, dapat menumbuh kembangkan kemampuan pemuda-pemudi Indonesia dalam minat menulis terhadap karya ilmiah.

PUPR sendiri sobat edura sudah tau kan ? Betul banget ! PUPR merupakan singkatan dari Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang merupakan salah satu kementerian yang ada di kabinet sekarang ini. Jadi, bisa disebut juga Kementerian PUPR.

Mereka (Kementerian PUPR) menjadi perpanjangan tangan presiden dalam menyelenggarakan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Maka dari itu, mereka juga berfokus mengurusi masalah sumber daya air ini.

Nah sampai sini menarik banget kan guys, yang ngadain kementerian loh, jelas terpercayanya hehe. Selanjutnya langsung aja yuk bahas syarat dan ketentuan lombanya dengan lengkap.

Tema

Tema lomba karya ilmiah ini adalah “Air Sehat Untuk Semua”

Subtema

  1. Teknologi tepat guna penyediaan air bersih dalam kebencanaan.
  2. Teknologi penyediaan air bersih sederhana, murah dan berbasis kearifan lokal
  3. Peran kebijakan dan regulasi pemerintah sebagai bentuk perlindungan pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia
  4. Peran Masyarakat dalam upaya konnservasi sumber daya air untuk ketersediaan air baku.

Biaya pendaftaran

Gratiss guys gratiss tis tisss

Ketentuan Peserta

Peserta lomba merupakan siswa kelas X dan XI, harus berkelompok atau maksimal 3 (tiga) orang

Syarat dan Ketentuan Lomba

  1. Setiap SMA/SMK/MA boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) judul makala
  2. Makalah yang diikutsertakan belum pernah memenangkan perlombaan karya ilmiah lain dalam tingkatan nasional atau internasional.
  3. Final lomba akan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Air Dunia 2019 di lingkungan Kementerian pada Akhir April 2019 (tentative) di Jakarta
  4. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi Tim Finalis (10 besar) ditanggung oleh penyelenggara.

Cara Pendaftaran

  1. Peserta wajib mengirimkan makalah yang terdiri dari 1 (satu) makalah asli dan 1 (satu) makalah fotocopy, beserta softcopy dalam bentuk CD dengan format MS Word/PDF dengan melampirkan :
    1. Biodata diri
    2. Fotocopy kartu pelajar
    3. Surat pengantar dari Kepala Sekolah
  2. Hardcopy dikirim melalui pos/jasa pengiriman lainnya ke Panitia LKI Bidang Sumber Daya Air untuk siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional XII Tahun 2019 d/a Bandung SDK Puslitbang SDA Kementerian PUPR Jl Ir. H. Juanda No. 193 Bandung 40135
  3. Selain melalui pos peserta wajib mengirimkan softcopy makalah, biodata diri, kartu pelajar dan surat pengantar dari Kepala Sekolah ke alamat e-mail : [email protected]

Deadline

  • Deadline pengiriman hardcopy 13 April 2019
  • Untuk deadline pengiriman hardcopy 8 April 2019

Hadiah

Lomba Karya Ilmiah Bidang SDA untuk siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional XII Tahun 2019 memperebutkan
antara lain trofi Menteri PUPR, sertifikat untuk 10 tim finalis dan uang pembinaan;

Informasi Resmi Tata cara penulisan makalah

Nah gimana nih guys ? Udah pada tertarik kan sekarang buat ikutan lomba karya ilmiah pupr nya ? Hehe. Apalagi ini lomba hadiahnya menggiurkan banget dan keuntungan-keuntungan ikut lomba ini juga banyak banget kan yaa, beuh pokoknya sayang banget lah kalau dilewatin.

Kalian yang udah memenuhi ketentuan peserta langsung aja deh bilang ke bapak ibu guru pembimbingnya buat dibantuin dan minta pengarahan. Pasti kok sekolah kalian bakal memfasilitasi. Apalagi sobat-sobat edura ini kan orang-orang yang hebat, jelas guru mah percaya sama kalian.

Yuk ah, langsung aja ! Ditunggu kaba kemenangannya yaaa sobat, selamat berlomba dan semangaatt yaaa !!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close