Kampus

Setelah Lulus Kuliah mau Ngapain? Mahasiswa WAJIB Baca

Pertanyaan yang sangat umum dilontarkan oleh mahasiswa adalah “setelah lulus kuliah ngapain ya?”. Tentu saja bekerja adalah opsi utama yang harus dicapai karena memang itulah tujuan kuliah sejak awal.

Masalahnya dalam kehidupan ini tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar. Jadi tolong teruntuk kamu yang berstatus mahasiswa entah dari jenjang apapun itu untuk mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini.


Daily reminder..

Mempersiapkan segala hal setelah lulus kuliah harus diperlakukan layaknya long-term planning. Jangan begitu lulus kuliah baru dipikirin next step kamu apa, seperti well udah lulus nih sudah waktunya cari kerja, ngurus CV, cari pengalaman,magang,dkk. Percayalah itu adalah langkah yang lambat dan bisa dikatakan sangat terlambat.

Setelah lulus kuliah adalah masa dimana kamu terjun pada dunia dewasa yang sangat identik akan persaingan sengit dalam menggapai karir atau impian. Jadi persiapan dalam menghadapi kehidupan sesudah lulus kuliah harus sudah dilakukan BAHKAN saat kamu masih berada di bangku kuliah.

Jadi kalau misalnya kamu ngerasa ada beberapa kebiasaan buruk atau tujuan yang ingin dicapai entah itu target karir lah bisnis lah, maka RENCANAKAN dan LAKUKAN SAAT MASIH KULIAH.

Jangankan target hidup, ironisnya justru masih banyak juga mahasiswa yang malah terlalu menikmati masa perkuliahannya sampai tidak membuat plan kedepan. Atau yang terlalu fokus ingin lulus cepat, dalam waktu 3,5 tahun tapi tidak mempertimbangkan saat lulus apa yang akan kamu lakukan nantinya.

beberapa kebiasaan buruk yang harus dihilangkan di saat ini juga demi kehidupan setelah lulus kuliah yang lebih cerah.

Hidup hanya bergantung dari transferan orangtua

Di masa kerja nanti kamu tidak bisa terus bergantung pada orangtua selamanya, apalagi kalau urusan finansial. Selain masalah harga diri, tentu orangtua kita semakin lama akan semakin tua dan justru harusnya kitalah yang sudah saatnya bisa meringankan beban mereka.

Nah, maka selama kuliah justru mulailah belajar mencari uang sendiri. Minimal bisa freelance atau part time. Tidak harus yang bidangnya sama dengan jurusan, walaupun satu jurusan lebih baik. Setidaknya kamu bisa mengasah profesionalitas selama bekerja dan bangga karena bisa menghasilkan uang sendiri.

Berfoya-foya

Kehidupan setelah kuliah tidak hanya sebatas menggapai karir dan dapat gaji, jangan lupakan financial planning. Selain itu jangan pernah remehkan kebiasaan buruk borosmu karena sikap seperti ini tidak mudah hilang.

Jangan sampai foya-foya terbawa sampai saat sudah bekerja dan yang paling parah.. terlilit hutang. Mumpung masih kuliah mulailah belajar mengendalikan diri dan belajarlah untuk bisa meraih financial freedom seperti rajin menabung, memiliki berbagai passive income, dll. Sudah banyak loh seminar dan tips-tips mengenai hal ini. Nih beberapa rekomendasi passive income yang bisa dilakukan oleh kamu selama kuliah.

Mengerjakan tugas saat deadline

Mungkin saat kuliah efeknya tidak begitu terasa karena merasa diri tidak keberatan bila harus tidur larut malam dan merupakan tipe orang yang bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat.

Tapi kebiasaan ini akan sangat merugikan bila diteruskan saat kerja. Walaupun bekerja selalu identik juga dengan job dadakan tapi sering juga diberi project yang penyelesainnya cukup kompleks dan perlu mengerjakannya jauh-jauh hari. Coba bayangkan bila kondisi kacau seperti ini terjadi saat sudah di dunia kerja? Auto pecat sih.

Lalu Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan di kehidupan setelah lulus kuliah?

setelah lulus kuliah
Photo by Hunters Race on Unsplash

Mengikuti kursus atau pelatihan

Hal ini bisa dilakukan ketika kamu masih kuliah atau usai lulus (bila kondisi waktu memungkinkan). Bidangnya sendiri bisa mengikuti bakat atau minat yang mungkin tidak sempat kamu pelajari di kampus, atau bisa juga survey sekilas kira-kira skill mana yang sekiranya sangat fleksibel dan dibutuhkan tak peduli pada posisi pekerjaan manapun.

Memiliki kemahiran apalagi sampai menjadi passion pada bidang tertentu pastinya sangat disukai oleh perusahaan. Apalagi dengan mengikuti kursus pastinya akan diberi semacam sertifikat atau pengakuan resmi atas bidang yang kamu kuasai, tentu saja hal ini bisa mempercantik CV kamu. Saat ini sudah banyak juga pelatihan yang bisa diselenggarakan secara online seperti kursus bahasa, pemrograman, desain grafis, toefl, IELTS, dll.

Plan kedepan untuk beasiswa S2 ke luar negeri

Jangan remehkan gelar Master apalagi bila hasil lulusan dari luar negeri karena peluang masa depannya sangant menjanjikan. Tentu saja kamu bisa mempersiapkan ini sambil bekerja. Hanya saja persiapannya butuh tenaga dan kesabaran ekstra.

Karena bisa mendapatkan beasiswa S2 apalagi sampai ke luar negeri tuh perkara yang SANGAT sulit. Tidak bisa begitu saja menemukan penawaran beasiswa kamu bisa langsung daftar dan langsung keterima.

Selain itu persyaratan dan berkas yang dikumpulkannya pun cukup sulit, bahkan sekedar memahami langkah-langkah prosedur beasiswa nya pun tidak bisa sekali baca langsung paham. Sering-seringlah mengikuti seminar, membeli buku seputar beasiswa atau kampus luar negeri, dan persiapkan score TOEFL dan IELTS terbaikmu, dan masih banyak lagi.

Mendaftar menjadi PNS

Walaupun sangat dianjurkan bila kamu punya pilihan opsi pekerjaan lain atau dirimu sendiri sudah dalam kondisi sudah bekerja. Karena persaingan ujian seleksi PNS sendiri cukup sulit. Memang profesi sebagai PNS ini memiliki masa depan yang cukup menjanjikan dengan gaji yang cukup besar. Walau sekali lagi tetap jangan bergantung pada 1 rencana saja, terus persiapkan back up bila rencana pertamamu tidak berjalan sesuai yang diinginkan.

Sekian Info dari kami tentang Setelah Lulus Kuliah mau Ngapain? Mahasiswa WAJIB Baca Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih


Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close