Kampus

Kuliah sambil jalan-jalan? Ini 8 Jurusan Yang Cocok Buat Kamu Si Bolang

Kuliah kadang bisa jadi membosankan karena aktivitasnya sering diadakan di dalam kelas dan gitu-gitu aja. Nah, kuliah sambil jalan-jalan? kedengarannya menarik nih, apalagi buat kamu yang dasarnya memang hobi ngebolang atau mengeksplor sesuatu yang baru. Sambil menyelam minum air hehe. Kalau gitu, langsung aja pada postingan kali ini admin akan berbagi mengenai jurusan yang mendukung hobimu tersebut

1. Kebumian

Jurusan saintek di bidang kebumian seperti teknik geologi menyediakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk jalan-jalan sambil belajar. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang komposisi bumi, struktur, sifat-sifat hingga proses bumi terbentuk.

Photo from https://usgreentechnology.com/

Oleh karena itu kamu pasti akan sering terjun langsung melalui penelitian lapangan untuk mendapatkan gambaran mengenai karakteristik bumi.

2. Geografi

Kuliah di jurusan geografi tentunya akan mempelajari tentang fisik bumi juga kehidupan sosial dan ekonomi. Tentunya hal ini akan membuat kamu sering terjun ke lapangan.

Photo from https://geog.ucsb.edu/

Peluang karier jurusan geografi juga bervariasi lho! Dari mulai berkarier di pemerintahan, swasta, lembaga survey, bidang pemetaan dan lainnnya yang membutuhkan ahli geografi.

3. Pariwisata

Dari judulnya pasti sudah terbayang dong bahwa jurusan ini berkaitan erat dengan pariwisata dan perjalanan. Tapi tenang, selain belajar seluk beluk kepariwisataan, kamu tetap akan belajar  tentang manajemen, bahasa geografi dan lain-lain.

Photo from https://www.faktakampus.com/

Menarik bukan? Tidak hanya itu lho, industri pariwisata kian betumbuh dan diperhatikan, tentu prospek lulusannya ke depannya akan sangat menjanjikan.

4. Kehutanan

Kamu senang jalan-jalan dan anak pecinta alam?  Kalau gitu coba lirik jurusan kehutanan. Kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai pengelolaan sumber daya alam yang ada.

Photo from https://www.forestry.oregonstate.edu/

Di samping itu kamu juga dapat mengajak masyarakat luas untuk berupaya melestarikan lingkungan dan melidungi hutan kita.

5. Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan yang sering disebut juga dengan planologi ini tidak hanya mengkaji tentang keteknikan tapi juga sosial. Bagaimana merencanakan tata wilayah berdasarkan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, kamu harus jeli menganalisi kondisi dan perkembangan wilayah atau kota. Tenang, kamu tidak harus jago banget menggambar kok, karena disini kamu juga akan belajar terlebih dahulu teknik sketching.

Photo from https://www.queensu.ca/

Kalau kamu orang yang senang dan memiliki kemampuan menganalisis yang tinggi serta kreatif, maka Perencanaan Wilayah dan Kota bisa jadi salah satu pertimbanganmu memilih jurusan.

6. Arkeologi

Kalau kamu suka jalan-jalan dan tertarik dengan peninggalan masa lalu, maka jurusan Arkeologi akan cocok denganmu. Disini tentunya kamu akan berkunjung ke situs-situs sejarah untuk menggali informasi.

Photo from https://www.careergirls.org/

Nah, berhubung situs-situs sejarah di Indonesia ada begitu banyak, kebayang dong gimana serunya?

7. Antropologi

Kamu orang yang terbuka, suka menganalisis fenomena sosial, menghargai perbedaan serta ingin menambah wawasan tentang sosial dan budaya? Nah, jurusan antropologi sepertinya cocok denganmu.

Photo from https://www.universiteitleiden.nl/

Jurusan ini juga menyediakan kesempatan bagi kamu untuk mengeksplor keragaman kultur dan sosial suatu masyarakat serta berinteraksi langsung dengan mereka. Gimana? Pas banget kan buat kamu yang tertarik dengan kebudayaan?

8. Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap merupakan jurusan yang mempelajari perancangan dan pengaturan suatu ruang agar menjadi tempat yang berestetika dan nyaman. Menjadi mahasiswa arsitektur tidak hanya membuatmu akrab dengan studio tapi juga sering survey ke lapangan. Hal ini dilakukan untuk menemukan data juga inspirasi buatmu nantinya.

Photo from https://courses.leedsbeckett.ac.uk/

Kalau kamu hobi mengeksplorasi dan punya ketertarikan pada keindahan, desain dan rancang bangunan, serta teknologi maka pertimbangkan jurusan yang satu ini!

Nah, Sobat Edura tertarik masuk jurusan yang mana nih? Selain mencocokkan dengan hobimu jalan-jalan, kamu juga harus mencari tahu lebih dalam prospek jurusan di atas yaa!

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close