Kampus

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Menurut QS Asia University Ranking 2020

Hallo sobat edura, masih bingung mau pilih universitasnya? salah satu cara untuk menemukan universitas terbaik adalah dengan melihat QS World University Ranking.

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal sebagai THE-QS World University Rankings, bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009 sebelum keduanya mulai mengumumkan versi mereka sendiri. QS kemudian memilih untuk tetap menggunakan metodologi yang sudah ada sementara THE mengadopsi yang baru. Sistem QS sekarang terdiri dari keseluruhan dan juga terdiri dari subjek peringkat global, bersama lima regional independen (Asia, Amerika Latin, Eropa dan Asia Tengah, Wilayah Arab, dan BRICS)

Universitas Bina Nusantara(UBINUS)

perguruan tinggi swasta terbaik

Universitas Bina Nusantara berada diperingkat 234, UBINUS juga merupakan satu satunya perguruan tinggi swasta yang mendapatkan bintang 4 .

Pemberian bintang ini didasari atas penilaian secara mendetail terkait program-program pendidikan, fasilitas, riwayat kerja alumni, tanggung jawab sosial, inklusivitas, dan lainnya.

Universitas Bina Nusantara juga termasuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UBINUS memiliki program unggulan yaitu Master Track Program  . Master Track Program menjadi salah satu program unggulan UBINUS di mana mahasiswa di beberapa program studi dapat menyelesaikan S1 dan S2 secara langsung berkesinambungan hanya dalam waktu 4,5 tahun.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

perguruan tinggi swasta terbaik

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya berada diperingkat 451-500 QS Asia University Ranking dengan QS Stars University Ratings 3. QS Stars Unika Atma Jaya pada poin kemampuan kerja dan tanggung jawab sosial mendapatkan bintang 5.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya memiliki tiga (3) lokasi yaitu Kampus 1 Semanggi, Jakarta Selatan, Kampus 2 Pluit, Jakarta Utara, dan Kampus 3 BSD, Serpong, Banten.

Unika Atma Jaya dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Indonesia. Menurut survei pada tahun 2008 dari Majalah Globe Asia Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia.

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

perguraun tinggi swasta terbaik

Universitas Katolik Parahyangan berada diperingkat 451-500 QS Asia University Ranking 2020 dengan QS Stars 3. Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan singkatan Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Bandung, Indonesia.

Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka, Jalan Aceh, dan Jalan Nias. Sebelum memiliki gedung sendiri di Jalan Merdeka, kegiatan akademis juga sempat menggunakan gedung “Panti Budaya” (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru). Unpar memiliki semboyan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang berarti “Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat”.

Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tahun 1955 oleh pimpinan Gereja Katolik di Jawa Barat, yakni Uskup Bandung Pierre Marin Arntz, O.S.C. dan Uskup Bogor Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M.. Hal ini sebagai jawaban atas kurangnya ahli berpendidikan tinggi untuk membangun Indonesia pasca Perang Kemerdekaan.

Telkom University

perguruan tinggi swasta terbaik

Telkom University berada pada ranking 451-500 QS Asia University Ranking 2020, sama dengan dua universitas sebelumnya, Unika Atma Jaya dan UNPAR Secara keseluruhan, QS Stars University Ratings mendapatkan peringkat bintang 3. Namun, pada poin-poin tertentu, mendapatkan peringkat bintang 5 yaitu poin kemampuan kerja, inklusivitas, inovasi, dan metode pengajaran.

Universitas Telkom, atau disingkat Tel-U, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Kampus lainnya berlokasi di daerah Gegerkalong Hilir, sebelah utara Kota Bandung, di kompleks perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Universitas Islam Indonesia (UII)

perguruan tinggi swasta terbaik

UII meraih QS Stars 3 dengan 4 poin diantaranya meraih bintang 5 yaitu poin fasilitas, tanggung jawab sosial, kemampuan kerja, dan inklusivitas. Dilihat dari peringkat QS Asia University Ranking, kampus yang berpusat di Yogyakarta ini berada pada ranking 451-500.

Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M. Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi. Kampus Fakultas Ekonomi terletak di Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Kampus Fakultas Hukum di Jalan Tamansiswa, Kota Yogyakarta dan Kampus lainnya di Jalan Cik Dik Tiro, Kota Yogyakarta dan Demangan Baru, Kabupaten Sleman.

Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional. Selain itu, pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pada tahun 2013, berdasarkan SK BAN-PT No. 065/SK/BAN-PT/AK-IV/PT/II/2013 UII berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai ‘A’, tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Menurut QS Asia University Ranking 2020. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Yuk daftar  Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Menurut QS Asia University Ranking 2020   ini mumpung masih buka pendaftarannya

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close