EkonomiKampus

Jenis Investasi paling Cocok untuk Anak Muda

Investasi sendiri merupakan penanaman modal dengan jumlah nominal tertentu demi mendapatkan keuntungan yang bersifat jangka panjang. Dewasa ini istilah investasi hanya untuk orang kaya itu sudah kuno. Justru era sekarang sudah banyak berbagai jenis investasi yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan siapapun!

Fokus tujuan dari investasi sendiri bukan untuk kaya apalagi keliatan gaya. Tapi untuk menjaga uang kita dari inflasi atau terjadi penurunan mata uang. Secara garis besar investasi sendiri mirip seperti kamu menabung sehari-hari hanya saja keistimewaannya adalah tabunganmu itu akan terus bertumbuh layaknya bertani.

Walaupun investasi ini sangatlah menjanjikan dan memiliki keuntungan yang bersifat jangka panjang. Sayangnya banyak generasi milenial yang masih menghindari dunia investasi. Kenapa ya?

Apa itu Kebebasan Finansial?

jenis investasi
Photo by Fabian Blank on Unsplash

Sudah banyak sekali para investor sukses yang berhasil meraih kebebasan finansial berkat investasi ini. Kebebasan finansial sendiri merupakan kondisi dimana seseorang memiliki passive income yang cukup untuk membeli gaya hidup sesuai yang diinginkan. Passive income salah satunya adalah investasi.

Menurut sumber dari finansialku, seseorang itu bisa dikatakan mencapai kebebasan finansial ketika pendapatan pasifnya sebesar dua kali dari pengeluaran tahunan. Contohnya seperti jika si A memiliki pengeluaran sebesar Rp120 juta per tahun, berarti 2 x 120 juta = Rp240 juta. Maka si A harus memiliki passive income sebesar Rp240 juta baru bisa dikatakan bahwa dia telah mencapai kebebasan finansial.

Jenis Investasi yang Cocok untuk Masa Muda

jenis investasi
Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Saham

Perolehan passive income melalui saham bisa banget dicoba nih. Karena dengan jenis investasi saham memang banyak digemari para investor karena pengguna dapat mengelola dan mengontrol investasi tersebut.

Saham sendiri adalah bukti bahwa kamu memiliki sebuah perusahaa. Jadi, jika kamu membeli saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, walaupun hanya membeli 1 lot pun kamu sudah menjadi pemegang saham dari perusahaan tersebut dan mendapatkan dividen (hasil) secara berkala.

Buat kamu yang senang dengan investasi dengan keuntungan tinggi maka jenis investasi ini cocok untuk anda.

Hanya saja be realistic saja karena bila dapat untungnya tinggi maka berbanding lurus dengan peluang ruginya saja. Tapi tenang, kamu bisa mempelajari ilmu berinvestasi saham seperti analisis fundamental dan teknikal.

Apalagi investasi ini sifatnya jangka panjang, selama kamu memilih emiten (perusahaan) yang bagus, tentu peluang kerugian pun bisa diminimalisir. Mengenai saham sendiri saat ini untuk buka akunnya saja hanya cukup Rp100 ribu saja loh! Termasuk kamu pun bisa memiliki perusahaan dengan harga Rp100 ribu doang. Jadi yuk mulai berinvestasi.

Reksadana

Atau kalau misalnya kamu tidak ingin terlalu sering memantau benih finansialmu, bisa juga gunakan jenis investasi reksadana. Investasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar instrument saham, obligasi, dll dari awal banget.

Mengapa instrument ini paling pas untuk pemula? Soalnya reksadana sendiri merupakan pengelolaan modal yang akan dibantu langsung oleh manajer investasi. Selain bisa menjadi investor sambil dibimbing, jenis investasi ini juga tidak membutuhkan banyak modal.

Deposito

Sekali lagi nih jenis investasi paling ramah dan aman adalah deposito. Jadi kamu akan menginvestasikan danamu dalam bentuk deposito di bank juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Selain itu, deposito pun memiliki jangka waktu pencairan uang yang bervariasi, diantara 1 bulan, 6 bulan, hingga setahun. Tentu hal ini sudah sesuai dengan periode yang ditetapkan dari awal.

Obligasi

Buat yang belum tahu, obligasi adalah investasi berupa jaminan surat utang jangka menengah hingga jangka panjang dimana dalam tempo waktu tertentu, selain modal akan dikembalikan tapi disertai imbalan juga berupa bunga hingga periode yang ditentukan.

Jenis investasi seperti ini sangat cocok untuk kamu yang ingin penyimpanan modal yang minim risiko. Soalnya hampir sebagian besar surat seperti ini diterbitkan oleh pemerintah, jadi dalam kondisi seperti apapun kamu pasti akan balik modal juga.

Obligasi yang aman ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk ORI (Obligasi Ritel Indonesia). Surat utang dari pemerintah sendiri biasanya memiliki jangka waktu 1-10 tahun, sedangkan untuk Surat Perbendaharaan Negara (SPN) bisa di bawah 1 tahun.

Selain aman, tingkat pengembalian termasuk bunganya juga lebih tinggi daripada deposito.

Sekian Info dari kami tentang Jenis Investasi paling Cocok untuk Anak Muda Informasi yang kami ambil merupakan ide dari penulis. Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang kampus . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih






Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close