JurusanKampus

Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa dari Jurusan Manapun

Bagi kamu yang tahun ini akan menempuh jenjang pendidikan baru pasti memiliki perasaan campur aduk antara sukacita dan galau. Tentu saja karena dunia kuliah itu akan sangat berbeda 180 derajat bila dibandingkan pada masa kamu SMA dulu. Tidak seperti SMA, modal pintar akademik pun tidak cukup untuk menjamin masa depan kamu sebagai mahasiswa. Hal ini karena ada beberapa skill yang wajib dikuasai mahasiswa tidak peduli darimana jurusannya berasal.

Memang terdengar menyebalkan karena mengasah skill baru itu bukanlah perkara gampang. Tapi ya begitulah adanya, perguruan tinggi selalu menuntut lebih mahasiswanya agar bisa beradaptasi pada perubahan standar. Mahasiswa dituntut harus bisa maksimal pada kemampuan akademik maupun non-akademik.

Bahkan walaupun cepat lulus dan meraih IPK cumlaude harus jadi prioritas utama. Tapi tetap saja dunia kerja tidak begitu mengindahkan mahasiswanya yang masih memiliki pola pikir robot yang kerjaan selama kuliahnya hanya sebatas kupu-kupu (kuliah-pulang).

Sebaliknya masa kuliah adalah fase dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka yang sesungguhnya. Hal ini supaya ketika terjun di dunia kerja, lulusannya dapat beradaptasi pada standar zaman kini yang banyak tuntutan dan syaratnya.

Nah, biasanya dari sekian banyaknya pengasahan softskill dan hardskill, ada beberapa skill “masa kini”, tidak peduli dari jurusan manapun kamu atau posisi yang dilamar pasti akan berguna dan sangat disarankan untuk dikuasai, dilansir dari edura.id.

Pilihan Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa, Sangat Berguna di Dunia Kerja

Public Speaking

skill yang harus dikuasai
Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Kemampuan ini tidak hanya sebatas pidato atau berbicara di depan umum saja. Tapi bagaimana caranya agar kamu bisa menyampaikan argumenmu dengan baik. Bisa dibilang public speaking ini adalah kemampuan dasar agar kamu dapat mudah beradaptasi pada sesama rekan kerja atau atasan.

Tidak peduli kepribadianmu adalah introvert atau sosok yang tidak begitu suka gagasan sosialisasi, interaksi, atau mager untuk berbaur dengan banyak orang. Tetap saja setidaknya jangan sampai kamu mengabaikan skill ini.

Karena tidak peduli posisi kerja, atau proker yang kamu kerjakan, koordinasi adalah sesi yang pasti akan kamu hadapi. Apalagi saat di dunia kerja nanti sudah tidak ada toleransi bila kamu masih grogi dan terbata-bata saat presentasi di depan atasan.

Desain grafis

skill yang wajib dikuasai mahasiswa
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Belajar desain tidak perlu harus kuliah di jurusan DKV atau FSRD. Bahkan kemampuan ini tidak menuntutmu harus menguasai sampai level expert. Tapi jika kamu sampai tidak bisa membuat desain sama sekali itu yang cukup bahaya.

Karena di zaman sekarang, setiap perusahaan pasti membutuhkan kemampuan dasar menggunakan, minimal 1 aplikasi desain. Bahkan saat presentasi pun tidak mungkin kan menampilkan ppt yang asal-asalan?

Memang mengembangkan skill desain bukan perkara gampang, tapi bukan berarti mustahil untuk dipelajari. Sekarang kan sudah ada berbagai tutorialnya di berbagai sumber internet. Modal yang kamu butuhkan tinggal rajin dan konsisten saja.

Tidak harus sejago kelas pro, minimal menguasai salah satu aplikasi atau tahu platform yang bisa menghasilkan desain dengan cepat.

Search Engine Optimization (SEO)

skill yang wajib dikuasai mahasiswa
Photo by Webaroo on Unsplash

Buat yang masih asing dengan istilah ini, SEO adalah kemampuan dalam menghasilkan konten yang optimal agar suatu website bisa mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian atau telusuran Google.

Misalnya saja ketika kamu ingin mencari sesuatu di internet, seperti contoh “tips membersihkan rumah saat pandemik” maka Google akan memberikan hasil penelusuran dari berbagai situs bukan?

Nah bisa dibilang banyak pihak perusahaan yang berlomba-lomba agar website resminya bisa lebih mudah diidentifikasi oleh mesin pencarian. Sehingga kemampuan SEO sangat dicari khususnya bagi kamu yang menekuni karir di bidang media online atau hal-hal yang berkaitan dengan digital.

Untuk bisa menguasai skill SEO ini diperlukan pemahaman pada bagaimana sistem kerja, indikator utama SEO, dan algoritma Google.

Fotografi

Photo by Reinhart Julian on Unsplash

Serupa seperti desain grafis, dalam menguasai fotografi pun tak harus sampai level pro. Minimal kamu dapat memahami cara mengoperasikan kamera secara manual. Pastinya mempelajari kamera sendiri bisa minta diajarkan temanmu, atau gabung UKM di bidang fotografi. Supaya bisa dapat pelatihan gratis.

Menulis

Photo by Aaron Burden on Unsplash

Memang kemampuan menulis ini sudah diharuskan untuk diasah selama perkuliahan, entah dalam berbagai hasil karya seperti jurnal, artikel, skripsi, essay, dll.

Namun di dunia kerja pun menulis pun menjadi basic yang pasti akan sering dijumpai. Bahkan ketika bekerja pada lingkup media digital pun, hanya sesederhana membuat caption atau konten media sosial pun bisa menjadi rumit.

Selain harus memiliki banyak ilmu atau referensi yang mumpuni, juga turut melibatkan kreativitas yang tentunya membutuhkan waktu supaya bisa terasah dan dapat menyesuaikan dengan keinginan pasar.

Sekian Info dari kami tentang Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa dari Jurusan Manapun Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih


Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close