Kampus

Tips Untuk Kamu Mahasiswa Baru

Kuliah merupakan dambaan bagi para siswa. Apalagi untuk temen temen yang masuk Perguruan Tinggi yang telah didamba dambakan sebelumnya. Berkuliah bisa saja disebut sebuah jembatan menuju dunia pekerjaan. Karena itu temen temen jangan mengangap remen dunia perkuliahan. Menimba ilmu di Perguruan Tinggi  tak semudah yang temen temen alami di dunia persekolahan sebelumnya. Perlu yang namanya sebuah ancang ancang sebelum masuk dunia perkuliahan. Tekanannya pun lebih kompleks ketimbang dunia persekolahan. Karena itu temen temen harus memiliki bekal sebelum masuk dunia Kuliah.

Kali ini admin akan membagikan tips tips untuk kamu para Mahasiswa Baru yang ingin sukses. Simak Kiat Kiat sukses sebelum masuk dunia perkuliahan ini ya.

Tips Untuk Kamu Mahasiswa Baru

Tips ini diperuntukkan untuk kamu mahasiswa baru

Mempersiapkan Mental

tips untuk mahasiswa baru

Perguruan Tinggi terdiri dari orang orang yang berbeda tidak seperti SMA yang bisa disebut lingkungan yang Homogen. Dimulai dari suku, bahasa dan bisa agama (bagi MA) yang sama. Namun sangat berbeda pada dunia Perkuliahan. “Lingkungan perkuliahan itu Heterogen”- Dosen FTIP. Dengan artian setiap mahasiswanya memiliki ragam suku, bahasa, agama, cara berfikir dan tingkat kemarahan dan lain lain. Misalnya ada orang suku Jawa yang setiap harinya berkata dengan nada yang rendah bertemu dengan suku medan yang setiap harinya berkata dengan nada yang agak tinggi. Hal tersebut sebagai mahasiswa harus di tanggapi dengan bijaksana.

Apalagi membahas Desen ga akan ada habisnya. Dosen memiliki beragam sifat, biasanya mahasiswa mengelompokannya “Dosen Baik dan Dosen Killer” jadi kalian harus pinter pinter nyari info ke kating ya.

Mengatur Jadwal

tips untuk mahasiswa baru

Dengan pelajaran yang lebih kompleks apalagi kamu yang mendapatkan di jurusan saintek, kalian akan menemukan yang namanya praktikum dan yang paling menguras tenaga adalah mengerjakan laporan praktikum /LogBook. Jadi susunlah prioritas dari atas sampai bawah. Kalau admin sih prioritasnya seperti ini

  1. Keluarga
  2. Akademik
  3. Organisasi (BEM)
  4. UKM
  5. Bermain

Melengkapi Alat alat Penunjang Perkuliahan

tips untuk mahasiswa baru

Pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat berbeda. Bila di SMA kita hanya mengandalakan Pensil, pulpen dan Buku Pelajaran saja, kini kamu harus memiliki yang namanya Laptop, Kuota internet, Link untuk mengakses jurnal, buku pelajaran yang terdiri dari berbagai buku yang tidak diberikan oleh dosen (gambaran umum).

Mempunyai printer sendiri sangat membantu kamu yang nantinya hanya membutuhkan 1 atau 2 lembar saja untuk mengeprint gambar atau sebagainya, Apabila kamu sedang mager di kosan.

Belajar dengan Fokus

tips untuk mahasiswa baru

Fasilitas kampus yang memunjang, Laboratorium yang lengkap, Wifi yang cepat dan perpustakaan yang megah bisa menjadikan kamu mahasiswa yang berperstasi. Balik lagi kediri sendiri “Bila kamu bisa memanfaatkan kamu akan berhasil, bila kamu hanya acuh ta acuh maka akan sebaliknya”.

Kamu bisa belajar di Perpustakaan sentral, suasana yang hening dan membantu membuatmu fokus belajar di dalam perpustakaan. Bila dirasa waktu belajar tidak cukup maka temen temen bisa meminjamnya untuk 1 atau 2 minggu kedepan.

*jangan lupa ngembaliin buku ya

Membuat Target IPK

tips untuk mahasiswa baru

Membuat target akan memudahkan kita untuk mengeluarkan kemampuan dan waktu kita. Misalnya target IP kamu adalah 3.5 maka kamu tidak usah susah susah untuk mengejar nilai A untuk semua mata pelajaran. Kamu bisa saja mendapatkan nilai B di lain pelajaran. Kita analogikan seperti 2+2=4 bila kamu ingin mendapatkan nilai 4 maka kamu bisa saja mengambil cara 3+1=4 kan banyak cara juga untuk mendapat nilai 4.

Mengikuti Organisasi

tips untuk mahasiswa baru

Dalam dunia kerja temen temen harus memiliki yang namanya Softsikills . Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Bagaimana sih bisa mendapatkan softskills. Softskill tidak bisa didapatkan pada jam perkuliahan saja. Namun softskills dapat di dapatkan melalui temen temen mengikuti organisasi atau UKM kampus. Misalnya Mengikuti BEM,BPM, ataupun ukm futsal  dan lain sebagainya.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Tips Untuk Kamu Mahasiswa Baru.  Informasi yang kami ambil merupakan Opini dari pengalaman penulis  .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close