Kimia

Gas Mulia: Pengertian, Sifat Fisika, Sifat Kimia dan Kegunaannya

Untuk mempermudah mempelajari unsur kimia maka unsur itu dikelompokkan menurut kemiripan sifatnya. Unsur-unsur yang sifatnya mirip dibuat satu golongan. Gas mulia merupakan unsur yang sangat sukar bereaksi. Unsur yang mudah bereaksi dibedakan atas unsur elektropositif, yaitu golongan alakali dan alakali tanah, serta unsur-unsur kelektronegatifan, yaitu unsur golongan halogen.

Dalam sistem periodik unsur, gas mulia terletak pada golongan VIII. Unsur gas mulia adalah helium (He), neon (Ne), argon (Ar), kripton (Kr), xenon (Xe), dan radon (Rn). Untuk mempermudah mengingat unsur gas mulia, sobat dapat mengingat rumus cepat.

Heboh Negara Arab Karena Xesi Ratunnya

Asah kemampuan dan perluas wawasan dengan terus belajar ya sobat. Berikut tautan pembelajaran mata pelajaran kimia. Larutan Kimia

Sejarah Ditemukannya Gas Mulia

Pada tahun 1785 Cavendish melaporkan bahwa dalam reaksi yang melibatkan gas-gas atmosfer (udara) ada sebagian kecil (tidak lebih dari 1/200 bagian udara) tetap tidak bereaksi. Gas dipisahkan oleh Ray Leigh dan Ramsay pada tahun 1894 dan dinamakan argon (yang malas). Helium ditemukan sprektum dari sinar matahari berupa garis berwarna kuning oleh Lockyer dan pada tahun 1895 Ramsay dapat mengisolasi helium.

Gas mulia lainnya ditemukan dari tahun 1898 sampai 1900. Dari semua unsur gas mulia, hanya radon yang bersifat radio aktif. Unsur gas mulia diudara adalah argon. Namun gas mulia terbanyak dialam semesta adalah Helium, yang terdapat pada bintang – bintang.

Sifat Fisika Gas Mulia

Gas mulia tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan berwujud gas.

Lamb.Nomor AtomKonfigurasi Elektron TerluarEnergi Ionisasi (Kj/mol)Titik didih (°C)Titik Leleh (°C)Jari-jari atom (pm)Afinitas
He2

    \[1s^2\]

2639-267-2729348
Ne10

    \[{2s^2}{2p^6}\]

2079-246-249112-120
Ar18

    \[{3s^2}{3p^6}\]

1519-186-189154-96
Kr36

    \[{4s^2}{4p^6}\]

1349-152-157169-96
Xe54

    \[{5s^2}{5p^6}\]

1169-107-112190-77
Rn86

    \[{6s^2}{6`p^6}\]

1042-62-71

Titik didih dan titik leleh gas mulia selaras dengan makin besarnya nomor atom. Titik didih dan titik leleh gas mulia sangat rendah. Hal itu menunjukkan gaya tarik menarik antaratom (ikata Van Der Waals) sangat lemah. Helium merupakan zat yang titik didihnya paling rendah dibandingkan semua zat yang ada dialam semesta ini.

Sifat Kimia Gas Mulia

Sifat kimia berhubungan erat dengan sifat fisika, misalnya kereaktifan suatu unsur berikatan erat dengan energi ionisasi unsur tersebut. Dengan begitu kita dapa melihat sifat kimia dari sifat fisikanya.

Kereaktifan Gas Mulia

Gas mulia merupakan gas monoatomik (atom yang berdiri semdiri) maka dari itu gas mulia sukar bereaksi (inert). Penyebab gas mulia sukar bereaksi karena konfigurasi elektronnya yang stabil. Konfigurasi gas mulia dengan 8 elektron pada kulit terluar, kecuali helium 2 elekttron pada kulit terluar. Kestabilan gas mulia terlihat pada energi ionisasinya yang besar dan afinitas elektron yang kecil. Hal itu menunjukkan gas mulia sukar melepas elektron dan mempunyai kecendrungan yang kecil untuk menangkap elektron.

Hubungan Kereaktifan Gas Mulia dan Jari-jari Atomnnya

Semakin besar nomor atom gas mulia makin besar jari-jari atom gas mulia maka kereaktifannya makin besar sesuai dengan tabel diatas. Jika jari-jari atom bertambah maka gaya tarik inti atom terhadap elektron terluar makin lemah sehingga elekttron terluar itu mudah ditarik oleh zat lain (lebih reaktif).

Senyawa Gas Mulia

Bilangan Oksidasi +2

Kripton dan xenon dapat membentuk KrF_2 dan XeF_2.XeF_2 dapat terbentuk jika xenon padat direaksikan dengan difluorooksida pada -120^0C.

Xe(s)+F_2O_2(g)\rightarrow XeF_2(s)+O_2(g)

Molekul XeF_2 dan KrF_2 berbentuk linear.

Bilangan Oksidasi +4

KrF_4 lebih tidak stabil dibandingkan dengan XeF_4. XeF_4dapat dibuat dengan memanaskan campuran xenon dan fluorin pada suhu 400^0C dan tekanan 6 atm dengan katalis nikel.

Xe(g)+2F_2(g)\rightarrow XeF_4(g)

Bentuk molekul XeF_4 adalah bujur sangkar (segi empat datar).

Bilangan Oksidasi +6

Ditemukan hanya Xenon yang dapat membentuk XeF_6. XeF_6 dibuat dengan 50 atm pada suhu 300^0C.

Xe(g)+3F_2(g)\rightarrow XeF_6(g)

XeF_6 pada suhu kamar (25^0C, 1 atm) berbentuk kristal berwarna dengan titik leleh 48^0C. Sampai sekarang bentuk molekul XeF_6 masih diperdebatkan, tetapi dugaan bentuk molekulnnya oktrahedral yang terdistrosi (distorted) atau secara teori adalah segi lima piramida.

XeF_6 dapat bereaksi dengan silika membentuk senyawa oksi gas mulia yang paling stabil. Reaksinya sebagai berikut.

SiO_2(s)+2XeF_6(g)\rightarrow SiF_4+2XeOF_4(g)

Pada suhu kamar XeOF_4 berbentuk cairan tidak berwarna. Senyawa XeOF_4 dan XeO_3 berbentuk segi empat piramida dan segitiga piramida.

Bilangan Oksidasi +8

Xe (VI) dapat dioksidasi menjadi Xe(VIII) oleh ozon dalam larutan basa. Xe(VIII) hanya stabil dalam larutan. Xe(VIII) yang terpenting adalah NaHXeO_4 (natrium xenat) dan Na_4XeO_6 (natrium perxenat). Garam perxenat ini merupakan oksidator yang sangat kuat. Selain Xenon, telah berhasil dibuat kripton fluorida (KrF_2) dan radon fluorida (RnF_2). Senyawa helium, neon, dan argon belum pernah dilaporkan.

Kegunaan Gas Mulia

Helium

gas mulia helium
Photo by Kyle Hinkson on Unsplash

Helium digunakan sebagai pengisi balon udara karena sifatnya yang sukar bereaksi dan juga ringan. Penggunaan lain adalah untuk menciptakan suhu yang sangat rendah. Pada industri makanan untuk produk yang bebas oksigen. Udara yang dipakai dalam tabung oleh penyelam adalah 80% helium dan 20 % oksigen.

Neon

Neon digunakan untuk pengisi warna pada lampu. Neon memberi warna merah. Neon Cair digunakan unuk membuat suhu yang rendah. neon juga digunakan dalam tabung televisi dan juga sebagai indikator tegangan tinggi.

Argon

gas mulia argon
Photo by Robert Wiedemann on Unsplash

Argon digunakan pada industri yang memerlukan udara bebas oksigen atau atmosfer inert. Argon digunakan untuk pengisi lampu pijar sebagai pengganti nitrogen (N_2). Hal itu karena argon tidak bereaksi dengan kawat wolfram lampu pijar walaupun pada suhu tinggi, sedangkan nitrogen pada suhu tinggi dapat bereaksi dengan kawat wolfram sehingga mudah putus.

Kripton

Kripton digunakan dalam fotogrfi kecepatan tinggi, juga garis spektrum kripton digunakan sebagai standar 1 meter untuk mengganti standar platina.

Xenon

Xenon digunakan dalam pembuatan tabung elektron. Xenon juga mempunyai sifat anestesis (pemati rasa) sehingga dapat digunakan sebagai obat bius untuk pasien.

Radon

Radon digunakan sebagai sumber sinar radioaktif dalam pengobatan penyakit kanker.


Sekian info tentang Pengertian Gas Mulia: Sifat Fisika, Sifat Kimia dan Kegunaannya

Belajar materi kimia lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal kimia disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Muhammad Mahardika

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close