Kampus

Mengapa Mahasiswa Sulit Mendapatkan Pekerjaan setelah Lulus Kuliah?

Hal yang paling menakutkan pada masa kuliah, khususnya teruntuk mahasiswa tingkat akhir itu bukan cuma tuntutan skripsi yang melanda. Tapi dunia yang akan kamu hadapi begitu kamu lulus kelak. Jangan samakan lulus kuliah ketika masa kelulusan masa sekolah yang bisa hura-hura tanpa berpikir kedepan. Justru masa kelulusan atau selesainya kamu dari masa perkuliahan inilah kekejaman hidup yang sebenarnya itu dimulai. Salah satu ujian yang paling menjadi momok yang menakutkan adalah ketika sulit mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus kuliah.

Ironisnya masalah kesulitan dalam mencari kerja ini sangat umum terjadi tidak peduli dari lulusan jurusan atau kampus manapun. Bahkan sering pula terjadi pada mahasiswa lulusan cumlaude dari kampus ternama pun turut mengalami susahnya mendapatkan pekerjaan. Kira-kira mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Penyebab Mahasiswa Sulit Mendapatkan Pekerjaan

sulit mendapatkan pekerjaan
Image from freepik.com

1. Tidak mengikuti langkah lamaran kerja dengan benar

Sering sekali terjadi, mentang-mentang ingin cepat diterima maka kamu main sebar sembarangan CV mu itu ke ratusan alamat email perusahaan tanpa peduli apa permintaan atau persyaratannya. Jangankan kedua hal itu, bahkan kamu tidak tahu perusahaan apa yang sedang kamu lamar. Layaknya belanja, melamar pun perlu melibatkan ketelitian dimulai dari perusahaan apa yang sedang kamu lamar, posisi atau rekrutmen apa yang perusahaan butuhkan, dokumen yang diminta, dll.

Karena perusahaan punya permintaan dokumen yang berbeda. Ada yang hanya membutuhkan CV saja atau disertai portofolio, ada yang lengkap bersama cover letter dan surat lamaran dll. Selain itu jangan anggap remeh akan pengisian subject ketika mengirimkan berkas lamaran di email. Karena subject yang dibiarkan kosong sering sekali diabaikan.

2. Fresh graduate = tidak punya pengalaman?

Walaupun sebetulnya sudah banyak perusahaan yang menerima saja mahasiswa lulusan baru tanpa pengalaman. Tapi bukan berarti cuek-cuek saja jika CV mu kosong. Intropeksi diri bila hal ini terjadi padamu.

Baru lulus kuliah bukan berarti hanya menghabiskan waktu kupu-kupu doang. Target kuliah itu ada supaya mahasiswanya kelak bisa lebih aktif dalam memecahkan masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya.
Mahasiswa dicetak supaya bisa peduli dan mau berpatisipasi untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Kalian itu cendekiawan, maka jangan kuliah hanya berpatok pada “supaya bisa dapat kerja” saja.

Aktiflah dalam organisasi, kegiatan sosial, dan berbagai aktivitas relawan yang sekarang ini rekrutmen nya bisa ditemukan dengan mudah di internet. Jangan lupa banyakin cari pengalaman dari magang juga.

Justru dari pengalaman inilah yang akan menjadi pertimbangan bagi HRD perusahaan karena kamu sudah punya sikap profesional walaupun tanpa dibayar.

3. Baru Cari Kerja Saat Sudah Lulus

Lah? Justru di zaman yang persaingannya sudah semakin mengerikan ini, segala pun harus dilakukan sedini mungkin. Era sekarang alangkah bijaknya jika kamu selalu membiasakan untuk selangkah lebih dulu dibandingkan teman-temanmu termasuk dalam hal mencari kerja.

Jadi mulailah mencari kerja dikala kamu sudah menginjak mahasiswa tingkat akhir, bahkan kalau bisa mulailah untuk konsisten supaya bisa terus bertahan pada tempatmu bekerja, apalagi jika karirmu itu nyambung sama jurusannya.

Saat ini sudah banyak kok perusahaan Startup yang membuka lowongan yang bisa dikerjakan secara online, part time, dan freelance. Jadi begitu sudah lulus setidaknya sudah ada sesuatu yang sudah kamu pegang dan lebih tenang.

Di artikel ini ada penjelasan lebih spesifik kenapa selangkah lebih depan dari mahasiswa lain itu sangat penting!

4. Jangan Ansos! Yuk Cari Temen

Lagi-lagi jaringan pertemanan itu sekarang ini penting banget. Karena dari asal kenal inilah yang bisa mempermudah kamu dalam mencari lowongan kerja. Ya.. cara cari temannya ya kembali lagi bisa dari berbagai kegiatan sosial melalui komunitas, organisasi, relawan, magang, dll. Soalnya memang kalau melamar dengan cara formal seperti mengirim berkas pada seluruh email perusahaan itu kurang efektif.

Pada akhirnya lebih afdol kalau kamu setidaknya punya kenalan yang pernah bekerja di perusahaan terkait. Kalau beruntung bisa saja kamu punya teman yang sudah menjabat sebagai CEO Startup. Ayo lah zaman sekarang orang sukses muda tuh udah banyak. Makannya jangan lewatkan peluang ini!

Sekian Info dari kami tentang Mengapa Mahasiswa Sulit Mendapatkan Pekerjaan setelah Lulus Kuliah? Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close