Kimia

Pengertian Alkali Tanah dan Kegunaannya

Alkali tanah dan logam alkali merupakan logam yang rekatif. Namun logam alkali lebih rekatif ketimbang alkali tanah satu periode. Alkali tanah merupakan logam golongan IIA, memiliki 2 elektron valiensi. Unsur-unsur alkali tanah adalah berilium, magnesium, kalsium, stronsium, barium, dan radium.

Asah kemampuan dan perluas wawasan dengan terus belajar ya sobat. Berikut tautan pembelajaran mata pelajaran kimia. Larutan Kimia

Sifat Alkali Tanah

Di antara unsur-unsur dalam satu periode, unsur alkali adalah unsur dengan jari- jari atom terbesar. Unsur alkali mempunyai energi ionisasi yang kecil, yang berarti mudah melepas elektron. Dari seluruh unsur alkali, hanya fransium (Fr) yang bersifat radioaktif sehingga dibedakan dari logam alkali lainnya. Waktu paruh fransium yang paling stabil adalah 21 menit.

SifatBeMgCaSrBa
Nomor atom412203856
Konfigurasi electron2S^23S^24S^25S^26S^2
Jari-jari atom (pm)90130174192198
Jari-jari ion (M^+), pm36599113135
Titik leleh (C^o)1.278649839769725
Titik didih (C^o)2.9701.0901.4841.3841.640
Kerapatan  (g/cm^3)1,861,721,552,543,59
Energy ionisasi (KJ/mol)900740590548502
Potensial elektrode standar (V)-1,70-2,34-2,87-2,89-2,90
Kekerasan52,01,51,82
Warna nyalaputihputihmerahmerah tuahijau

Jika dibandingkan dengan logam alkali maka alkali tanah kurang reaktif, misalnya patrium (golongan IA) lebih reaktif dibandingkan dengan magnesium (golongan IIA).

Dari data titik leleh dan titik didih logam, alkali tanah lebih keras jika dibandingkan dengan alkali, terlihat dari kekerasann ya berdasarkan skala Mohs. Hal itu terjadi karena loeam alkali tanah memiliki 2 elektron valensi dalam ikatan antar atomnya sehingga memiliki ikatan logam yang lebih kuat.

Jari-jari atom makin besar dengan makin besa nya nomor atom (dari atas ke bawah). Dengan makin besarmya jari-jari atom, berarti makin jauh jarak inti atom ke elektron valensi.

Dengan demikian, gaya tarik-menarik antara inti dengan elektron valensi makin lemah sehingga EV mudah lepas. Hal itu terlihat dari energi ionisasi yang makin kecil dari atas ke bawah. Makin kecil energi ionisasi logam alkali tanah, berarti makin reaktif. Jadi, kereaktifan unsur-unsur alkali tanah makin bertambah dengan betambalrya nomor atom.

Alkali Tanah di Alam

Alkali tanah tidak ditemukan dalam keadaan bebas di alam karena alkali tanah bersifat realtif.

UnsurKadar dalam Kerak Bumi (bpj)Mineral
Be6beril
Mg20.900dolomit, magnesit
Ca36.300dolomit, batu kapur
Sr300stronsianit, selestet
Ba400barit, witerit
Rapitchblende

Kegunaan Alkali Tanah

Berilium

Berilium merupakan logam yang ringan dan keras. Biasanya berilium digunakan untuk campuran pegas dan klip. Digunakan di industri nuklir karena daya absorpsi yang rendah terhadap radiasi.

Magnesium

Magenisum digunakan untuk membuat panduan logam (aliase), terutama perpaduan magnesium dan alumunium. Aliase ini digunakan sebagai body mobil dan pesawat karena kuat, ringan, tahan asam basa dan tahan korosi.

Campuran magnesium digunakan dalam bidang farmasi yaitu obat mag senyawa Mg(OH)_2 untuk menetralkan asam lambung HCL.

Kalsium

Kalsium digunakan sebagai kapur (CaO). Kapur telah dipakai saat jaman Yunani untuk membangun kuilnya, Romawi untuk jalan raya dan cina untuk pencampuran tembok cina.

Kalsium aluminosilikat merupakan semen yang dibuat dari kapur, pasir dan tanah liat yang dipanaskan 1500^oC. Kapur juga digunakan untuk pembuatan karbid (CaC_2).

Stronsium

Stronsium (Sr) digunakan untuk membuat kembang api. Aliase Ba-Ni untuk tabung vakum.


Sekian info tentang Pengertian Alkali Tanah dan Kegunaannya

Belajar materi kimia lainnya disini ya. Dan untuk latihan soal kimia disini ya.

Informasi yang kami ambil dari beberapa sumber bacaan. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang materi sekolah . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Muhammad Mahardika

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close