Kedinasan

Pendaftaran Calon TNI AL Bintara 2020 untuk Lulusan SMA

Halo sobat edura! Kali ini kita kembali dengan informasi terbaru hanya sekarang lebih berbeda dibanding biasanya. Yaitu kita akan mengulas seputar pendaftaran Tentara Nasional Indonesia nih. Waw, keren banget gak sih? Bagi kamu yang tertarik untuk mengabdikan diri demi menjaga keamanan dan pertahanan negara. Bisa banget nih buat mendaftar di pendaftaran calon TNI AL Bintara 2020.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) terbagi menjadi 3 angkatan, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan LAut (AL), dan Angkatan Udara (AU). TNI berperan dalam menjaga kedaulatan negara baik dari pemberontakan yang terjadi pada internal maupun eksternal, gerakan terror, hingga potensi serangan dari luar.

Tentu saja karena tanggungjawabnya yang besar, maka setiap tentara harus memiliki fisik yang kuat juga cerdas, disiplin, tangkas, bertanggungjawab, dan berani. Nah tentu untuk membangun karakter hingga ideal seperti ini harus berpatisipasi dalam pelatihan militer agar dilatih mengenai segala keahlian khusus.

Selain itu siapa bilang kalau ingin masuk TNI itu cuma bisa oleh lulusan Akademik Militer atau pendidikan terkait? Justru setelah lulus SMP dan SMA pun kamu tentu saja bisa mendaftar biasanya pada lulusan ini akan dimasukkan sebagai bagian Tamtama atau Bintara, baik itu AS, AL, maupun AU.

Nah begitu kamu menempuh studi pada bidang militer tersebut, setelah lulus nanti lulusan berhak menyandang sebagai pangkat Letnan Dua dan berkarier sebagai Perwira TNI. Mantep kan? Buat kamu yang tertarik, yuk baca dan cermati seluruh informasinya berikut ini.

Pendaftaran online dibuka dari tanggal 1 – 22 September 2020
Untuk validasi pendaftaran dibuka tanggal 1 – 22 September 2020 di tempat-tempat pendaftaran

Persyaratan Umum Pendaftaran Calon TNI AL Bintara 2020

Pendaftaran Calon TNI AL Bintara 2020
  1. Merupakan Warga Negara Republik Indonesia, pria dan wanita, beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945
  3. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  4. Usia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada tanggal 24 November 2020
  5. Minimal lulusan SMA/MA/MK, semua jurusan dengan nilai rata-rata (UAN ditambah UAS) minimal 5,5 atau kelas 12 dengan nilai rata-rata raport semester 1 – 5 tidak kurang dari 6,50 dan sudah terdaftar sebagai peserta UAN
  6. Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk Caba wanita dengan berat badan yang seimbang
  7. Memiliki perilaku baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
  8. Sehat jasmani dan rohani
  9. Tidak bertato dan bertindik atau ada bekasnya
  10. Tidak buta warna dan tidak berkaca mata atau menggunakan kontak lens
  11. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma dan selama 2 tahun setelah selesai pendidikan.
  12. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Sersan Dua.
  13. Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Indonesia
  14. Memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK) sesuai dengan domisili masing-masing
  15. Surat Keterangan Domisili Calon dari Koramil/Kodim Setempat.

Persyaratan Khusus Pendaftaran Calon TNI AL Bintara

  • Berijazah SMA atau sederajat dari semua jurusan dengan nilai minimal rata-rata UN dan UAS 5,5 atau siswa kelas 12 dengan nilai minimal rata-rata semester 1 – 5 adalah 6,50
  • Bersedia menjalani ikatan dinas 10 tahun setelah sudah dilantik menjadi sersan Dua

Cara Pendaftaran Calon TNI AL Bintara 2020

  1. Calon mendaftar secara online dan mengisi formulir pendaftaran di website al.rekrutmen-tni.mil.id
  2. Calon harus mendaftar ulang secara tatap muka di tempat yang sudah ditentukan. Berikut adalah list lokasinya disini
  3. Bawa berkas-berkas berupa : formulir pendaftaran, dokumen asli Akta Kelahiran, KTP, KTP orangtua atau wali, KK, Ijazah, SKHU SD, SMP, SMA sederajat dan di fotocopy satu lembar, pas foto hitam putih paling baru dengan ukuran 4×6 2 lembar dan 3×4 tiga lembar
  4. Pendaftar mengenakan kemeja putih dan celana berbahan kain warna hitam
  5. Membawa stopmap biru

Pendaftaran
Deadline: 22 September 2020
Daftar ulang: 1 – 22 September 2020
Setiap kategori memiliki jadwal yang berbeda, silahkan cek di portal pengumuman

Untuk sumber referensi lengkapnya, silahkan cek :
http://al.rekrutmen-tni.mil.id/bapk/halaman/berita/persyaratan/al.html
http://al.rekrutmen-tni.mil.id/aal/halaman/berita/persyaratan.html

Sekian Info dari kami tentang Pendaftaran Calon TNI AL Bintara 2020 untuk Lulusan SMA Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.


Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close