Kedinasan

Ini Daftar Sekolah Kedinasan Yang Perlu Kamu Ketahui – Part 3

Hallo sahabat Edura! Setelah kemarin admin membahas sebagian daftar nama-nama sekolah kedinasan, Sekarang admin akan memberikan lebih banyak wawasan tentang sekolah kedinasan. Karena banyak sekali sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, jadi admin membuat hingga 3 part loh! jika kalian belum lihat yang part 1, kalian bisa liat di Sekolah Kedinasan – Part 1 dan berikut Sekolah Kedinasan – Part 2. Semoga kalian terus berusaha dan akhirnya dapat di terima di kedinasan yang kalian idam-idamkan.

Ini Daftar Sekolah Kedinasan Yang Perlu Kamu Ketahui – Part 3

Motivasi Admin membuat post/artikel seperti ini adalah untuk menambah luas pengetahuan tentang sekolah kedinasan. Dengan kata lain, banyak sekali sekolah kedinasan yang baru admin ketahui pada saat menulis artikel ini. Pada saat melihat sekolah kedinasan yang banyak ini, semoga kalian memilih sekolah kedinasan yang sesuai dengan kemampuan kalian. Jangan sampai kalian salah mengambil sekolah kedinasan, karena tuntutannya yaitu nilai yang bagus. Bahkan tidak jarang juga ada mahasiswa/siswa dari sekolah kedinasan ini yang akhirnya di keluarkan karena nilainya tidak kunjung bagus. Selain itu, semoga wawasan kalian semakin terbuka. Jangan sampai kalian fokus terhadap PTN, karena apabila ada kesempatan jangan sampai kalian sia-siakan. Siapa tau rezeki kalian ada di sekolah kedinasan. Lalu, jangan lupa share ke teman kalian. Bisa juga karena kebaikan jari kalian, membagikan postingan ini membuat teman kalian daftar di sekolah kedinasan dan akhirnya diterima disana. Mari langsung saja simak Sekolah Kedinasan yang terdapat di Indonesia, diantaranya

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil

STT Tekstil (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil) pada mulanya bernama TIB (Textiel Inrichting Bandoeng) yang didirikan oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1922. TIB ini didirikan untuk membina industri tekstil dan menyiapkan tenaga ahli di bidang tekstil. Namun pada jaman pemerintahan Jepang namanya diganti menjadi Orimono Shinkensyo.

Setelah itu, Sejak tahun 1981. ITT(Institut Teknologi Tekstil) dibagi menjadi dua lembaga yaitu Balai Besar Tekstil dan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, berdasarkan Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 6 Juni 1981.

Sekitar tahun 1980, ekspor dari komoditi tekstil telah menghasilkan devisa yang nilainya signifikan bagi negara; dan lulusan STTT telah memberikan kontribusi yang besar dalam menghasilkan devisa ini. Sampai saat ini, STTT adalah satu-satunya perguruan tinggi di bidang tekstil milik pemerintah. Kampus mandiri STTT terletak di Jalan Jakarta No. 31 Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40272.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. Pada awalnya, Sekolah Tinggi Transportasi Darat bermula dari didirikannya  ALL (Akademi Lalu Lintas) pada tanggal 8 September 1951 oleh Presiden Ir. H. Soekarno. Namun pada tahun 1964 ALL tidak dioperasikan atau tidak ada kegiatan baik belajar maupun mengajar karena ada alasan tertentu.

Namun pada tanggal 5 Desember 1980 Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas. Pada saat diaktifkan kembali, namanya tidak lagi ALL (Akademi Lalu Lintas) melainkan diganti dengan nama BPL-ALLAJR (Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya), namun masih disebut – sebut dengan nama Akademi Lalu Lintas. BPL-ALLAJR hanya menyelenggarakan program Diploma III Ahli LLAJR.

Pada tanggal 10 Maret 2000 Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan kualitasnya menjadi STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat). Sekolah Tinggi ini menyelenggarakan 1 Program Diploma II, 3 Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4 Yaitu : Program Diploma IV Transportasi Darat, Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Program Diploma III Perkeretaapian, Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan), dan Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor). Beralamat di Jl. Raya Setu No. 89 Cibuntu,Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Penyelenggaraan pendidikan kader pemerintahan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri yang terbentuk melalui proses perjalanan sejarah yang panjang. Awal berdirinya dimulai sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1920, dengan terbentuknya sekolah pendidikan Pamong Praja yang bernama OSVIA (Opleiding School Voor Inlandshe Ambtenaren) dan MOSVIA (Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren). Para lulusannya dimanfaatkan untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan Hindia Belanda. Dimasa kedudukan pemerintah Hindia Belanda, penyelenggaraan pemerintahan Hindia Belanda dibedakan atas pemerintahan yang langsung dipimpin oleh kaum atau golongan pribumi yaitu BBC (Binnenlands Bestuur Corps) dan pemerintahan yang tidak langsung dipimpin oleh kaum atau golongan dari keturunan IBC (Inlands Bestuur Corps).

Namun setelah banyak melakukan perubahan mulai dari nama hingga sistem pelajaran akhirnya Berdasarkan Keppres No. 87 Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan IIP (Institut Ilmu Pemerintahan) menjadi IPDN. Beralamat di Jalan Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363.

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir

STTN (Sekolah Teknologi Nuklir) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada dibawah naungan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dan secara resmi merupakan salah satu wadah yang paling cocok dan satu-satunya di Indonesia yang dapat menghasilkan tenaga profesional Diploma 4 dalam bidang teknologi nuklir. Gelar yang diperoleh adalah Sarjana Sains Terapan.

Pada tahun 1985 Perguruan tinggi ini awalnya bernama PATN (Pendidikan Ahli Teknik Nuklir). Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Dirjen BATAN Nomor: 53/DJ/1985. Namun jenjang pendidikan hanya ada Diploma III. Untuk mengantisipasi kemajuan teknologi nuklir di era globalisasi perlu dipersiapkan Sumber Daya Manusia yang ahli dibidang tenaga nuklir, untuk itu PATN perlu ditingkatkan menjadi STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir). Perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh peraturan-peraturan, pengetahuan, dan ketrampilan yang dituntut : UUD 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pimpinan BATAN yang menginginkan PATN menjadi Perguruan Tinggi yang Profesional dalam membina dan menyiapkan SDM yang berkualitas.

Pada tanggal 24 Agustus 2001 STTN dibuka secara resmi oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Ir. M. Hatta Rajasa ditandai dengan penandatanganan prasasti, dengan harapan nantinya STTN menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai kualifikasi Nasional dan Internasional serta dengan legalitas yang berlaku.


Penutup

Sekian Info dari kami tentang Daftar Sekolah Kedinasan Yang Perlu Kalian Ketahui – Part 3. Jika kalian masih bingung tentang sekolah kedinasan berikut ada pembahasan tentang Sekolah Kedinasan – Part 1 dan Part 2 dapat melihat kembali di Sekolah Kedinasan – Part 1 dan berikut Sekolah Kedinasan – Part 2.Untuk konsultasi khususnya mengenai kedinasan, Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kami untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

 

Tags

Related Articles

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Setelah kemarin admin membahas tentang Daftar Sekolah Kedinasan mulai dari Part 1, Part 2 hingga Part 3. Sekarang admin akan membahas tentang Pendaftaran Bintara Polri 2019. Sebelum kita melihat apa […]

Close