KampusSBMPTNSNMPTN

Kabar Kampus: Perubahan Nama IPB, Jadi Apa Ya?

Hallo Sobat Edura! Apa kabar sobat? Semoga dalam kondisi yang baik, sehat, dan selalu diberikan kemampuan untuk bersyukur yah. Kali ini kami ingin memberikan informasi yang hangat diperbincangkan. Yaitu, Perubahan Nama IPB. Sebelumnya, adakah di sini sobat yang ingin menjadi Mahasiswa IPB?

Siapa sih yang nggak kenal dan nggak kepingin menjadi salah satu mahasiswa terbaik di IPB? Jelas, semua mau kuliah atau belajar di sini, khususnya bagi sobat yang memilih jurusan saintek. IPB adalah salah satu tempat tujuan favorit yang diincar oleh para calon mahasiswa.

Tapi apakah sobat tahu, bahwa IPB ingin berubah namanya. Mau tau beritanya? Yuk, baca dengan baik berita yang satu ini. (Sumber: www.radarbogor.id)

Kabar mengejutkan datang dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Awal tahun 2019 ini IPB mengajukan usulan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengubah nama menjadi Universitas Bogor.

Perubahan nama tersebut telah direstui, dan akan launching, Rabu (30/1). Apakah benar IPB mau berubah nama, lalu apa dasarnya?

Rektor IPB Dr Arif Satria mengatakan IPB tidak akan berubah status, hanya mau mengubah nama. Dari sebelumnya bernama Bogor Agricultural University menjadi IPB University.

“Jadi kita mengubah terjemahan saja. Tidak mengubah nama versi bahasa Indonesia, ” ungkap Arif Satria saat dihubungi Radar Bogor.

Perubahan terjemahan nama IPB ini, kata Arif, tidak akan merubah statuta IPB sebagai sebuah Perguruan Tinggi bertaraf Institut.

Namun begitu, ia menegaskan perubahan nama ini adalah bagian dari proses re-branding IPB sebagai sebuah kampus yang paling banyak memberikan sumbangsih inovasi dalam berbagai hal dari skala nasional sampai internasional.

Terkait proses perubahan terjemahan nama ini, urai Arif, tidak perlu mendapatkan persetujuan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pasalnya, perubahan nama yang memerlukan persetujuan Kemenristekdikti harus lebih dulu dilakukan perubahan statuta sebuah Perguruan Tinggi. Untuk IPB, tegasnya, tidak ada perubahan secara nama Indonesia.

“Kalau soal perubahan terjemahan ini, ya cukup internal saja. Kita yang menentukan berdasarkan hasil keputusan rapat senat akademik. Ini untuk memberikan warna baru IPB sebagai kampus inovasi yang diakui dunia,” paparnya.

Setelah membaca berita di atas, bagaimana tanggapan sobat nih? Pastinya, memiliki pemahaman dan perbedaan pendapat nih. Ada yang pro dan ada pula yang kontra.

Berubahnya nama bukan berarti berubahnya kualitas, mutu, dan eksistensi dari IPB itu sendiri, jadi? Sobat tidak perlu meragukan itu semua.

Disini, kami juga memiliki tanggapan yang diberikan oleh para Alumni IPB perihal perubahan nama yang akan segera diresmikan. Berikut adalah tanggapan yang disampaikan oleh Alumni IPB. (Sumber: www.radarbogor.id)

“Hmm aneh sih rasanya, Bogor Agricultural University menjadi IPB University. Institut dan Universitas itu kan beda, tapi ini digabung. Kalo bilang setuju atau engga, milih ga setuju.
Kalo mau jadi universitas semuanya mesti dirombak lagi,” kata Ghilman salah satu alumni D3 IPB.

Ada juga yang menilai, pergantian nama tersebut tak merubah image IPB sebagai kampus pertanian. “Walaupun ganti nama, tapi tetap saja namanya IPB,” kata Wira salah satu alumni IPB lainnya.

Rencana perubahan nama IPB menjadi IPB University juga mengundang respon dari warganet. Meskipun perubahan nama itu merupakan bagian dari proses re-branding IPB sebagai kampus yang paling banyak memberikan sumbangsih inovasi dalam berbagai hal, tak sedikit warganet yang menilai pergantian nama itu dikarenakan banyak alumninya yang bekerja di luar pertanian, seperti perbankan sehingga merubah image IPB.

“Iyalah rata-rata jadi pegawai Bank. Universitas Perbankan Bogor 

😂
  • Share
  • Tweet
  • Pin
,” tulis akun Instagram @kardjoshitjericho.

Namun ada juga warganet yang tak setuju dengan anggapan seperti itu.

“Emang kenapa sih kl banyak yg d perbankan? ipb kan gak cm pertanian. agribisnis di IPB aja fakultas ekonomi manajemen kok, temen2ku bnyk yg ketrima program percepatan staf yg gak semua orang bs sih. dan ilmunya kepake kok belajarnya bisnis, ekonomi mikro, nasabahny jg banyak yg petani. So??,” kata akun facebook Michelle Rizky Yuditha.

Benarkan sobat, perubahan nama IPB ini menjadi perbincangan hangat yang memiliki dua sudut pandang, ada yang pro dan ada yang kontra. Itu semua berdasarkan opini dan sudut pandang dari setiap individu.

Jadi, sobat tim pro atau kontra? Dalam perubahan nama IPB? Yang semulanya “Bogor Agricultural University” menjadi “IPB University?”

Silahkan sampaikan pada kolom komentar yah sobat 🙂

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk sobat Edura semua, khususnya yang tahun ini harus berjuang mendapatkan satu kursi di IPB.

Bagi sobat yang ingin bertanya seputar artikel ini ataupun tentang dunia pendidikan, bisa langsung hubungi kami dengan cara komentar atau dengan kontak kami disini.

Jangan lupa untuk ikuti akun sosial media kami dan aktifkan notifikasi website ini, agar mendapatkan informasi terbaru yang kami publish dan bagikan artikel ini agar publik mendapatkan informasi yang bermanfaat juga.

Terima kasih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This
Close