Kampus

5 Atmosfer Baru yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru

Masa orientasi sedang berlangsung dibeberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Masa orientasi merupakan masa dimana para Mahasiswa baru saling mengenal, baik itu mengenal dengan teman ataupun mengenal lingkungan sekitar kampus. Sebagian besar mahasiswa baru pasti merasakan yang namanya jengkel terhadap kaka tingkatnya sendiri khususnya untuk Divisi Keamanan acara masa orientasi.

Tujuan utama orientasi adalah mengenal. Mengapa harus mengenal ? karena kehidupan di kuliah sangat berebeda dengan masa sekolah SMA / MA / SMK. Saat menjadi mahasiswa kamu akan menyadari bahwa lingkungan Kampus itu sangat hetrogen (bermacam – macam), seperti gaya bahasa, watak dan sifat, cara berfikir dan kepercayaan beragama. Tak hanya Mahasiswanya saja namun Dosen pun sangat beragam watak dan cara mengambil sudut pndang ( cara berfikir ).

Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru

Maka dari itu admin akan membagikan atmosfer baru yang perlu dipersiapkan Mahasiswa baru saat kuliah. Bertujuan agar Mahasiswa baru dapat beradaptasi dan mengantisipasi bila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Suasana Belajar yang Berbeda

perlu dipersiapkan mahasiswa baru

Mahasiswa baru pasti merasakan bahwasanya belajar di bangku kuliah sangat berbeda dengan belajar di bangku SMA / SMK / MA. Pembelajaran saat masa sekolah memiliki rutinitas seperti masuk sekolah jam 07.00 dan pulang 14.30. Pembelajaran yang sama setiap tahunnya dengan kurikulum yang sama pula. Belajar dengan guru yang sama setiap semesternya.

Hal yang berbeda terjadi saat kuliah dimana jadwal perhari yang berbeda, terkadang masuk jam 7 pagi sampai jam 12.00 siang. Kadang jeda waktu dari mata kuliah satu dan matakuliah laiinya terpaut waktu yang jauh, ya terpaksa kamu harus pulang pergi kosan atau mencari aktivitas disela jeda antar mata kuliah.

Telah banyak dirasakan oleh Mahasiswa lama ketika rumah jauh dan diharuskan untuk mengikuti perkuliahan, dan saat tiba di kelas Dosen berhalangan hadir ( tapi admin belum pernah ngalamin)

Tak hanya itu, proses belajar juga membuat mahasiswa baru sadar bahwa mereka juga harus mencari sumber pengetahuan yang lain selain dari dosen. Berpendapat juga mesti rasional dan disertai sumber dari buku atau sumber lainnya yang kredibel.

Kuliah Tak Seindah yang Dibayangkan

perlu dipersiapkan mahasiswa baru

Sebagian besar pelajar di tingkat SMA/ Sederajat mengimpikan segala aktivitas perkuliah yang sangat menyenangkan dan bebas tanpa ada peraturan yang mengikat. Mulai dari berpenampilan sesukanya, suasana belajar yang santai hingga banyaknya jalan kisah asmara yang selalu menarik perhatian.

Bagi kamu yang sedang berfantasi, tinggalkan sejenak semua ekspektasi tersebut karena tidak semua itu dapat kamu lakukan bahkan bisa saja membuat kamu sebagai Mahasiswa Baru. Disaat kamu dituntut mandiri khususnya anak perantauan masalah ekonomi akan menjadi hal yang sangat sensitif. Celetukan kata dari Mahasiswa Lama saat krisis keuangan “Mau minta malu, Ga minta Mati ” apalagi disaat awal masa orientasi, banyak barang yang harus dipersiapkan bahkan dibeli.

Lingkungan Yang Heterogen

perlu dipersiapkan mahasiswa baru

Lingkungan kuliah sangat berbeda dengan lingkungan sekolah. Memasuki suasana baru bertemu dengan teman baru. Mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan berbagai hal yang mungkin belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.

Contohnya bahasa daerah yang baru didengar, ideologi yang ia percayai , teman dengan berbagai kepribadian yang berbeda satu sama lain, tradisi suatu agama atau kepercayaan yang baru didengar atau dilihatnya, serta berbagai model pakaian dan rambut yang beragam.

Belajar Lebih Fleksibel

perlu dipersiapkan mahasiswa baru

Pasti setiap dosen akan menekankan bahwa mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan baik itu menyiapkan materi ataupun mencari referensi dari jurnal lainnya. Mahasiswa baru akan merasakan dimana kita yang membutuhkan akan ilmu, karena ilmu yang kita inginkan mampu menjadikan manfaat bagi masyarakat besar atpun hanya sekedar untuk menunjang kemudahan dalam mencari kerja.

Oleh karena itu, selain dari dosen ketika menjelaskan di dalam kelas, pengetahuan juga bisa bersumber dari sejumlah kajian atau diskusi lepas yang biasanya digelar oleh sekelompok mahasiswa lainnya.

Tak hanya persoalan mata kuliah yang sedang atau sudah dipelajari, tetapi terkadang juga merembet ke hal-hal lainnya misalnya filsafat, feminisme atau politik. Jadi, pengetahuanmu akan semakin luas deh!

Lebih Banyak Memikirkan Masa Depan

perlu dipersiapkan mahasiswa baru

Tentunya sebelum memasuki perkuliahan kamu mempunyai tujuan untuk mengaktifkan mimpimu di masa depan, mahasiswa baru akan semakin sering membuat rencana tentang bagaimana dirinya di masa yang akan datang. Hal tersebut biasanya ditulis di kertas atau disimpan di kepala sebagai pengingat dan motivasi.

Hal ini dikarenakan mahasiswa baru semakin sadar tentang tanggung jawabnya kelak bagi negara maupun keluarga sendiri. Apalagi jika mendengar kisah temannya atau sepupunya yang sudah sukses maupun seniornya yang berhasil.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang 5 Atmosfer Baru yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru.  Informasi yang kami ambil merupakan Referensi dari IDN Times .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close