Kampus

Kursus Online: MOOCs dan Beberapa Platform Terbaiknya

Mungkin kamu sudah tahu tentang Kartu Prakerja. Program pemerintah ini memungkinkan kita mendapatkan bantuan biaya yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan-pelatihan berupa kursus online dari banyak mitra yang tersedia.

Program yang diluncurkan di tengah wabah Covid-19 ini sangat membantu bagi yang ingin menambah skill atau sekadar pengetahuan baru. Namun sayangnya tak semua yang mendaftar bisa lolos dan mendapatkan kartu sakti ini karena proses seleksi.

Nah, kalau kamu adalah salah satu yang gak lolos, jangan berkecil hati. Karena ada banyak platform di luar sana yang menyediakan MOOCs setara yang ditawarkan mitra-mitra Prakerja. Bahkan bisa lebih berkualitas dan bervariasi!

Apa itu MOOCs?

MOOCs itu ya kursus online, singkatan dari: Massive Open Online Courses. Di luar negeri, MOOCs ini sudah lebih dikenal, dan bahkan disediakan oleh kampus-kampus ternama seperti Harvard dan MIT.

Beberapa platform menampung kursus-kursus dari kampus-kampus terkenal ini, dan banyak yang dapat diikuti secara gratis. Berikut beberapa platform tersebut.

edX

Kursus Online edX
Via edx.org

edX awalnya didirikan oleh Harvard dan MIT. Sekarang mereka telah memiliki partner kampus-kampus lainnya dari seluruh dunia.

Di situs resminya edx.org kita bisa mengakses kursus yang jumlahnya ribuan dengan variasi bidang seperti Arsitektur, Ilmu Komputer, Ekonomi, Sains, dan lainnya.

Kursus-kursus yang ditawarkan tersebut akan membagikan silabus, rekaman video sampai forum diskusi. Jadi kalau kamu ingin berdiskusi dengan yang lainnya, tinggal ikut forum diskusi tiap-tiap kursus.

Coursera

Kursus Online Coursera
Via Facebook/coursera

Tak jauh berbeda dari edX, Coursera juga menawarkan kursus online gratis yang berkualitas. Silabus, rekaman video dan forum diskusi juga tersedia di sini.

Sama seperti edX, kita bisa memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Perlu diingat, kita harus sedikit merogoh kocek untuk dapat sertifikat ini. Tapi lumayan kan untuk ditambah di CV?

Oh iya, di Indonesia ada lho komunitas khusus untuk para Courserians Indonesia. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang Coursera dengan bertanya langsung pada yang berpengalaman, coba saja kunjungi di situsnya: IDCourserians

Open2Study

Kursus Online Open2Study
Via open.edu.au

Platform MOOCs yang satu ini didirikan tahun 2013 dan dikelola oleh Open Universities Australia. Di sini, kampus-kampus asal Australia seperti RMIT, University of Newcastle Australia, Flinders University dan lain-lain ikut berpartisipasi dalam menyediakan kursus online.

Terdapat dua pilihan yang dapat kamu ambil. Ada “University Courses”, yaitu kuliah jarak jauh atau online dan bisa lulus dengan kedudukan setara dengan mahasiswa yang berkuliah di kampusnya secara offline dan mendapatkan sertifikat dan kursus terakreditasi. Ada juga “Free Courses”, opsi untuk kursus-kursus gratis.

MIT OpenCourseWare

MIT OCW
Via ocw.mit.edu

Selain bekerja sama dengan Harvard untuk membentuk edX, MIT (Massachusetts Institute of Technology) juga punya ‘wadah’ sendiri yang menampung banyak kursus online dari kampus ini sendiri.

Kita bisa mengunduh juga semua bahan ajarnya. Kebanyakan kursusnya merupakan perkuliahan yang sudah pernah dilaksanakan di MIT sendiri, sehingga secara tak langsung kita bisa merasakan juga kuliah di MIT. Yang berbeda dari MIT OCW ini adalah kita tak perlu resgistrasi dulu untuk mengakses kursus-kursusnya.

Kampus ini merupakan salah satu yang terbaik untuk studi Computer Science, jadi cobalah ambil kursus gratisnya!

Khan Academy

Khan Academy
Via Facebook/khanacademy

Sesuai dengan namanya, Khan Academy didirikan oleh Salman Khan, seorang lulusan MIT dan Harvard. Platform ini menyediakan banyak kursus gratis mulai dari dasar seperti kelas Matematika Dasar sekali pun.

Kursus-kursusnya ditampilkan cukup menarik dengan tahapan-tahapan yang dimulai dari paling dasar, dan tidak disertai dengan sertifikat.

Yang berbeda adalah, Khan Academy menggunakan pendekatan gamifikasi. Jadi kita akan dapat poin bila menyelesaikan soal dan menonton video. Setelah meraih pencapaian tertentu (misalnya setelah memecahkan soal latihan), kita bisa mendapat badge yang bisa dipamerkan.


Kursus-kursus dari beberapa platform juga bisa sangat berguna bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah. Tapi perlu diingat, karena kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris, maka mungkin kursus-kursus tersebut akan lebih mudah dipelajari oleh yang bisa berbahasa Inggris.

Kalau kamu cari yang berbahasa Indonesia, coba situs lokal IndonesiaX. Sama seperti tempat kursus online, lainnya, IndonesiaX juga menawarkan sistem belajar dengan menggunakan forum diskusi, video, artikel dan kuis yang diberikan oleh para pengajar. UI dan ITB adalah beberapa kampus yang jadi mitra dari IndonesiaX ini.

Nah, kamu pilih yang mana?

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close