Kimia

Pengertian Logam Alkali dan Kegunaannya

Logam alkali dan alkali tanah adalah unsur yang sangat reaktif. Logam alkali tanah berada pada golongan IA, yaitu litim, natrium, kalium, rubidium, sesium, dan fransium. Logam alkali memiliki 1 elektron valiensi. Alkali tanah merupakan logam golongan IIA, memiliki 2 elektron valiensi. Unsur-unsur alkali tanah adalah berilium, magnesium, kalsium, stronsium, barium, dan radium.

Asah kemampuan dan perluas wawasan dengan terus belajar ya sobat. Berikut tautan pembelajaran mata pelajaran kimia. Larutan Kimia

Sifat Logam Alkali

Di antara unsur-unsur dalam satu periode, unsur alkali adalah unsur dengan jari- jari atom terbesar. Unsur alkali mempunyai energi ionisasi yang kecil, yang berarti mudah melepas elektron. Dari seluruh unsur alkali, hanya fransium (Fr) yang bersifat radioaktif sehingga dibedakan dari logam alkali lainnya. Waktu paruh fransium yang paling stabil adalah 21 menit.

SifatLiNaKRbCs
Nomor atom311193755
Konfigurasi electron2S^13S^14S^15S^16S^1
Jari-jari atom (pm)155190235248267
Jari-jari ion (M^+), pm6095133148169
Titik leleh (C^o)18197,863,638,928,4
Titik didih (C^o)1.347883774688678
Kerapatan  (g/cm^3)0,530,970,861,591,90
Energy ionisasi pertama (KJ/mol)519498418401376
Keeloktronegatifan1,00,90,80,80,7
Kekerasan0,60,40,50,30,3
Warna nyalaMerahKuningUnguMerahBiru
Potensial electrode standar-3,045-2,714-2,925-2,925-2,923

Unsur logam alkali sangat reaktif, bereaksi hebat dengan air, oksigen, hidrogen, dan halogen. Di udara pun unsur-unsur itu bereaksi dengan oksigen atau uap air. Itulah sebabnya, unsur alkali disimpan dalam minyak tanah atau hidrokarbon yang inert.

Kereaktifan unsur alkali karena logam ini mempunyai 1 elektron valensi dan jari-jari atom yang relatif besar sehingga energi ionisasinya kecil. Akibatnya, logam ini mudah melepas elektron dan bersifat sangat reaktif, sekaligus bersifat reduktor kuat. Dari atas ke bawah (dari Li ke Cs), jari-jari atom bertambah, energi tonisasi makin kecil, berarti makin mudah melepas elektron sehingga makin reaktif.

Logam alkali bersifat lunak seperti karet penghapus sehingga dapat diiris dengan pisau. Hal itu terjadi karena unsur ini hanya mempunyai satu elektron valensi yang terlibat dalam pembentukan ikatan logam sehingga logam ini mempunyai ikatan logam yang lemah.

Dalam satu golongan, dari Li ke Cs jari-jari atom makin besar, ikatan logam makin kecil sehingga makin lunak. Itulah sebabnya, jari-jari atom alkali makin besar (dari atas ke bawah) maka titik leleh dan titik didihnya makin kecil.

Harga potensial electrode (E^o) logam alkali sangat kecil (sangat negatif). Hal itu berarti logam alkali merupakan reduktor kuat. Kekuatan bertambah dari atas ke bawah. Pengecualian terhadap Li yang mempunyai potensial electrode paling negative.

Hal itu karena kecilnya jari-jari atom Li sehingga menunjukkan penyimpangan. Jadi dalam unsur alkali, reduktor terkuat adalah Li dan reduktor paling lemah adalah Na.

Keadaan Logam Alkali di Alam

Logam alkali tidak tersedia dalam keadaan bebas di alam karena bersifat reaktif dan tersedia dalam bentuk senyawa. Contoh mineral yang mengandung alkali adalah silikat, klorida, nitrat, dan karbonat.

Sebagian besar terdapat dalam kerak bumi dan unsur Na merupakan unsur yang palik banyak tersedia di kerak bumi.

UnsurKadar dalam kerak bumi (bpj)Mineral
Li65Spodumene, lepidolit
Na28.300Garam batu,  air laut, sendawa chili
K25.900Silvit, karnalit
Rb310Lepidolit
Cs7Polutit

Kegunaan

Aliase Logam

Aliase adalah campuran logam yang terbentuk karena pelelehan logam bersama komponen-komponennya.

AliaseKegunaan
Na/KUntuk pendingin pada reactor nuklir
Li/PbPembungkus kabel
Li/AlPenambah daya korosi pada Al
Rb dan Ca dengan Na dan KSel fotolistrik

Kegunaan Kalium

Pembuatan masker gas dengan bahan kalium superoksida (KO_2). Kalium superoksida digunakan pada pesawat ruang angkasa untuk menghasilkan oksigen.

Kegunaan Na_2CO_3

  • Pembuatan kaca
  • Pembuatan natrium
  • Menghilangkan kesadahan

Kegunaan Natrium

  • Untuk penerangan jalan
  • Reduktor pada pengolahan logam
  • Pembuatan TEL
Senyawa Logam AlkaliKegunaannya
KCLPupuk
Li_2CO_3Campuran dalam pengolahan alumunium
LiOHUntuk menghilangkan CO_2 hasil pernapasan astronaut
KOHSabun
KNO_3Pupuk, mesiu
Cs dan RbSel fotolistrik

Sekian info tentang Pengertian Logam Alkali dan Kegunaannya

Belajar materi kimia lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal kimia disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

M Mahardika Rafi ' Setiko

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close