Kimia

Halogen: Pengertian, Sifat Fisika, Kimia dan Kegunaannya

Unsur-unsur halogen terletak pada golongan VIIA dan mempunyai 7 elektron valiensi (ns^2np^5). Unsur – unsur halogen meliputi flourin (F), Klorin(Cl), Bromin (Br), Iodin (I), dan Astatin (At). Astatin merupakan unsur halogen yang bersifat radioaktif. Unsur halogen adalah unsur nonlogam yang paling reaktif sehingga unsur halogen tidak tersedia di alam bebas. Unsur – unsur halogen ditemukan dalam bentuk garam dan berbentuk molekul diatomik, yaitu F_2, Cl_2, Br_2, I_2.

Asah kemampuan dan perluas wawasan dengan terus belajar ya sobat. Berikut tautan pembelajaran mata pelajaran kimia. Larutan Kimia

Unsur At tidak banyak dibahas karena sifatnya yang belum diketahui. Namun At berhasil dibuat 21 isotop dan semuanya radioaktif. isotop At yang paling stabil:

210At dengan t 1/2 = 8,3 jam

211At dengan t 1/2 = 7,5 jam

Sifat Fisika Halogen

SifatFClBrI
nomor atom9173553
konfigurasi elektron valiensi2s^2 2p^52s^2 3p^54s^2 4p^55s^2 5p^5
masa atom relatif (Ar)18,998435,45379,904126,9045
titik leleh(^oC)-220-101-7114
titik didih (^oC)-188-3559184
energi ionisasi (kJ/mol)1.6861.2661.1461.016
afinitas elektron (kJ/mol)-335-355-332-295
keeloktronegatifan4,03,02,82,5
jari-jari atom (pm)7299114113
potensial elektrode standar (volt)+2,87+1,36+1,065+0,535
massa jenis (g/cm^3)1,11,53,24,9
Tabel sifat fisika unsur halogen

Wujud Halogen

Tertera pada tabel bahwa titik didih dan titik leleh dari F ke I bertambah. Pada ruang (25^oC, 1 atm) F_2 dan Cl_2 berwujud adat yang sangat mudah menguap, dan I_2 berwujud padat yang sangat mudah menyublim. Titik didih dari atas kebawah semakin besar karena molekul diatomik halogen bersifat non-polar sehingga interaksi antarmolekulnnya adalah dengan gaya london. Gaya london makin besar jika masa molekul (Mr) makin besar.

Kelarutan

Kelarutan halogen dari F_2 ke I_2 adalah semakin kecil. Molekul F_2 bereaksi sempurna dalam air Cl_2 dan Br_2 tidak melarut sempurna dalam air dan reaksinya lambat, sedangkan I_2 sedikit larut dalam air dan kelarutannya bertambah jika terdapat ion I^-.

I_2(s)+I^-(aq)\rightarrow I_3^-

Warna

Unsur HalogenDalam AirDalam CCl_4
klorinhijau mudahijau muda
bromincokelat merahmerah oranye
iodincokelatungu
Warna Larutan Halogen dalam Air dan dalam CCl_4

Sifat Kimia

Kereaktifan Halogen

Halogen mempunyai tujuh elektron valiensi (ns^2np^5). Hal itu berarti halogen cenderung menyerap 1 elektron lagi agar elektron valiensinya 8 sesuai dengan konfigurasi elektron gas mulia (ns^2np^6). Hal itu yang membuat halogen bersifat reaktif. Kereaktifan elektron halogen tergambar dari besarnya afinitas elektron. Halogen cenderung menangkap elektron untuk membentuk ion negatif (-1).

X(g)+e\rightarrow X^-(g)

Reaksi Halogen

Halogen dapat bereaksi dengan macam-macam unsur karena bersifat reaktif. Halogen dapat bereaksi dengan unsur seperti logam menghasilkan garam, dengan hidrogen menghasilkan asam halida, dengan unsur nonlogam (IIIA,IVA, VA, VIA) serta sesama unsur halogen.

Daya Oksidasi Halogen

Halogen bersifat oksidator (pengoksidasi) kuat. Hal itu terlihat dari data potensial reduksinya yang sangat positif.

  1. F_2 + 2e\rightarrow 2F^- , E^o = +2,87 V
  2. Cl_2 + 2e\rightarrow 2Cl^- , E^o = +1,36 V
  3. Br_2 + 2e\rightarrow 2Br^- , E^o = +1,07 V
  4. I_2 + 2e\rightarrow 2I^- , E^o = +0,54

Makin besar (makin positif) harga potensial elektrode, makin kuat sifat oksidatornya atau makin mudah mengalami reduksi. Dari data potensial elektrode halogen tersebut terlihat bahwa semua halogen adalah oksidator kuat dan kekuatan oksidator (daya oksidasi) bertambah dari I_2 ke F_2 dab oksidator terkuat adalah F_2. dan begitupun sebaliknya.

Kegunaan Halogen

Flourin

Flourin digunakan untuk freon, CCI_2F__2, sebagai zat oendingin, misalnya dalam kulkas dan pendingin ruangan (AC). Akan tetapi, penggunaan freon sekarang dibatasi karena dapat merusak ozon.

Flourin juga dapat digunakan dalam bidang teknologi nuklir, untuk membuat UF_6 agar dapat memisahkan 235U dan 238U dengan cara difusi dan sentrifugal. Flourin juga digunakan pada produk odol untuk meningkatkan kualitas emai gigi didalam odol terdapat SnF atau NaF.

Klorin

Senyawa klorin yang terdapat dirumah adalah garam dapur NaCl, sebagai perasa, pengawet makanan seperti telur asin dan ikan, dan digunakan untuk mencairkan salju pada musim dingin. Klorin digunakan sebagai bahan untuk membuat plastik PVC (Poliviniliklorida), dan dapat digunakan sebagai bahan peledak roket.

Bromin

Bromin dalam jumlah besar dapat digunakan untuk membuat perak bromida (AgBr), senyawa yang peka terhadap cahaya. Bromin juga digunakan sebagai bahan pembuat etilenbromida C_2H_4Br_2, suatu zat aditif yang dicampur pada bensun sehingga timbel dari TEL diubah menjadi timbel bromida yang mudah menguap dan lepas ke udara.

Bromin juga biasanya digunakan didunia farmasi dan mampu memadamkan kebakaran.

Iodin

Iodin banyak digunakan di dunia farmasi contohnya obat luka, iodium tinctur. Iodoform digunakan sebagai lensa polaroid dan AgI untuk fotografi.

NaIO_3 ditambah garam dapur untuk membuat garam beryodium dapat mencegah penyakit gondok.


Sekian info tentang Pengertian Halogen: Sifat Fisika, Kimia dan Kegunaannya

Belajar materi kimia lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal kimia disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Muhammad Mahardika

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close