KampusSaintek

Lulusan Arsitektur Biasanya Bekerja Dimana Sih?

Hallo sahabat edura !  Untuk pembukaan admin punya pantun nih. “Siapa suka melihat panda, panda turun ke tanah rawa. Siapa yang malas di masa muda,akan bekerja keras di waktu tua“. Sesuai dengan isi pantun tersebut kita harus mempersiapkan hari tua kita akan menjadi apa? bila masa mudamu dipakai belajar menuntun ilmu Insya Allah  dimasa tuamu akan berbuah manis, hidup ini dianalogikan sebagai petani. Dimana seorang petani bersusah payah memelihara tanamannya agar dapat tumbuh normal dan menghasilkan produktifitas yang tinggi. Hilangkan rasa malasmu demi mendapat ridha Allah dan mendapat kesuksesan yang kalian impi – impikan.

Postingan kali ini saya tuujukkan untuk kalian Mahasiswa Jurusan Arsitektur ataupun untuk kalian yang masih bingung ingin memilih Jurusan saat Nilai UTBK keluar dan bisa juga buat kalian yang menginginkan kuliah di jurusan Arsitektur. Langsung aja yuk simak ulasan admin di bawah ini. Lulusan Arsitektur Biasanya Bekerja Dimana Sih? Prospek Kerja Arsitektur.

Sekilas Mengenai Arsitektur

Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak), mulai dari lingkup makro—seperti perencaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, dan lansekap—hingga lingkup mikro—seperti perencanaan dan perancangan bangunan, interior, perabot, dan produk.

Contoh Mata Kuliah ; Studio Perancangan Arsitektur, Teknik Komunikasi Arsitektur, Astetika Bentuk, Teori Arsitektur, Metode perancangan Arsitektur, Perancangan Tapak.

Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan Arsitektur Terbaik

  1. Universitas Sumatera Utara
  2. Universitas Hasanuddin
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Sam Ratulangi
  5. Universitas Indonesia
  6. Universitas Gadjah Mada
  7. Universitas Udayana
  8. Universitas Brawijaya
  9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  10.  Universitas Diponegoro
  11. Universitas Sebelas Maret
  12. Universitas Sriwijaya

Perguruan Tinggi Swasta dengan jurusan Arsitektur Terbaik

  1. Universitas Kristen Duta Wacana
  2. Universitas Teknologi Yogyakarta
  3. Universitas Kristen Indonesia
  4. Universitas Pancasila
  5. Universitas Bina Nusantara
  6. Universitas Gunadarma
  7. Universitas Tarumanagara
  8. Universitas Islam Indonesia
  9. Universitas Muhammadiyah Jakarta Universitas Trisakti
  10. Universitas Katolik Parahyangan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  11. Universitas Katolik Soegijapranata
  12. Universitas Kristen Petra
  13. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Perguruan Tinggi dengan Prodi Arsitektur Interior Akreditasi A
Universitas Indonesia
Perguruan Tinggi dengan Prodi Arsitektur Lansekap Terbaik
Institut Pertanian Bogor

Prospek Kerja Arsitektur

Berikut prospek kerja dari jurusan Arsitektur ; Prospek Kerja Arsitektur

Arsitek

Setelah menempuh pendidikan di jurusan arsitektur, tentu menjadi arsitek adalah tujuan utama. Gaji seorang arsitek sangat bervariasi tergantung pada bidang apa yang digeluti dan bisa juga dipengaruhi oleh pengalaman yang dimiliki. Gaji seorang arsitek bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan lebih. Namun, jangan hanya mementingkan besarnya gaji yang bisa Kamu dapat namun pastikan juga bahwa pilihan profesi yang akan Kamu geluti memang sesuai dengan passion-mu.

Arsitek sendiri biasanya bekerja dengan cara membuat desain bangunan yang hendak dibanguun. Biasanya, desain dibuat berdasarkan ide murni si arsitek, ataupun dari si pemesan alias klien. Desain yang dibuat arsitek nantinya akan menjadi pedoman terbentuknya suatu bangunan.

Profesi satu ini masih sangat diminati, seiring dengan perkembangan dunia arsitektur dan kebutuhan pembangunan yang akan terus terjadi.

Developer

Developer sendiri rerbagi atas dua jenis, yaitu: developer bersubsidi dan developer perumahan biasa. Developer bersubsidi merupakan developer yang diberi subsidi oleh pihak tertentu untuk membuat perumahan yang terjangkau dan diperuntukan bagi kalangan menengah ke bawah. Sementaraitu,developer perumahan biasa adalah kebalikan dari jenis developer sebelumnya.

Kamu bisa melakoni profesi ini nantinya, entah itu secara individu, maupun tim. Pastikan untuk selalu tahu apa saja hak dan kewajiban pelaku developer serta konsumen, bila kamu akan melakoni profesi ini setelah jadi sarjana teknik arsitektur nanti.

Instansi yang Mengandalkan Jasa Teknik Arsitektur / PNS

Bagi kamu yang ingin menjadi abdi negara di ranah arsitektur, kamu bisa melakoni prospek kerja ini setelah jadi sarjana teknik arsitektur nanti. Ada beberapa kementerian yang menampung PNS lulusan teknik arsitektur. Kementerian Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Kota adalah beberapa instansi pemerintahan tersebut. Agar bisa bekerja di lembaga-lembaga tersebut, tentunya kamu harus mengikuti CPNS dan bersaing dengan sejumlah calon PNS lainnya yang berasal dari berbagai daerah, dan bahkan dari berbagai lulusan jurusan lain selain teknik arsitektur.

Konsultan Arsitektur

Secara umum, ruang lingkup pekerjaan seorang konsultan arsitektur adalah menganalisis sebuah desain dan perencanaan suatu bangunan, serta membuatkan draft desain dan perencanaan pembangunan. Tempat kerjanya sendiri relatif fleksibel, di mana seorang konsultan arsitektur bisa bekerja di kantor maupun di lapangan langsung. Prospek kerja ini tentu sangat cocok untukmu, yang menginginkan prospek kerja teknik arsitektur yang memiliki fleksibilitas tempat kerja.

Kontraktor

Selain arsitek, profesi ini juga sangat melekat di jurusan teknik arsitektur. Uniknya, profesi satu ini sering disamakan dengan profesi arsitek. Padahal, keduanya sangatlah berbeda. Arsitek bertugas khusus membuat rancangan suatu bangunan, sedangkan kontraktor adalah pihak yang menerjemahkan desain sang arsitek dalam bentuk bangunan yang sebenarnya.

Dalam praktiknya, kontraktor akan membuat bangunan berdasarkan kontrak yang terjalin antara mereka dan klien.Kontrak tersebut menjadi panduang kontraktor dalam segala proses pembangunan, entah itu dalam merencanakan anggaran dana pembangunan, durasi waktu pembangunan, dan lain sebagainya.

Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang lebih suka membuat suatu bangunan, tinimbang membuat desain bangunan itu sendiri. Namun, bila kamu melakoni profesi ini nanti, pastikan untuk selalu menghormati kontrak yang kamu buat dengan klienmu. Pasalnya, kontrak yang terjalin antara kontraktor dan klien otomatis akan membuat kontraktor terikat akan hukum. Dan bila kontrak tersebut kamu langgar, bisa-bisa kamu akan dituntut secara hukum oleh klien.

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Lulusan Arsitektur Biasanya Bekerja Dimana Sih? . temen temen jangan sampai bekerja karena uang saja kejar passion-mu agar kamu bekerja seperti menjalankan hobimu sendiri.  Informasi yang kami ambil merupakan info resmi dari laman Glints dan UNS .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close