Kampus

Mau Kuliah di Agrokompleks? Jangan Salah Pilih!

Hallo sahabat edura ! Gimana kabarnya nih? Semoga baik ya. Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Kuliah di Agrokompleks. Apa sih Agrokompleks itu? informasi kuliah kali ini admin berikan lengkap beserta Akreditasi, Contoh Mata kuliah dan juga Prospek kerja untuk kalian yang ingin kuliah jurusan AgroKompleks di Indonesia . Mau Kuliah di Agrokompleks? udah gak sabar kan mau lihat penjelasannya. Yuk simak penjelasannya .

Agrokompleks

Agrokompleks adalah bidang yang menyangkut makhluk hidup dan lingkungan sehingga pengelolaannya harus bijaksana dan memperhatikan semua aspek diantaranya aspek obyeknya(tanaman, hewan dan ikan ), aspek lingkungan dan aspek manusia . Pengertian Agrokompleks menurut KBBI adalah kumpulan bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

Jurusan-jurusan di Agrokompleks

Jurusan dalam agrokompleks terbilang cukup banyak diantaranya; Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Kelautan, Kehutanan, Oseanografi, Pendidikan Dokter Hewan, Perikanan, dan Peternakan. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasannya dibawah ini.

Agribisnis

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Agribisnis adalah sistem yang terintregasi pada aktivitas produksi usaha tani (on farm ) dan pendukungnya ( sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk dan alatmesin pertanian ), pengelolahan hasil pertanian (agroindustri), distribusi dan pemasaran hasil pertanian, serta kelembagaan pendukung (penyuluhan, komunikasi, dan informasu, pembiaaan, investasi, birokrasi ).

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Ekonomi Pertanian, Mikroekonomi, Makroekonomi, Kewirausahaan, Pemasaran Produksi Agribisnis, Sistem Informasi Bisnis, Usahatani, dan lain-lain.

Prospek kerja prodi Agribisnis adalah, Manajer agribisnis profesional (di perusahaan nasional/multinasional), pelaku bisnis, akademisi, birokrat pemerintah, dan fasilitator LSM pada bidang pangan dan pertanian. Prodi Agribisnis tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : UNPAD, IPB, UNHAS,UB, UNSOED, UGM, UNRAM, UNSRI, UIN Jakarta.

Agroteknologi

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Jurusan Agroteknologi mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman sesuai dengan prinsip pertanian berkelanjutan (jangka panjang). Para mahasiswa akan belajar bagaimana merencanakan dan merancang sistem produksi tanaman secara efektif dan produktif.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Dasar Ilmu Tanaman, Agrosains, Sosiologi dan Pemberdayaan, Dasar Genetika, Mikrobiologi Pertanian, Matematika Statistika, Dasar- dasar Ilmu Tanah, Teknologi Benih, Rekayasa Tanaman, dan lain- lain.

Prospek kerja prodi Agroteknologi adalah Akademisi, Peneliti, Pengelola perkebunan pemerintah atau swasta, Balitbang, Konsultan pertanian, Pengusaha, Sektor Industri, dan lain-lain. Prodi Agroteknologi tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : UNPAD, UB, UNHAS, UNSOED, UNSYIAH, UNILA.

Ilmu Kelautan

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Program Studi ini merupakan cabang ilmu yang mempelajaru segala hal tentang laut. Ilmu ini mencakup berbagai topik seperti biota laut, ekosistem laut, arus samudera, gelombang, pasang surut, tektonik lempeng dan geologi dasar laut serta reaksi kimia dan fisika didalam lautan dan perbatasannya.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Biologi laut, Geologi laut, Avertebrata laut, Botani laut, Biokimia, Oseanografi Kimia, Planktonologi, Mikrobiologi laut, Meteorologi dan Klimatologi laut, dan lain-lain.

Prospek kerja prodi ini adalah Instansi Pemerintah, Peneliti, Konsultan, Dosen, Wirausaha, dan lain-lain. Prodi Ilmu kelautan tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : IPB, UNDIP, UNPAD, UNHAS, ITB, ITS, UNSOED, UNPATTI, UNRI.

Kehutanan

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri, termasuk tentang pelestarian hutan tersebut melalui rehabilitas dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai masalah lingkungan.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Klimatologi, Sosiologi Kehutanan, Ekologi umum, Geologi dan ilmu tanah hutan, Dendrologi, Ilmu kayu, Administrasi Kehutanan, Ketehnikan dan Pembukaan wilayah hutan, silvikultur, Ekowisata, Perlindungan dan Pengamanan, dan lain-lain.

Prospek kerja prodi Kehutanan adalah Instansi Pemerintah (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementrian Keuangan, Bappenas), Konsultan, Dinas-dinas Teknis di Pemerintahan daerah (DISHUT, BAPPEDA, BLHD ), BUMN dan Swasta, dan lain-lain. Prodi Ilmu kelautan tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : IPB, UNHAS, UGM.

Oseanografi

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air kaut yang daoat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi ( pengelolaan dan pencegahan ).

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Kalkulus, Fisika Matematik, Mekanika, Termodinamika, Komputasi Oseanografi, Meteorologi Umum, Mekanika Fluida, Metode Numerik Oseanografi, Hidrodinamika, Dasar dan Analisis Pasang Surut, Oseanografi Biologi dan Kimia, dan lain-lain.

Prospek kerja prodi Oseanografi adalah Peneliti di Lembaga Riset ( Departemen Kelautan dan Perikanan, BPPT, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, LAPAN, BMKG ) administatir, Kelautan, Militer (TNI AL), Pariwisata dan Olahraga Bahari, Industri Migas dan Mineral. Prodi Oseanografi tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : UNDIP, ITB.

Pendidikan Kedokteran Hewan

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Kedokteran Hewan merupakan jenis dari ilmu kedokteran yang mengacu pada kondisi medis dari hewan-hewan itu sendiri. Seorang dokter hewan biasanya harus dapat melakukan pemeriksaan medis terhadap hewan, menjaga dab merawat kesehatan hewan, menentukan jenis makanan yang baik untuk hewan, dan melakukan treatment keada hewan.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Penghayatan profesi kedokteran hewan, Anatomi Veternier I, Biokimia, Histologi Veternier, Embriologi dan Genetika Perkembangan, Enktoparasit, Pengantar Ilmu Nutrisi, Anatomi Topografi, Sistem Informasi Pakan.

Prospek kerja prodi Kedokteran Hewan adalah Praktek Dokter Hewan, Menjadi Dokter Peternakan Hewan, Menjadi Pengamat dari Satwa Liar, Menjadi Tenaga Medis Hewan pada Pusat Konservasi, Peneliti, Spesialis dalam Peelitian, PNS , Tenaga Pengajar. Prodi Kedokteran Hewan tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : IPB, UNSYIAH, UNAIR, UGM, UNUD.

Perikanan

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Jurusan ini mempelajari tentang beberapa ha, diantaranya adalah budidaya perikanan, pemanfaatan sumberdaya perikanan, pemanfaatan sumberdaya perikanan, Teknologi hasil perikanan ( pengolahan hasil ), dan manajemen sumberdaya air.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Planktonologi, Hukum dan kebijakan perikanan, Pengantar ilmu perikanan, Ichtylogi, dasar dasar akuakultur, biokimia, limnology, avertebrata air, agribisnis perikanan.

Prospek kerja prodi Perikanan adalah Fishery Entrepreneur, Karyawan Swasta  dan BUMN, PNS, Pengajar/ Akademisi. Prodi Perikanan tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : UNHAS, UNSRAT, UNPATTI, UNRI, UNDI[, UGM, UB, UNPAD, IPB ULM.

Peternakan

kuliah di agrokompleks
  • Share
  • Tweet
  • Pin

Program studi Peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan. Mhasiswa nantinya akan mempelajari tentang Teknologi produksi, Teknologi Pakan, Teknologi Pengolahan, serta Manajemen dan perencanaan usaha. Tidak hanya itu saja kita juga bisa mewujudkan usaha peternakan yang berkelanjutan.

Contoh mata kuliah yang dipelajari adalah Manajemen Agribisnis, Mikrobiologi Peternakan, Fisiologi ternak, Biokimia dasar, Ilmu tanaman Makanan Ternak. Dasar teknologi hasil ternak, dasar repoduksi ternak, ilmu ternak unggas, ilmu ternak perah, ilmu ternak potong, bahan makan dan formulasi ransum.

Prospek kerja prodi Peternakan adalah Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Indsutri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak dan industri pengolahan limbah, Kementrian Pertanian, Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, Kementrian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan ,dan Lembaga Riset. Prodi Peternakan tersedia dengan Akreditasi “A” di PTN : UNPAD, UNDIP, UGM, UNSOED, UNHAS, UNSYIA, UNS, UNUD

Penutup

Sekian Info dari kami tentang Kuliah di Agrokompleks. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close