Kampus

Penyebab Logis Lulusan Pendidikan S2 Susah Cari Kerja

Kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih menargetkan jenjang pendidikan maksimal hingga pendidikan tingkat sarjana. Hal ini disebabkan mayoritas memiliki motivasi kuliah agar bisa memenuhi persyaratan kerja atau garis kasarnya supaya mencari kerjanya lebih gampang. Mereka berpikir bahwa belajar itu cukup sampai S1, sisanya ya sudah fokus kerja dan mencari uang.Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat tidak begitu memimpikan untuk melanjutkan pendidikan S2.

Selain itu faktor yang membuat sebagian besar enggan untuk melanjutkan pendidikan S2 adalah faktor biaya yang tinggi. Padahal sudah banyak sekali berbagai program beasiswa yang menawarkan pendidikan untuk S2, baik dari pihak swasta, lembaga pendidikan, hingga pemerintah.

Selain itu perspektif negatif masyarakat bahwa meraih gelar master malah akan mempersulit dalam mencari kerja juga membuat orang-orang berpikir dua kali mengenai hal ini.

Apa yang Menyebabkan Gelar Master masih Susah Cari Kerja?

pendidikan S2
image from businesstimes.com

Sebetulnya ada faktor yang sebetulnya make sense yang membuat perusahaan berpikir dua kali ketika menerima S2. Salah satu penyebabnya karena kesalahan strategi mahasiswa yang langsung melanjutkan pendidikan S2 tanpa adanya pengalaman kerja.

Putuskan kembali bila kamu ingin lulus S2 sebagai fresh graduate karena di dunia kerja yang paling diutamakan adalah pengalaman profesional langsung di lapangan pekerjaannya.

Hal ini karena perusahaan ingin meminimalisir waktu dan mengharapkan karyawannya dapat beradaptasi dalam ranah pekerjaannya secara profesional dalam waktu singkat. Masalahnya terdapat kesalahan persepsi bahwa dengan langsung melanjutkan jenjang S2 tanpa pengalaman pekerjaan adalah jalan untuk bisa dapat posisi/jabatan dengan gaji tertinggi.

Padahal justru lulusan S2 seperti ini tetap saja akan dipandang sebagai fresh graduate seperti lulusan S1, D1-D4, dan bahkan SMA karena hanya mendapatkan wawasan standar tentang teori dan penelitian tanpa pengalaman kerja yang mumpuni.

Dengan kata lain, pandangan bahwa semakin tinggi gelar pendidikan berarti semakin susah mencari pekerjaan itu tidak benar. Semuanya bergantung dari tata cara strategi dan timing yang tepat dalam menyeimbangkan antara gelar pendidikan dan tak lupa juga pengalaman pekerjaan (ilmu teoritis dan praktik).

Melanjutkan Pendidikan S2 yang tidak Linear

pendidikan s2
image from www.thestreet.com

Maksud disini adalah kamu melanjutkan pendidikan pada bidang yang tidak konsisten. Misalnya ketika S1 kamu lulus sebagai mahasiswa Sastra Inggris lalu melanjutkan S2 pada jurusan yang lain.

Lalu ditambah dengan tanpa memiliki pengalaman pekerjaan sebelumnya disela antara lulus S1 dan menuju jenjang S2, maka tak heran bila mendapatkan pekerjaan menjadi hal yang sulit kareng gelar pendidikan tidak linear akibat dipilih berdasarkan minat semata.

Namun bila kamu menjalani pilihan studi yang sama pada kedua jenjang tersebut, seperti memilih jurusan Ilmu Komunikasi di S1 dan S2 maka akan sangat mungkin diterima pekerjaan sebagai dosen. Sebab konsistensi pilihan studi itu menunjukkan seseorang memiliki kapasitas ilmu yang memadai.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gagasan mengenai meraih pendidikan setinggi-tingginya akan menghambat karir itu sama sekali TIDAK BENAR. Justru kebalikannya, dengan melanjutkan pendidikan S2 akan ada banyak sekali benefit yang didapat. Apa saja itu?

Keunggulan Menjadi Lulusan Pendidikan S2

pendidikan s2
image from quora.com

Menjadi pilihan unggul

Coba pertimbangkan, semakin majunya waktu lulusan sarjana makin banyak. Sudah sering sekali ditemukan orang-orang dengan gelar sarjana sehingga akan berdampak pada daya persaingan bukan? Dengan menekuni jenjang pendidikan selanjutnya, kamu akan terlihat lebih unggul dan berbeda. Karena pada faktanya lulusan dengan gelar master masih jarang.

Solusi Bagi yang Salah Jurusan selama di Jenjang S1

Kasus salah jurusan di S1 sangatlah umum hingga menjadi masalah yang dihadapi bagi yang pertama menempuh jenjang kuliah. Bahkan tak jarang passion baru disadari saat ditengah kuliah S1 dan passion tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan jurusan yang diambil.

Nah hal tersebut bisa diatasi dengan menempuh pendidikan selanjutnya. Tentunya karena melanjutkan jenjang pendidikan tidak selalu berkutat demi karir saja, tapi murni ingin menambah wawasan dari ilmu pengetahuan yang sangat kamu gemari. Tidak ada salahnya kan?

Sarana mendapatkan posisi/jabatan yang diinginkan

Sekali lagi hal tersebut hanya bisa terjadi bila kamu sudah menempuh pengalaman pekerjaan sebelumnya. Lalu kamu menemukan lowongan posisi yang lebih tinggi dan membutuhkan kualifikasi jenjang pendidikan S2, darisitulah kamu putuskan untuk melanjutkan pendidikan tersebut. Jadi lulus S1 – kerja yang tekun – lanjut kuliah lagi. Itulah definisi calon lulusan S2 yang menjanjikan.

Sekian Info dari kami tentang Penyebab Logis Lulusan Pendidikan S2 Susah Cari Kerja Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.





Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close