Lomba

Lomba Esai Bank Kalsel Berhadiah Total 21 JT

Lomba Esai Bank Kalsel

“Menulis itu kegiatan menanam berlian di hati pembaca” – Helvy Tiana Rosa

Tidak semua tulisan memang kita sukai, tapi semua tulisan itu memang berlian. Entah bagaimana kita ingin berargumen dengan pendapat tersebut, namun kenyataanya tiap tulisan adalah berlian memang benar walau hanya di pandangan penulisnya saja.

Menanam berlian ternyata tidak semudah yang kita pikirkan. Jika kita memang benar-benar ingin untuk menanamnya di hati pembaca, maka kita harus tahu lebih dulu bagaimana kondisi hati dari si pembaca itu sendiri. Menulis untuk diri sendiri adalah kebebasan, namun menulis untuk orang lain adalah melayani, jadi perlu kita tahu dulu kondisi-kondisi dari siapa  yang kita layani. Apa kesukaannya, bagaimana karakternya dan lain sebagainya.

Halloooo sobat edura tercinta !!!!!!! Apa kabar nih kalian ?? Pasti lagi sehat-sehat aja kan. Jaga kesehatan selalu ya guys, jangan suka memaksakan diri sendiri dan tetap atur pola istirahatnya ya. Admin tuh peduli tahu sama kesehatan kalian masa kalian sendiri malah ngga peduli, hehe. Guys, kali ini admin ada info menarik nih soal lomba menulis, yaitu lomba menulis esai. Lomba Esai Bank Kalsel.

Nah gimana si lombanya ? Yuk langsung aja kita kepoin ya ! Selamat membaca sobat-sobat edura !

Lomba Esai Bank Kalsel Berhadiah Total 21 JT

Lomba Esai Bank Kalsel
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Dalam rangka menyambutt ulang tahunnya yang ke-55, Bank Kalsel mengadakan lomba karya tulis dalam bentuk esai, Lomba Esai Bank Kalsel. Diharapkan melalui lomba menulis esai ini dapat mengembangkan daya pikir kritis masyarakat khususnya generasi muda terhadap kondisi perbankan di Indonesia saat ini dan tantangannya di masa depan.

Tau kan guys esai itu apa ? Jelas tau lah ya, anak-anak edura mah banyak ngertinya tentang ginian ya, hehe. Melalui esai ini harusnya dapat memunculkan banyak kreatifitas dalam menghadapi permasalahan yang ada si guys, jadi kalian harus benar-benar serius dalam menuliskannya ya.

Udah kepo kan guys sama informasi lengkap lomba esai bank kalsel nya. Yuk langsung baca selengkapnya ya !

TEMA

  • Peserta dapat menentukan sendiri judul tulisan sesuai dengan tema yang
    sudah ditetapkan sebagai berikut :

    1. Generasi milenial dan Bank Kalsel, kapan saya menunaikan Haji?
    2. Peran Bank Kalsel dalam memajukan usaha kecil di Kalimantan
    3. Potensi dan tren perkembangan bank kalsel di mata masyarakat
    4. Industri 4.0 dan pengaruhnya terhadap perbankan daerah

Timeline Lomba

  • Pendaftaran (1-30 April 2019)
  • Batas akhir pengumpulan esai (30 April 2019)
  • Penjurian/seleksi (1-12 Mei 2019)
  • Pengumuman pemenang (13 Mei 2019)

Syarat dan Ketentuan Peserta

  1. Peserta terbagi atas 2 (dua) kategori yakni:
    a) Pelajar, maksimal SMA/Sederajat; dan
    b) Umum.
  2. Peserta bertempat tinggal di wilayah Kalimantan Selatan.
  3. Peserta adalah perorangan.
  4. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirim 1 (satu) karya tulis.
  5. Peserta wajib memahami dan mematuhi persyaratan lomba menulis esai yang tercantum pada panduan.
  6. Setiap wajib mengikuti tahapan lomba sesuai dengan lini masa.
  7. Peserta menyampaikan karya tulisnya secara daring sekaligus memberikan data diri melalui link http://bit.ly/esaibankkalsel
  8. Panitia lomba karya tulis tidak memungut biaya apapun dari peserta.
  9. Peserta yang telah mengirim karya tulisnya wajib melakukan konfirmasi melalui WhatsApp (hanya obrolan/chat) kepada narahubung:
    • Ermy Norhayati Syamsiah (08115134007); atau
    • Ananda Delma Rizikia (082354639710)

format pesan: NamaLengkapPeserta_JudulEsai_TanggalPengiriman, contoh: Syifa_BankDigitaldanAnakMuda_5April2019.

Syarat dan Ketentuan Esai

  1. Karya tulis dalam bentuk esai adalah karya asli dari peserta sendiri (bukan
    plagiat).
  2. Naskah esai belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba karya tulis lain.
  3. Naskah esai tidak mengandung sentimen SARA dan pandangan politik tertentu.
  4. Esai dibuat dengan ide semenarik mungkin dan harus sesuai dengan tema yang ditentukan.
  5. Naskah esai secara umum menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mudah dimengerti.
  6. Esai diketik menggunakan aplikasi pengolah kata (Microsoft Word, Writer atau sejenisnya) dengan file dalam bentuk PDF dan DOC/DOCX. File esai diberi nama sesuai format berikut:
    • NamaLengkapPeserta_KategoriNaskahEsai.* Contoh: Syifa_Pelajar.docx
  7. Struktur esai harus dibuat sistematis yang terdiri dari sampul, pendahuluan,
    isi, penutup, daftar pustaka dan lampiran (jika ada)
  8. Kategori naskah esai: − Kategori Pelajar : 3-4 halaman, tidak termasuk sampul, daftar pustaka dan lampiran − Kategori Umum : 5-7 halaman, tidak termasuk sampul, daftar pustaka dan lampiran
  9. Format tata letak penulisan standar.
  10. Format penulisan esai sebagai berikut:
    • Ukuran kertas A4;
    • Margin/batas pengetikan (kiri 4 cm, kanan 4 cm, atas 3 cm dan bawah 3 cm);
    • Tipe huruf Times New Roman;
    • Ukuran huruf 12; dan
    • Spasi 1,5.
  11. Penomoran halaman naskah esai dicantumkan pada bagian bawah tengah halaman.
  12. Naskah esai wajib melampirkan sumber referensi pada daftar pustaka, dan footnote bersifat tidak wajib.
  13. Naskah esai yang terpilih sebagai pemenang akan menjadi milik Bank Kalsel dan Bank Kalsel berhak memublikasikan tulisan tersebut pada media-media yang ditentukan dengan tetap mencantumkan nama penulisnya.
  14. Bank Kalsel dan panitia tidak bertanggung jawab terhadap tuntutan /klaim dari berbagai pihak terkait isi dan materi yang disampaikan oleh peserta.

Aspek Penilaian

Ketentuan penilaian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang ditetapkan oleh panitia.
  2. Penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Juri akan menetapkan 3 pemenang pada masing-masing kategori
    berdasarkan penilaian naskah esai.
  4. Aspek-aspek penilaian dan bobot penilaian, yakni:
    No. Aspek Penilaian Uraian Bobot

    • Kesesuaian Tema Topik sesuai dengan tema yang
      telah ditentukan panitia. 20%
    • Ide Gagasan Ide/gagasan yang disajikan relatif baru dan kekinian, dilengkapi dengan data dan fakta yang komprehensif. 30%
    • Argumentasi Kemampuan menganalisis dan merumuskan kesimpulan serta adanya relevansi antara data dan informasi dengan uraian tulisan. 30%
    • Penulisan Kerapian ketikan, Bahasa Indonesia dan kejelasan ungkapan. 20%

Hadiah

  • Kategori Pelajar
    1. Juara I : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 4.000.000,-
    2. Juara II : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 3.000.000,-
    3. Untuk juara III : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 2.000.000,-
  • Kategori Umum
    1. Juara I : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 5.000.000,-
    2. Juara II : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 4.000.000,-
    3. Kepada juara III : Piala + Piagam + Uang Tabungan Rp 3.000.000,-

Keterangan Lain

Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada panitia atau
narahubung Ermy Norhayati Syamsiah (08115134007) atau Ananda Delma Rizikia
(082354639710) melalui obrolan/chat WA.

Informasi Resmi Form Pendaftaran Media Resmi

Nah gimana nih guys udah tertarik kan untuk ikutan lomba esai bank kalsel nya ? Apalagi buat kalian yang memenuhi persyaratan menjadi peserta, beuh udah ikutan aja langsung jangan ditunda-tunda. Admin tahu kok bahwa kalian mempunyai iide-ide cemerlang yang ingin disalurkan. Maka buatlah esainya dan ikuti lomba ini guys ! Ngga ada salahnya kok buat mencoba, jangan takut gagal dulu ya !

Ditunggu kabar kemenangannya ya guys ! Selamat berlomba dan semangat !

Tags

Related Articles

Pin It on Pinterest

Share This
Close