Kimia

Mengenal Teknologi Pengolahan Limbah Cair

Perkembangan zaman yang selalu diiringi dengan peningkatan populasi penduduk akan memberikan dampak terhadap berbagai komponen kehidupan, salah satunya yaitu peningkatan pemcemaran lingkungan khususnya peningkatan limbah cair. Kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan merupakan hal yang penting. Teknologi pengolahan limbah cair menjadi solusinya.

Ketika kita mengabaikan hal ini tentu akan terjadi resiko yang merugikan. Kita perlu mengehui teknologi apa saja yang dapat digunakan dalam pengolahan limbah cair, agar ketika suatu saat nanti jika kita terlibat dalam penanganan limbah cair kita sudah memahami teknologi yang dapat dijadikan sebagai pokok pengolahan limbah cair tersebut.

Lantas apa saja teknologi yang dapat digunakan dalam pengolahan limbah cair? Dan bagaimana mekanisme dari masing-masing teknologi tersebut dalam mengendalikan pencemaran lingkungan?

Mari simak uraian berikut ini!

Teknologi Pengolahan Limbah Cair

limbah cair
Gambar oleh Yogendra Singh dari Pixabay

Limbah cair merupakan sisa yang dihasilkan dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang berwujud cair. Limbah cair (polutan) yang dihasilkan oleh suatu industri harus diolah dengan baik agar tidak melewati batas baku mutu yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Limbah cair akan terus mengalami peningkatan karena daerah kawasan industri yang semakin berkembang pesat. Dengan demikian perlu dilakukan pengolahan limbah cair tersebut.

Pengolahan limbah cair adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjaga air yang keluar tetap bersih dengan cara menghilangkan polutan yang ada dalam air limbah dengan cara menguraikan polutan yang terdapat dalam air limbah sehingga sifat-sifat dari polutan tersebut hilang.

Teknologi pengolahan limbah cair terbagi menjadi tiga :

Pengolahan Limbah Cair Secara Biologis

microbiologi
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Seperti yang kita ketahui bahwa istilah biologis akan mengarah kepada makhluk hidup atau mikroorganisme, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi pengendalian atau pengolahan (limbah cair) secara biologis yaitu dengan memanfaatkan makhluk hidup sebagai komponen utama dalam teknologi tersebut.

Pengertian lebih jelas terkait pengolahan biologis yaitu suatu pengolahan yang menggunakan mikroorganisme sebagai film yang berasal dari pertumbuhan mikroorganisme yang terdapat pada filter dan kontraktor biologis yang berputar.

Prinsip : menggunakan mikroorganisme (jasa bakteri) yang dimanfaatkan untuk menguraikan bahan organik yang terkandung dalam air limbah dan enzim yang ada pada mikroorganisme tersebut akan mengubah bahan organik menjadi unsuk-unsur senyawa yang sederhana.

Berikut merupakan beberapa teknologi pengolahan limbah cair secara biologis:

Biodegradasi dengan kolam-kolam oksidasi ( aerated lagoon)

Kolam aerasi menggunakan peralatan aerator mekanis berupa surfece aerator yang digunakan untuk membantu mekanisasi pasokan oksigen terlarut di dalam air.

Aerator ini menggunakan propeller yang setengah terbenam dalam air. Akibat dari perputaran propeller akan memecah permukaan air sehingga lebih banyak air yang berkontak dengan udara serta menyerap oksigen bebas dari udara.

Biodegradasi dengan bantuan oksigen (trickling filter)

Merupakan proses pengolahan dengan cara menyebarkan air limbah ke dalam suatu tumpukan atau unggun media yang terdiri dari bahan batu pecah (kerikil), bahan keramik, sisat tanur, medium dari bahan plastik atau lainnya.

Dengan cara demikian makan pada permukaan medium akan tumbuh lapisan biologis (biofilm) seperti lendir, dan lapisan biologis tersebut akan kontak dengan air limbah, kemudian akan menguraikan senyawa polutan yang ada di dalam air limbah tersebut.

Biodegradasi dengan menggunakan lumpur aktif (activated sludge system)

Lumpur aktif adalah seluruh lumpur yang tersuspensi dan diberi oksigen sehingga seluruh mikroorganisme aerobik yang ada dan melekat dengan lumpur menjadi sangat aktif.

Terdapat dua jenis lumpur aktif yaitu tipe konvensional dan tipe extended aeration.

Pengolahan Limbah Cair Secara  Fisik

pengelolaan limbah secara fisik
Gambar oleh Markus Distelrath dari Pixabay

Maksud pengolahan fisik adalah memisahkan zat yang tidak diperlukan dari dalam air tanpa menggunakan reaksi kimia dan reaksi biokimia, namun hanya menggunakan proses secara fisik untuk rekayasa pemisahan dari air dengan polutan atau zat-zat pencemar yang ada di dalam air limbah tersebut.

Penyerapan karbon aktif ( activated carbon adsoption)

Prinsip: Senyawa kimia organik dan anorganik akan diserap oleh karbon aktif, terutama senyawa hidroponik yang mudah untuk dipindah.

Steam stripping

Prinsip : uap air pada tingkat elevasi suhu digunakan untuk memindahkan komponen volatil dari zat cair.

Evaporasi

Mekanisme : dengan proses pemanasan zat cair sehingga akan mengeluarkan uap air ke atmosfer kemudian mengumpulkan polutan melalui jalur penghubung.

Reverse osmosis

Zat cair akan berpindah dari area yang konsentrasinya rendah ke tempat yang konsentrasinya tinggi melalui membran semipermeabel yang tidak dapat dilalui oleh zat padat.

Penghancuran ekstraksi (Solvent extraction)

Zat yang tidak terlarut dipindahkan dari zat cair atau fase padat ke penghancur yang disukai oleh zat yang tidak dapat larut.

Pengolahan Limbah Cair Secara Kimiawi

kimiawi
Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Presipitasi/koagulasi/flokulasi

Ketiga istilah tersebut sering digunakan untuk memindahan logam berat. Presipitasi biasanya digunakan untuk membentuk fase solid, koagulasi digunakan ketika formasi memerangkap limbah dari presipitasi dan flokulasi digunakan untuk menumpuk atau menimbun bahan kimia pengental atau koagulan.

Reduksi-oksidasi

Dengan memanfaatkan reaksi reduksi oksidasi maka akan mengubah zat toksik yang ada pada suatu polutan menjadi senyawa tidak berbahaya atau kurang toksik yang mudah untuk dipindahkan.

Pertukaran ion

Mekanisme : yaitu mengubah bentuk kimia dari senyawa pertukaran ion dalam larutan dengan ion lain oleh pencampuran ionik atau kationik atau muatan.


Sekian info tentang Mengenal Teknologi Pengolahan Limbah Cair

Belajar materi kimia dan biologi lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal kimia disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Hasna Rahma

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjdjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close