Kampus

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

Tahun 2019 ini merupakan tahunnya masyarakat Indonesia dalam mengadakan pesta demokrasi. Pesta demokrasi ini di realisasikan dengan cara pemilihan umum, mulai dari pemilihan Presiden sampai Wakil Presiden sampai ke DPRD. Politik ditahun 2019 ini bisa saja menjadi sangat panas dikarenakan PEMILU ini hanya terdapat 2 pilihan dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. PEMILU ini berlangsung tidak terlepas dari yang namanya ilmu politik. Dengan ilmu politik dapat mensukseskan pesta demokrasi dan mendapat masukan masukan bagi pemenang pemilu. Maka dari itu banyak sekali kan prospek kerja ilmu politik. Ilmu Politik.

Program Studi Ilmu Politik

Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Ilmuwan politik mempelajari alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan, peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik. Mereka mengukur keberhasilan pemerintahan dan kebijakan khusus dengan memeriksa berbagai faktor, termasuk stabilitas, keadilan, kesejahteraan material, dan kedamaian. Beberapa ilmuwan politik berupaya mengembangkan ilmu ini secara positif dengan melakukan analisis politik. Sedangkan yang lain melakukan pengembangan secara normatif dengan membuat saran kebijakan khusus.

Studi tentang politik diperumit dengan seringnya keterlibatan ilmuwan politik dalam proses politik, karena pengajaran mereka biasanya memberikan kerangka pikir yang digunakan komentator lain, seperti jurnalis, kelompok minat tertentu, politikus, dan peserta pemilihan umum untuk menganalisis permasalahan dan melakukan pilihan. Ilmuwan politik dapat berperan sebagai penasihat untuk politikus tertentu, atau bahkan berperan sebagai politikus itu sendiri. Ilmuwan politik dapat terlihat bekerja di pemerintahan, di partai politik, atau memberikan pelayanan publik. Mereka dapat bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau pergerakan politik. Dalam berbagai kapasitas, orang yang dididik dan dilatih dalam ilmu politik dapat memberi nilai tambah dan menyumbangkan keahliannya pada perusahaan. Perusahaan seperti wadah pemikir (think-tank), institut riset, lembaga polling dan hubungan masyarakat sering mempekerjakan ilmuwan politik.

Prospek Kerja Ilmu Politik

Lulusan dari jurusan ini mempunyai peluang kerja yang sangat fleksibel. Bisa tetap di bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, atau anggota DPR. Namun banyak juga lulusan yang kemudian berkecimpung di bidang akademis, sebagai peneliti, dosen, atau analis politik. Lebih jauh dari kedua bidang tersebut, ada juga lulusan yang bekerja di bidang ekonomi, perbankan, dan bisnis.

Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang

ilmu politik

Mengadakan sidang untuk merekomendasikan atau membuat keputusan terkait program pemerintah atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pemerintah. Menentukan kewajiban, sangsi, atau penalti, serta merekomendasikan penerimaan atau penolakan klaim dan penyelesaian. Gaji Rata-rata 5 juta

Asisten Legal dan Paralegal

ilmu politik

Membantu pengacara dengan meyelidiki fakta-fakta, menyiapkan dokumen legal, atau meneliti preseden hukum. Melakukan penelitian untuk mendukung proses hukum, untuk merumuskan pembelaan, atau untuk mengajukan tindakan hukum. Gaji Rata-rata 5 juta.

Peneliti Politik

ilmu politik

Mempelajari asal usul, perkembangan, dan operasi sistem politik. Dapat mempelajari berbagai topik, seperti opini publik, pembuatan keputusan politik, dan ideologi. Dapat menganalisis struktur dan operasi pemerintah, serta berbagai entitas politik. Melakukan survei opini publik, menganalisis hasil pemilu, atau menganalisis dokumen publik. Rata rata gaji 6 juta.

Penyiar Berita

ilmu politik

adalah pembawa acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional dikenal tiga kategori yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (anchor).

Dosen Ilmu Politik

ilmu politik

Mengajar studi yang berkaitan dengan bidang ilmu politik, urusan internasional, dan hubungan internasional kepada siswa sekolah ataupun mahasiswa. Metode pengajarannya termasuk penelitian. Pekerjaan seorang pengajar ilmu politik bisa merupakan kombinasi antara mengajar dan meneliti.

Pegawai Yudisial

ilmu politik

Pegawai yudisium bertugas sebagai membantu hakim dalam menyiapkan dokumen atau melakukan riset.

Analis Intelijen

ilmu politik

Mengumpulkan, menganalisa dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber, seperti data pelaksanaan hukum, pengawasan jaringan atau sistem informasi geografi. Menggunakan data intelijen untuk mengantisipasi dan mencegah aktivitas tindak kejahatan terencana, seperti terorisme.

Direktur Manajemen Darurat

ilmu politik

Merencanakan dan mengarahkan respon akan bencana atau aktivitas krisis manajemen, memberikan pelatihan kesiapsiagaan bencana, dan menyiapkan rencana darurat dan prosedur saat terjadi bencana alam (misalnya, badai, banjir, gempa bumi), perang, atau bencana teknologi (misalnya, keadaan darurat pada pembangkit listrik tenaga nuklir atau bahan tumpahan berbahaya) atau jika terjadi penyanderaan.

Wartawan

ilmu politik

Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur.

Konsultan Politik

ilmu politik

Prospek kerja ini merupakan penasihat atau konsultan kandidat dalam pemilihan kepala daerah, pemilihan umum wakil rakyat, atau pemilihan presiden untuk meningkatkan elektibilitas kandidat. Konsultan politik merumuskan strategi kampanye dan menyusun komunikasi politik .

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik  .  Informasi yang kami ambil merupakan info resmi dari laman Youthmanual .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close