Kampus

Ini Dia Jurusan Kuliah Untuk Kamu Introvert & Extrovert!

Hallo sobat Edura ! Apa kabar ? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini admin akan membagikan suatu hal yang sangat krusial mengenai kampus. Yups…apalagi kalau bukan tentang jurusan kuliah.

Bicara tentang jurusan kuliah tentu tidak jauh dengan yang namanya kepribadian. Faktor kepribadian seseorang merupakan salah satu alasan dalam memilih jurusan kuliah, karena adanya anggapan bahwa dengan faktor tersebut nantinya potensi diri setiap individu akan lebih tergali dan terasah. Secara umum kepribadian seseorang dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe introvert dan extrovert. Introvert adalah tipe kepribadian seseorang yang lebih suka menyendiri, mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dengan segelintir orang saja (lingkup sosial kecil), sedangkan extrovert adalah tipe kepribadian seseorang yang cenderung terbuka, memiliki keinginan kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan memimpin.

Lalu apa saja, sih kira-kira jurusan yang cocok buat kamu sang introvert dan ekstrovert ? Masih bingung ? Jangan khawatir, admin akan memberikan ulasannya untuk kamu di bawah ini :

Jurusan Kuliah Untuk Kamu Introvert

Seni

Jurusan kesenian meliputi seni rupa, seni tari, seni musik, dan berbagai macam seni lainnya. Mereka yang kuliah di jurusan seni biasanya membutuhkan waktu untuk menghasilkan suatu karya seni dengan cara menyendiri, walaupun sesekali keluar untuk mencari inspirasi. Orang-orang seni memiliki imajinasi kuat dalam berkarya sehingga mereka akan fokus pada tujuan yang dirancang dalam imajinasinya.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Sastra

Jurusan sastra sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau kepenulisan. Dalam menghasilkan suatu karya tulis, kebanyakan orang lebih suka berada di lingkungan yang tenang agar ide-ide mereka muncul.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Teknik Informatika atau Komputer

Bagi kamu seorang introvert, jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan buat kamu karena kamu akan lebih sering otak-atik dan berlama-lama di depan komputer. Aktivitas ini mengurangi kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang secara langsung. Kamu akan lebih fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan, baik itu dalam membuat program, coding, ataupun lainnya.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Akuntansi

Ketelitian dalam menghitung angka merupakan kegiatan yang dilakukan oleh akuntan. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan belajar untuk menghasilkan angka yang tepat dari suatu perhitungan, sehingga aktivitasmu lebih banyak bekerja daripada berbicara.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Desain Grafis

Kamu introvert yang gemar menggambar atau membuat design ? Yups, jurusan ini sangat cocok dengan kepribadianmu. Sebab, kamu akan dituntut dalam menghasilkan kreativitas dengan ketelitian tinggi serta membutuhkan suasana yang nyaman dan hening untuk menghasilkan karya-karya tersebut.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Jurusan Kuliah Untuk Kamu Extrovert

Pendidikan

Kuliah di jurusan pendidikan tidak hanya mengacu pada satu bidang saja, namun berbagai bidang seperti pendidikan matematika, pendidikan anak usia dini, pendidikan seni, dll. Fokus utama jurusan pendidikan adalah mencetak tenaga pengajar yang handal, yang tentunya memiliki karakter interaktif, tidak membosankan, dan mudah bersosialisasi.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Hukum

Menjadi seorang pengacara dengan kuliah di jurusan hukum sangat cocok buat kamu extrovert karena kamu tipe yang talkactive dan pandai dalam mendekati orang-orang. Berbagai topik hukum yang memuat banyak kasus akan menuntut kamu lebih banyak bicara atau diskusi agar pikiran lebih kritis. Selain itu, kamu harus pandai berkomunikasi untuk mencari bukti dan saksi dari suatu perkara yang akan dibahas saat di pengadilan.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Pariwisata

Kamu extrovert yang memiliki jiwa petualang? Suka kearifan lokal? Ya, pariwisata adalah jurusan yang pas buat kamu. Kamu akan sering bertemu banyak orang untuk mempelajari dunia kepariwisataan serta memperdalam potensi dan budaya yang ada. Jurusan ini juga sering mengadakan program jalan (touring) ataupun jelajah alam/daerah.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Komunikasi

Kuliah jurusan komunikasi memiliki cakupan yang luas, umumnya terbagi menjadi ilmu jurnalistik dan ilmu public relation. Pada ilmu jurnalistik kemampuan kamu berpikir kritis  dan mencari informasi/berita sangatlah penting. Kamu harus banyak bertanya agar mendapatkan info yang akurat. Sementara itu, di ilmu public relation, kamu dituntut agar dapat menjalin relasi dengan pihak eksternal, mampu berpikir kritis dan tanggap, serta pandai dalam mengkoordinir suatu kegiatan. Tidak hanya itu saja, jurusan komunikasi juga erat hubungannya dengan dunia periklanan, pertelevisian dan perfilman, serta radio.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Marketing

Jurusan marketing atau pemasaran tentu sangat berhubungan erat dengan masyarakat sebagai pengguna barang/jasa. Kamu akan sering terjun ke lapangan untuk mencari data mengenai permintaan dan penawaran, kebutuhan dan keinginan konsumen, melakukan promosi, penjualan, negosiasi, dll.

jurusan kuliah introvert ekstrovert

Nah, demikian ulasan yang dapat admin berikan tentang jurusan kuliah yang dapat kamu pilih sebagai pribadi introvert dan juga extrovert. So, semua ini balik lagi pada diri kamu masing-masing ya, sobat. Perlu diingat bahwa pemilihan jurusan kuliah bukan berarti memilih yang banyak diminati bahkan bukanlah ajang gengsi-gengsian. Sesuaikan hal ini dengan kapabilitas dan minat yang ada pada dirimu. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close