Kampus

Hobi Public Speaking? Ini 6 Jurusan Kuliah Yang Cocok Buatmu!

Kamu termasuk orang yang hobi berbicara di depan banyak orang? Mampu bernegosiasi atau mempersuasi orang-orang? Bukan hanya jurusan komunikasi, Nah ini 5 jurusan yang cocok bagi kamu yang punya hobi public speaking :

1. Hubungan Internasional

Photo from https://kumparan.com/ (REUTERS/Eduardo Munoz)

Jurusan Hubungan Internasional akan mengasah kemampuanmu berdiplomasi, negosiasi, presentasi dan public speaking. Nantinya kemampuan-kemampuan tersebut akan membantumu ketika kamu menjadi diplomat dan mengajak kerja sama antar institusi atau bahkan antar negara lain.

2. Pendidikan

Photo from https://defendernetwork.com/

Kamu suka membantu mengajari teman-temanmu atau adik-adikmu? Selain mampu menghilangkan gugup di depan “murid-murid” mu kamu juga perlu menjelaskan sesuatu yang rumit menjadi lebih mudah bagi mereka.

Pastinya kamu harus mampu mengkomunikasikan materi yang ingin kamu sampaikan dengan baik dong? Nah, kamu dapat mengasah kemampuan public speaking-mu dan jurusan pendidikan akan cocok sekali buatmu.

3. Ilmu Hukum

Selain mengharuskan mahasiswa untuk membaca buku dan menghapal pasal, mahasiswa ilmu hukum juga harus memiliki kemampuan berbicara yang memadai. Dalam sidang misalnya, seorang hakim atau jaksa harus dapat mengemukakan suatu hal dengan baik.

Bekal public speaking akan sangat membantu ketika nantinya kamu bercita-cita jadi penegak hukum.

4. Kesehatan Masyarakat

Photo from https://www.usnews.com/

Selain mampu public speaking, kamu juga berjiwa sosial dan tertarik pada isu kesehatan?? Kalau begitu jurusan kesehatan masyarakat akan sangat cocok denganmu.

Sebagai mahasiswa berlatar belakang jurusan kesehatan, nantinya kamu akan turun untuk mensosialisasikan meteri kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu kemampuan public speaking dan persuasi menjadi hal yang harus dikuasai ketika ingin mengajak masyarakat melek akan kesehatan.

5. Ilmu Politik

Photo from https://www.nytimes.com/

Tentu bukan hal yang mengherankan kalau sobat Edura akan kagum dalam melihat seorang ahli politik berpidato secara terstruktur di depan publik. Nah, tau nggak, istilah retorika atau public speaking dulunya dipakai oleh para tokoh retorika dan politik lho!

Selain menguasai wawasan politik yang luas, soft skills yang public speaking akan menunjang kariermu nantinya di kancah politik.

6. Ilmu Komunikasi

Photo from https://journalistsresource.org/

Jurusan yang terakhir ialah ilmu komunikasi. Sudah bukan rahasia lagi kalau seorang mahasiswa ilmu komunikasi mahir dalam mengkomunikasikan sesuatu juga mempersuasi. Mahasiswa ilmu komunikasi dituntut untuk menguasai kunci dan strategi dalam mengkomunikasikan suatu hal dengan baik dan efektif.

Namun jangan salah, ketika berada di jurusan ini kamu tidak hanya dapat mengembangkan kemampuanmu berbicara tapi juga strategic planning bahkan creative thinking yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan maupun design!

Nah, sudah tau mau memilih jurusan apa Sobat Edura? Pikirkan matang-matang dulu ya dan nggak ada salahnya untuk menanyakan pada kenalanmu yang berada di jurusan tersebut. Semangat!

Related Articles

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close