JurusanKampus

Jurusan Kuliah dengan gaji Tertinggi Bikin Auto Kaya

Dalam mencapai kebebasan finansial atau istilahnya ingin berada di posisi puncak perekonomian maka ada banyak cara yang bisa dipilih, tak terkecuali melalui jalur pendidikan. Maka pendapat orang-orang yang menyatakan bahwa melanjutkan jenjang pendidikan itu buang-buang waktu itu kesalahan besar. Pada faktanya ada juga jurusan kuliah dengan gaji tertinggi karena memiliki prospek masa depan yang menjanjikan.

Hal inilah yang membuat dalam memilih jurusan itu tidak boleh asal-asalan. Karena selain harus mempertimbangkan potensi dan minat diri juga harus paham betul jurusan mana saja yang bisa memberikan investasi dan bekal untuk masa depan kamu nanti. Nah oleh karena itu akan diulas seputar jurusan yang mendukung karir dengan gaji potensial.

7 pilihan jurusan kuliah yang bikin cepat kaya/gaji tertinggi

Jurusan Hukum

jurusan dengan gaji tertinggi
Photo by Melinda Gimpel on Unsplash

Jurusan ini memang sudah dikenal menghasilkan mahasiswa dengan masa depan menjanjikan.

Ya siapapun pasti tahu tokoh pengacara tersohor yang berhasil meraup kekayaan dengan mobil tak terhitung jumlahnya ini pun memiliki riwayat pendidikan hukum.

Selain itu jurusan hukum memang selalu menjadi yang paling favorit dari berbagai universitas baik itu negeri hingga swasta. Selain memiliki gaji yang menggiurkan, luasnya lapangan pekerjaan pada bidang tersebut sangat memungkinkan mahasiswanya untuk bisa bekerja sesuai dengan passionnya.

Jurusan Manajemen

jurusan dengan gaji tertinggi
Photo by Roland Samuel on Unsplash

Sama seperti Jurusan Hukum, Manajemen pun selalu menjadi jurusan terfavorit dan memiliki persaingan ketat bagi calon mahasiswa. Tentunya bukan tanpa alasan karena lulusan manajemen dapat bekerja di berbagai perusahaan besar hingga menengah, dimulai dari produksi hingga penyedia jasa.

Keberadaan manajemen ini sangatlah penting dan dicari oleh perusahaan besar karena memerlukan spesialis yang dapat mengarahkan sistem bisnis secara keseluruhan terutama dalam hal mengimplementasikan strategi.

Sedangkan dari prospek gajinya sendiri menurut U.S Bureau of Labor Statistics (BLS) prospek kerja pada bidang ini akan terus bertumbuh dan stabil sampai pada tahun 2024. Umumnya faktor yang memengaruhi gaji ini adalah dari segi lamanya pengalaman/konsisten, kondisi pasar, dan tingkat pendidikan terakhir.

Jurusan Komunikasi

jurusan dengan gaji tertinggi
Photo by Austin Distel on Unsplash

Perlu diketahui bahwa semakin berkembangnya zaman, masyarakat pun sudah menyadari akan pentingnya informasi dan semuanya ini berakar pada komunikasi. Lihat saja fenomena umum yang sering dijumpai sehari-hari dimana masyarakat tidak bisa hidup tanpa informasi terbaru atau aktif di media sosial.

Hal ini membuat Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek yang kian beragam dibanding sebelumnya karena manusia sendiri adalah mahluk yang tidak bisa hidup tanpa interaksi atau dengan kata lain komunikasi.

Ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang melibatkan skill komunikasi didalamnya. Lalu untuk gaji dari lulusannya sendiri sebetulnya relatif, persis seperti jurusan pada umumnya dimana tergantung dari konsistensi, pengalaman, prestasi, jabatan yang diraih, serta lokasi.

Biasanya gaji di Indonesia akan sangat berbeda dengan di luar negeri. Bahkan bisa dibilang skill komunikasi sepertinya lebih dihargai di negeri lain.
Hal ini seperti dilansir melalui kumparan dimana gaji seorang lulusan komunikasi, khususnya wartawan rupanya tergolong rendah dimana hanya berkisar Rp2,7 – 5 juta saja.

Namun berbanding terbail dari sumber indeed dimana gaji dari jurusan ilmu komunikasi akan mendapatkan gaji rata-rata $46,915 per tahun atau Rp695 juta.

Tentu saja semua impian ini diperlukan etos kerja dan ketekunan bagi lulusan ilmu komunikasi. Biasanya lulusan ilmu komunikasi akan mendapatkan nilai plus bila memiliki kemampuan spesifik seperti bisnis dan jurnalisme.

Nah mengenai jurusan ilmu komunikasi sendiri saat ini sudah banyak kok kampus yang menyediakan jurusan ilkom yang terspesialisasi menyesuaikan dengan kebutuhan standar pasar, misalnya seperti UNPAD yang sudah memfokuskan jurusannya pada spesialis 3 prospek kerja, yaitu strategic planner, scientific communication professional, creative media developer, dan baru-baru ini sociopreneur.

Kedokteran

Photo by Piron Guillaume on Unsplash

Sudah menjadi pengetahuan umum bila kedokteran merupakan prospek kerja yang sangat menjanjikan. Jurusan yang dikhususkan untuk IPA ini memang selalu difavoritkan dan pastinya siswa dari lulusan IPA akan menjadikan jurusan kedokteran sebagai pilihan prioritas.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru IFS mengenai data pendidikan dan perpajakan juga pengelompokkan jurusan kuliah berdasarkan penghasilan rupanya lulusan kedokeran mendapatkan bayaran 20% lebih tinggi dari jurusan lainnya dengan gaji rata-rata sekitar 548 juta per tahun setelah 5 tahun bekerja.

Sekian Info dari kami tentang Jurusan Kuliah dengan gaji Tertinggi Bikin Auto Kaya Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih







Tags

Elvira

Sedang menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi. Senang berorganisasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat seputar beasiswa, perkuliahan, dan topik di jurusan terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close